Pesenam Olimpiade Rifda Absen di PON 2024 karena Cedera ACL

Rifda tetap beri dukungan untuk kontingen DKI

Medan, IDN Times - Cabang olahraga senam artistik pada PON 2024 telah dimulai Rabu (28/8/2024). Perwakilan atlet dari 16 provinsi akan bertanding sampai 31 Agustus dan memerebutkan 14 medali.

Sebelumnya beredar kabar bahwa atlet nasional senam yang berlaga di Olimpiade, Rifda Irfanaluthfi turut menyemarakkan PON 2024. Namun, atlet yang berasal dari DKI Jakarta itu gagal tanding karena masih mengalami cedera.

1. Rifda pesenam pertama yang mewakili Indonesia dalam ajang olimpiade, turut berikan dukungan untuk kontingen DKI Jakarta

Pesenam Olimpiade Rifda Absen di PON 2024 karena Cedera ACLPesenam nasional, Rifda Irfanaluthfi tidak tampil di PON karena cedera (dok.Imstagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Rifda merupakan pesenam nasional asal Jakarta. Namanya harum karena berhasil mencetak sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang berhasil tampil dalam ajang olimpiade. 

Banyak prestasi yang telah diukirnya. Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Rifda meraih 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Kabar bahwa Rifda akan tanding di PON 2024 ternyata harus pupus karena perempuan berusia 25 tahun itu masih mengalami cedera yang dialaminya pada olimpiade Paris 2024. Dan kini ia masih fokus pada tahap pemulihan.

Namun, berjalannya PON 2024 ini tak membuat Rifda urung memberi dukungan penuh kepada teman-temannya yang mewakili DKI Jakarta. 

"Bismillah ya adik-adik. Aku doakan dari sini ya. Semoga Allah melindungi kalian, menguatkan kaki, tangan, badan kalian, menenangkan pikiran kalian, membantu kalian dalam mencapai target yang kalian inginkan. amiin," tulis Rifda dalam akun instagram resminya.

2. Rifda masih melakukan perawatan setelah operasi ACL

Pesenam Olimpiade Rifda Absen di PON 2024 karena Cedera ACLRifda beri dukungan kepada kontingen DKI Jakarta (dok.instagram.com/rifda_irfanaluthfi)

Kabar Rifda yang masih cedera juga disampaikan Ketua Persatuan Senam Indonesia (Persani), Ita Yuliati. Kepada IDN Times ia membeberkan jika perempuan kelahiran tahun 1999 itu mengalami cedera ACL. 

"PON ini Rifda tidak ikut. Karena dia baru selesai operasi. Pulang dari Paris dia operasi ACL. Jadi Rifda istirahat total 6 bulan," kata Ita.

Karena Rifda yang masih alami cedera, DKI Jakarta untuk cabang olahraga senam artistik tetap mengirimkan atletnya.

"Perwakilan di DKI ada lapis keduanya," kata Ita.

3. Ketua Persani inginkan Rifda segera pulih dan bisa bertanding kembali

Pesenam Olimpiade Rifda Absen di PON 2024 karena Cedera ACLKetua Persatuan Senam Indonesia (Persani), Ita Yuliati (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Rifda banyak memberi semangat bagi cabang olahraga senam artistik. Ia yang saat di Olimpiade Paris mengalami cedera, membuat Ketua Persani melayangkan doa-doa untuknya agar segera pulih. 

"Harapan untuk Rifda, Insyaallah sehat kembali dan tak ada kendala pada lututnya," harap Ita.

Besar harapan Ketua Persani itu bisa melihat Rifda kembali tanding. Sebab ia sendiri telah mengharumkan nama Indonesia atas keterwakilannya di beberapa ajang olahraga.

"Ke depannya saya serahkan kepada Rifda. Kalau bisa terus (melanjutkan) alhamdulillah, kalau tidak saya tetap mendukungnya dia sebagai keluarga di Gymnastic Indonesia," pungkasnya.

Baca Juga: Tiba di Kantor KPU Sumut, Bobby dan Surya Disambut Tarian Batak Toba

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya