Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Begal yang Tebas Tangan Korban

Pelaku dihadiahi timah panas oleh kepolisian

Medan, IDN Times - Polrestabes Medan melalui tim khususnya (Jatanras Satreskrim) berhasil menangkap seorang pemuda pelaku pembegalan yang membacok tangan korbannya hingga nyaris putus di Jalan Williem Iskandar, Deli Serdang. Korban bernama Aziz warga Jalan Nuri Perumnas Mandala yang tangannya nyaris putus itu diketahui kini telah diamputasi.

Saat itu Aziz hendak pulang dari tempat kerjanya hari Sabtu (25/05/2024) pagi sekitar pukul 04.00 WIB. Namun nahas, dirinya dihadang begal yang langsung menebas pergelangan tangannya.

1. Pelaku pembegalan merupakan seorang residivis

Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Begal yang Tebas Tangan KorbanTKP pembegalan, tepat berada di depan Sport Center/GOR Pancing di Jalan Williem Iskandar (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Pelaku pembegalan diboyong ke Polrestabes Medan. Kondisi pelaku terlihat meringis dengan kedua kaki diperban karena ditembak. 

Polisi mengatakan jika pelaku terpaksa dihadiahi timah panas oleh timsus karena melakukan perlawanan saat ditangkap. Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Teddy mengatakan pelaku yang ditangkap berinisial MAJ alias BU. 

"Pelaku ini merupakan residivis dengan kasus yang sama. Pelaku sudah pernah dihukum karena sudah 3 kali melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan," kata Teddy, Jumat (31/05/2024).

2. Pelaku pembegalan tidak berhasil mencuri sepeda motor korban

Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Begal yang Tebas Tangan KorbanAziz, korban pembegalan saat pulang kerja (dok.istimewa)

Teddy menjelaskan aksi begal yang dilakukan pelaku terjadi saat korban pulang menuju rumahnya yang berada di Perumnas Mandala. Korban mengendarai sepeda motor matic merk Scoopy.

Saat melintas di simpang Jalan Tuamang, sontak 5 pelaku datang mengendarai 2 sepeda motor. Pelaku dengan cepat meyalip korban dari belakang. Kemudian tersangka berinisial AP mencabut paksa kunci sepeda motor korban. 

"Kemudian, pelaku MJA alias BU ini pun turun dari sepeda motor dan langsung membacok pergelangan tangan kiri korban menggunakan senjata tajam jenis celurit," kata Teddy.

Kapolres mengatakan korban selanjutnya berteriak minta tolong. Warga seketika berbondong mendekati TKP dan para tersangka dengan cepat melarikan diri. 

"Mereka tidak berhasil mencuri sepeda motor, hanya membawa kunci sepeda motor korban," kata Teddy.

3. Pelaku begal dihadiahi timah panas karena berusaha menyerang petugas kepolisian

Polrestabes Medan Tangkap Pelaku Begal yang Tebas Tangan KorbanPelaku pembegalan di Jalan Williem Iskandar diboyong ke Polrestabes Medan, Jumat 31/05/2024 (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Teddy mengatakan korban yang bersimbah darah dan tangannya nyaris putus itu segera dibawa masyarakat setempat ke Rumah Sakit Haji agar mendapat pertolongan. 

Dari hasil penyelidikan kepolisian, salah satu pelaku (MAJ) sedang berada di Jalan Jawa, Kelurahan Sei Sikambing C II, Kecamatan Medan Helvetia. Polisi bergerak ke lokasi dan berhasil menangkap pelaku pada tengah malam.

"Setelah itu, pelaku dibawa pengembangan mengejar pelaku lainnya dan mencari barang bukti. Namun pada saat pengembangan, pelaku berusaha menyerang petugas sehingga petugas memberikan tindakan tegas dan terukur dengan menembak ke bagian kedua kaki pelaku," katanya.

Kapolsek Medan Tembung menyebut ada 3 tersangka lagi yang DPO. Pihaknya berharap kepada tersangka lainnya agar menyerahkan diri.

"Kalau tidak menyerahkan diri kami akan mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku begal ini," pungkasnya. 

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya