UMSU Buka Pendaftaran untuk MABA, Catat Jalur Seleksi dan Beasiswanya

UMSU satu-satunya kampus swasta akreditasi unggul di Sumatra

Medan, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) merupakan kampus swasta terbaik yang ada di Sumut. Tahun ini, UMSU sudah membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru sampai September nanti.

Kampus swasta yang berada di Jalan Kapten Muchtar itu kabarnya akan merekrut mahasiswa melalui 6 jalur penerimaan. Pertama Jalur Undangan yang bebas biaya pendaftaran dan potongan DPP 75 persen, kemudian ada Jalur Prestasi, Jalur Bebas Tes, Jalur Beasiswa, Jalur Tes Online, dan Jalur Internasional.

1. Buka sekitar 5.000 kursi untuk mahasiswa baru

UMSU Buka Pendaftaran untuk MABA, Catat Jalur Seleksi dan Beasiswanyapersiapan acara kampus di UMSU (dok.Istimewa)

Humas UMSU, Nazib, kepada IDN Times mengatakan jika kampus swasta terakreditasi unggul itu pada tahun ini membuka sekitar 5000 tempat untuk mahasiswa baru.

"Mengacu dari tahun lalu, kita menerima sekitar 5.200 mahasiswa baru. Karena memang yang kita tampung itu setiap tahun di antara angka segitu. Jadi harus rotasi dan kemungkinan tidak jauh dari angka ini," jelasnya.

Daya tampung yang dikabarkan mencapai 5000 ini bahkan sudah mendekati daya tampung beberapa PTN ternama di Sumut. USU sendiri pada tahun ini membuka 7.505 pendaftar dan UIN Sumatera Utara 7.054.

"Sekarang sudah buka pendaftarannya di jalur undangan, prestasi, bebas tes, dan jalur internasional," lanjut Nazib.

2. UMSU adalah satu-satunya kampus swasta dengan akreditasi unggul di pulau Sumatra

UMSU Buka Pendaftaran untuk MABA, Catat Jalur Seleksi dan Beasiswanyamahasiswa yang mewakili UMSU di ajang Pekan Ilmiah Nasional (dok.Istimewa)

Pamor UMSU sebagai kampus swasta cukup bagus. Bahkan dikatakan Nazib jika UMSU merupakan satu-satunya kampus swasta terakreditasi unggul yang ada di pulau Sumatra. Selain itu UMSU juga merupakan perguruan tinggi akademik penyelenggara Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terbaik pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). 

"UMSU merupakan Universitas swasta di Sumatra Utara yang terakreditasi unggul, bahkan satu-satunya di pulau Sumatra. Selain itu UMSU adalah kampus swasta nomor 2 di luar pulau Jawa," kata Nazib.

UMSU disebut Nazib memang ada seleksinya. Di mana seleksi tersebut dilakukan berbasis komputerisasi. Mahasiswa yang mengikuti tes yang tergolong ke dalam program studi non-kedokteran dapat membayar sebesar Rp300 ribu.

"Banyak program studi di UMSU yang statusnya terakreditasi unggul. Total ada 14 prodi dari 9 fakultas," tuturnya.

3. Catat program beasiswa di kampus UMSU

UMSU Buka Pendaftaran untuk MABA, Catat Jalur Seleksi dan BeasiswanyaMahasiswa UMSU kenalkan kearifan lokal Sumut di ajang PIMNAS (dok.Istimewa)

Nazib mengatakan tak perlu khawatir untuk berkuliah di UMSU. Sebab, kampus yang mahasiswanya menggunakan jas almamater berwarna biru ini mempunyai banyak program beasiswa.

Seperti beasiswa KIP dari negara, atlet internasional (BPP dibebaskan), atlet nasional (BPP 50 persen), atlet daerah (BPP 50 persen), dan siswa tamatan SMU Muhammadiyah dan anak pengurus Muhammadiyah (10 persen dari uang BPP untuk tahun pertama).

"Yang menarik adalah beasiswa tahfidz, dia ini minimal hapal 5 juz. Jadi berjenjang, kalau hapal 30 juz bisa jadi 100 persen beasiswanya ditanggung alias gratis uang kuliah sampai selesai," ungkap Nazib.

Selain itu UMSU juga memiliki program beasiswa yang cukup bagus, seperti beasiswa prestasi MTQ yang DPP dibebaskan dan BPP dibebaskan selama satu tahun. Kemudian beasiswa Kakak Adik yang 5 persen dari BPP untuk anak kedua, 10 persen dari BPP untuk anak ketiga, dan 15 persen dari BPP untuk anak keempat.

Bagi pendaftar yang merupakan anak kandung dosen tetap dan karyawan tetap UMSU juga berhak menerima beasiswa dengan rincian BPP 50 persen dan DPP 50 persen sesuai ketentuan. Sementara untuk anak dosen tidak tetap dan karyawan kontrak bisa memeroleh DPP 25 persen dan BPP 25 persen sesuai ketentuan.

Baca Juga: UIN Sumut Terima 7.054 Maba, Ini Program Beasiswa yang Tersedia

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya