Harimau Sumatra Masuk Rumah Warga di Riau, Gigit Kaki Balita

Sang ibu berteriak minta tolong

Pekanbaru, IDN Times - Imam Saputra, bocah berumur 2,5 tahun mengalami luka gigitan binatang buas di bagian kakinya. Binatang buas yang dimaksud, seekor Harimau Sumatra.

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (20/2/2024) malam di Dusun Mungkal, Desa Penyengat, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Saat itu, balita tersebut tengah tidur bersama sang ibu.

Tanpa diketahui, seekor Harimau Sumatra ke dalam rumah dan menggigit telapak kaki sebelah kiri Imam. Mendengar Imam berteriak menangis, sang ibu terbangun dan langsung berteriak meminta tolong.

Iwan sang suami yang saat itu sedang berada diluar sekitar rumah, mendengar istrinya berteriak langsung masuk kedalam lewat pintu dapur dibagian belakang rumah.

Melihat ada seekor Harimau Sumatra yang menggigit kaki anaknya, Iwan berusaha mengusir dengan cara melempar benda yang ada di dekatnya. Usahanya itu pun berhasil dan 'si belang' itu keluar dari rumahnya dan sang anak terselamatkan.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Genman Suhefti Hasibuan saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa itu. Dikatakannya, Harimau Sumatra tersebut bisa masuk kedalam rumah karena pintu dapur bagian belakang terbuka.

"Harimau dapat masuk ke dalam rumah karena pintu dapur belakang rumah dalam keadaan terbuka," kata Genman Suhefti Hasibuan, Rabu (21/2/2024).

1. Bawa anak berobat dan lapor polisi

Harimau Sumatra Masuk Rumah Warga di Riau, Gigit Kaki BalitaTelapak kaki balita yang digigit Harimau Sumatra di Kabupaten Siak (IDN Times/ Fanny Rizano)

Setelah binatang buas itu pergi, Iwan bersama istrinya langsung melarikan anaknya ke ruangan P3K Kebun Metas PT Trio Mas, perusahaan tempatnya bekerja.

Setelah anaknya mendapat pertolongan medis, Iwan kemudian melaporkan peristiwa tersebut ke Polsek Sungai Apit.

Baca Juga: Polisi Menyamar Jadi Pembeli, 2 Penjual Kulit Harimau Ditangkap

2. Harimau tersebut sempat kembali

Harimau Sumatra Masuk Rumah Warga di Riau, Gigit Kaki BalitaWarga setempat berjaga-jaga pasca Harimau Sumatra masuk kerumah dan menggigit kaki balita (IDN Times/ Fanny Rizano)

Mendapat kabar adanya Harimau Sumatra itu, warga sekitar langsung berjaga-jaga di sekitar rumah Iwan. Tak lama setelah peristiwa itu, Harimau Sumatra tersebut terlihat mendekati rumah Iwan. Warga yang melihat, langsung mengusirnya.

3. BBKSDA Riau pasang kamera trap dan kandang jebakan

Harimau Sumatra Masuk Rumah Warga di Riau, Gigit Kaki Balitailustrasi harimau sumatera berkeliaran (unsplash.com/Zulnuren Shariff)

Mendapat kabar adanya Harimau Sumatra masuk ke rumah dan menyerang seorang balita, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung turun ke lokasi kejadian.

Disana, tim Wildlife Rescue Unit (WRU) BBKSDA Riau memasang kamera trap dan kandang jebakan.

"Tim sudah memasang kamera trap dan kandang jebakan untuk menangkap Harimau Sumatra itu," ujar Kepala BBKSDA Riau itu.

Selain itu, dilanjutkan Genman, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak PT Trio Mas dan Pemerintah Kabupaten setempat untuk melakukan Mitigasi.

"Juga bersama tim BPBD Siak untuk melakukan Mitigasi, serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat guna menghadirkan rasa aman dan tenang," tuturnya.

Baca Juga: Warga Singapura Meninggal Dunia saat Bermain Go-Kart di Kota Batam

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya