Sekeluarga Positif Corona di Siantar,  Akhirnya Dirawat di Rumah Sakit

Update data corona di Provinsi Sumut berantakan

Pematangsiantar, IDN Times - Satu keluarga yang diketahui positif COVID-19 atau virus corona melalui rapid test di Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Djasamen Saragih, yang ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan virus corona. 

Sebelumnya gugus tugas mengisolasi mandiri keluarga yang berjumlah 5 orang itu di rumah. Mereka beralasan jika kondisi fisik keluarga tersebut sehat, namun kebijakan tersebut mendapat reaksi dari masyarakat sekitar. 

1. Keputusan akhir menunggu hasil swab tes

Sekeluarga Positif Corona di Siantar,  Akhirnya Dirawat di Rumah Sakitilustrasi swab test (IDN Times/Candra Irawan)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Siantar dr. Ronald Saragih menjelaskan, meskipun hasil rapid tes kelimanya menunjukkan hasil reaktif (positif, Red), pihaknya masih menunggu hasil swab tes laboratorium kesehatan di Jakarta. 

"Yang dimaksud di sini status reaktif itu masih menunggu hasil dari swab test dan masih menunggu hasil tes dari laboratorium pusat," terangnya, Senin (6/4). 

Terungkapnya keluarga yang tinggal di Kecamatan Siantar Marihat, Kota Siantar, Provinsi Sumatera Utara itu membuat jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) menjadi 6 orang. 

"Di Siantar untuk saat ini pasien yang status positif ada 2 orang dan reaktif ada 4 orang. Jadi total yang PDP ada 6 orang," ucapnya.

Baca Juga: [BREAKING] Sekeluarga di Siantar Dinyatakan Positif Tertular Corona

2. Update data corona Provinsi Sumut berantakan

Sekeluarga Positif Corona di Siantar,  Akhirnya Dirawat di Rumah SakitUpdate data corona Provinsi Sumut (Dok. Istimewa/IDN Times)

Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengeluarkan update data corona pada Minggu 5 April 2020. Dalam data tersebut, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut mencatat pasien positif COVID-19 di Siantar berjumlah 6 orang, sementara PDP 4 orang. 

"Ada kekeliruan di-update data provinsi dan kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak gugus tugas Provinsi untuk diperbaiki. Kalau yang benarnya yang positif itu 2 orang dan reaktif ada 4 orang. Jadi untuk update terbarunya akan kita lakukan sore ini," jelasnya. 

3. ODP di Siantar menjadi 466 Orang

Sekeluarga Positif Corona di Siantar,  Akhirnya Dirawat di Rumah SakitSituasi kediaman keluarga pasien corona (Dok. Humas Siantar)

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Siantar mengeluarkan data corona yang ada di lingkungan Pemko Siantar. Dari data yang diterbitkan di Instagram Prokopim Pematangsiantar, Minggu (5/4), jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 466 orang. Sementara yang telah selesai dipantau berjumlah 383 orang. 

Dari 466 ODP, orang yang tanpa gejala sebanyak 449 orang dan dengan gejala 17 orang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 5 orang, di mana satu orang di antaranya telah dirujuk ke RSUP Adam Malik, Medan.  

Baca Juga: Satu Keluarga yang Positif Corona di Siantar akan Tes Swab

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya