Datang ke Pekanbaru, Mahfud MD Dijemput Vespa Modif: Enak Kaya Bentor

Mahfud silaturahmi dengan tokoh adat hingga pemuda

Pekanbaru, IDN Times - Calon Wakil Presiden 03 Mahfud MD tiba di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Senin (29/1/2024). Kedatangannya itu dalam rangka berkampanye, yang berlokasi di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Kota Pekanbaru.

Setibanya di Bumi Lancang Kuning, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) itu menuju ke Hotel Premiere yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Uniknya, Mahfud tidak menggunakan mobil menuju hotel tersebut, melainkan menaiki kendaraan roda 3 yang telah dimodifikasi, yakni Vespa.

Dia dikawal oleh ribuan simpatisan dan relawan yang mendukungnya sebagai calon Wakil Presiden yang berpasangan dengan calon Presiden Ganjar Pranowo.

"Wah enak ternyata, naik kaya bentor, asyik. Saya ada di depan, ribuan orang ada di belakang. Menarik, bahwa masyarakat punya semangat untuk berekspresi," ujarnya.

1. Silaturahmi bersama tokoh agama, adat, masyarakat dan pemuda

Datang ke Pekanbaru, Mahfud MD Dijemput Vespa Modif: Enak Kaya BentorMahfud MD saat hendak bersilaturahmi dengan tokoh agama, saat, masyarakat dan pemuda di Hotel Premiere Pekanbaru (IDN Times/ Fanny Rizano)

Sementara itu, Dewan Pembina Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud di Provinsi Riau Zukri mengatakan, agenda pertama yang dilakukan Mahfud MD adalah silaturahmi bersama tokoh agama, saat, masyarakat dan pemuda. Hal itu merupakan momentum yang tepat untuk bisa berdiskusi dan berdialog dengan Menko Polhukam tersebut.

"Biasanya kita sibuk dengan anekdot Riau, sekarang bisa diskusi dengan Pak Mahfud sekitar lahan Riau yang kaya tapi masyarakatnya belum merdeka," ujar Zukri.

Zukri menyebut, Mahfud MD sosok yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Riau.

"Kita belum menemukan sosok seperti pak Mahfud yang seorang kesatria, jujur. Beliau cocok jadi Panglima Indonesia yang berani melawan ketidakadilan, berani mengejar swasta dan juga berani mengejar pemerintah. Itulah Profesor Mahfud," terangnya.

Menurut Zukri, Indonesia membutuhkan sosok seperti Mahfud MD untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

"Riau membutuhkan keadilan itu, jangan dihabisin di media sosial, sampaikan problematik Riau ke pak Mahfud. Kita doakan Ganjar-Mahfud jadi presiden dan wakil presiden 2024-2029," tutup Zukri.

2. Klarifikasi soal ucapannya yang viral mengenai dosa ibu melahirkan anak tak berakhlak

Datang ke Pekanbaru, Mahfud MD Dijemput Vespa Modif: Enak Kaya BentorMahfud MD saat memberikan klarifikasi terkait ucapannya yang viral (IDN Times/ Fanny Rizano)

Usai bersilaturahmi tersebut, saat ditemui awak media, Mahfud MD memberikan klarifikasi mengenai ucapannya yang viral terkait dosa ibu melahirkan anak tak berakhlak.

"Saya ndak ngikuti itu (yang viral). Tapi begini, itu betul ya (saya mengatakan itu)," katanya.

Mahfud kemudian menjelaskan bahwa ucapannya itu diawali oleh pertanyaan seseorang dan ia tidak bermaksud menyalahkan perempuan sebagai seorang ibu.

"Itu konteksnya ada yang tanya. (Pertanyaannya) pak gimana pak kalau ibu melahirkan anak tidak berakhlak. Saya bilang, ya dosa kita kalau membiarkan ibu itu melahirkan anak tak berakhlak. Kita yang dosa, bukan ibunya saja yang dosa," jelasnya.

Mahfud menerangkan, bahwa beban ganda seorang ibu apabila harus bekerja sekaligus mendidik anak bukanlah hal yang mudah.

"Oleh sebab itu saya katakan, ibu-ibu itu harus diberi pekerjaan yang layak, jangan sampai bekerja dari pagi sampai sore upahnya tidak layak, tidak dilindungi oleh negara. Sehingga anaknya sesudah dilahirkan dibiarkan tidak dididik, kadang masuk ke tempat-tempat gelap dan menjadi tidak berakhlak," terangnya.

Dilanjutkannya, ia bersama Ganjar Pranowo sebagai pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, akan memberikan perlindungan bagi ibu-ibu pekerja.

"Kami katakan besok perlindungan ibu-ibu itu dari sudut ketenagakerjaan akan kita beri perhatian untuk lebih sejahtera. Agar anak-anak itu bisa dididik dengan baik dan berakhlak. Kalau ibunya sibuk cari kerja serabutan, tidak jelas, upahnya tidak jelas, itu tidak mungkin mendidik anaknya dengan baik. Kan itu konteksnya," lanjutnya.

3. Hadiri bazar UMKM dan resmikan Progresif

Datang ke Pekanbaru, Mahfud MD Dijemput Vespa Modif: Enak Kaya BentorMahfud MD saat berinteraksi dengan pedagang di bazar UMKM (IDN Times/ Fanny Rizano)

Usai kegiatan di hotel, Mahfud MD selanjutnya menuju ke Jalan Arifin Ahmad. Disana, Mahfud MD menghadiri bazar UMKM dan meresmikan Program Gotong-royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) Riau.

Dalam pantauan, Mahfud terlihat menyambangi stan UMKM satu per satu. Mahfud juga menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan para pedagang dan melakukan sesi foto sambil memegang produk UMKM binaan Progresif.

Selanjutnya, Mahfud berkampanye akbar di Gelanggang Remaja yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Kampanye itu dijadwalkan sekitar pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Ganjar Sebut Pernyataan Jokowi Akan Turunkan Kualitas Demokrasi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya