Ujian SNBT 2024, Siswa Asal Nias Tidak Perlu Repot ke Medan Lagi

Pendaftar bisa melaksanakan UTBK SNBT di Gunungsitoli

Nias, IDN Times - Besok pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dibuka. Seluruh siswa di Indonesia berkesempatan untuk meraih mimpinya masuk ke perguruan tinggi negeri, baik di PTN Akademik, PTKIN, atau PTN Vokasi. Di Sumatra Utara sendiri setidaknya ada 4 perguruan tinggi negeri yang bisa dipilih, yakni Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), hingga Politeknik Negeri Medan (Polmed).

Setelah melakukan pendaftaran yang dibuka tanggal 21 Maret - 05 April, peserta SNBT harus mengikuti ujian agar bisa lolos. Di Sumatra Utara sendiri dikabarkan akan ada 3 tempat untuk melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada SNBT kali ini, yaitu di USU, Unimed, dan di Kabupaten Nias.

1. Dari tahun ke tahun anak-anak di Nias harus ke Medan untuk bisa ikut UTBK SNBT

Ujian SNBT 2024, Siswa Asal Nias Tidak Perlu Repot ke Medan LagiSiswa di SMA Swasta Katolik Bintang Laut (dok. Osis SMA Bintang Laut)

Pelaksanaan UTBK rencananya akan dibuka melalui 2 gelombang. Gelombang pertama akan dihelat 30 April dan 02-07 Mei 2024, sementara gelombang kedua dilaksanakan pada 14-20 Mei 2024.

Namun, timbul keresahan dalam menyambut UTBK SNBT. Pendaftar yang berasal dari Pulau Nias takut jika ujian diadakan di Medan seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Anak-anak sebenarnya banyak yang ingin mengikuti UTBK SNBT. Namun kita yang berada di Kepulauan Nias ini cukup terkendala karena anak-anak harus terbang dulu ke Medan untuk bisa ikut ujian baru setelah selesai balik lagi ke Nias," kata Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Alasa Nias Utara, Fajar Linda Wati Hulu.

Sebelumnya, masyarakat Nias mendengar isu bahwa pelaksanaan UTBK SNBT juga dibuka di Nias, lebih tepatnya dipusatkan di Gunungsitoli atau di Teluk Dalam.

"Saya yakin jika UTBK SNBT ini dilaksanakan di Nias, pasti pendaftar dari anak-anak cukup banyak. Kalau di Medan pelaksanannya, mungkin pendaftar bisa dihitung jari," ucapnya.

2. Humas Unimed sebut pelaksanaan UTBK SNBT akan dihelat di Nias

Ujian SNBT 2024, Siswa Asal Nias Tidak Perlu Repot ke Medan LagiGoogle

Menyikapi isu yang berkembang di Kepulauan Nias tentang penyelenggaraan UTBK SNBT, Kepala Humas Universitas Negeri Medan membenarkan jika ada rencana dihelat di Nias. Yang artinya untuk wilayah Sumut sendiri, pelaksanaan UTBK SNBT akan dilaksanakan di 3 tempat, yakni USU, Unimed, dan Nias.

"Memang kita di Sumatra Utara dalam rapat nasional selalu menyampaikan kepada panitia pusat agar diberikan alternatif solusi terbaik bagi masyarakat Kepulauan Nias. Karena kalau ke Medan, mereka membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bersyukur usul itu disetujui oleh panitia pusat," kata M. Surip.

Dirinya mengatakan jika pelaksanaan UTBK yang dihelat di Nias, akan ditanggungjawabi oleh USU yang bekerja sama dengan sekolah-sekolah dengan fasilitas lab komputer bagus di Kota Gunungsitoli. 

"Mungkin sekarang sudah proses kerja sama. Masyarakat Nias nanti ujian UTBK-nya bisa di Nias. Yang dekat dengan Nias seperti di Sibolga kalau mau UTBK-nya di Nias silakan saja," lanjutnya.

3. Kepala Sekolah SMA N 1 Nias Selatan: ini suatu keberuntungan bagi kami

Ujian SNBT 2024, Siswa Asal Nias Tidak Perlu Repot ke Medan LagiUpacara bendera di SMA Swasta Katolik Bintang Laut Telukdalam, Yayasan Santu Fidelis Nias Selatan (dok. Osis SMA Bintang Laut)

Mendengar bahwa ada rencana UTBK SNBT diadakan di Kabupatennya, Serius Zai selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Nias Selatan merasa senang dan bersyukur. Sebab hal ini merupakan kesempatan berharga bagi anak-anak Nias ikut seleksi tanpa harus jauh-jauh ke Medan. 

"Kami bersyukur UTBK di tahun ini ujiannya akan dilaksanakan di Nias. Karena dari dulu tidak pernah dilakukan di sini. Mudah-mudahan anak-anak Nias yang tamat tahun ini bisa mengikuti UTBK," kata Serius.

Selain karena jarak yang jauh, para pelajar Nias juga akan menghabiskan ongkos yang tidak sedikit hanya untuk mengikuti UTBK SNBT di Medan. Hal ini tentu menjadi pertimbangan tersendiri bagi mereka anak kepulauan.

"Ini suatu keberuntungan bagi kami. Karena banyak siswa yang gagal dalam ujian SNBT akhirnya tidak ada kesempatan bagi mereka melanjutkan ke PTN. Mereka pasti mempertimbangkan biaya yang besar jika ke Medan. Kita bersyukur akhirnya dibuat di sini, di Nias," pungkasnya.

Baca Juga: Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat Jadwalnya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya