Pandawa Lima Sumut, Relawan Jokowi yang Siap Menangkan Prabowo-Gibran

Diklaim sudah berdiri sejak proses pemenangan Jokowi

Medan, IDN Times – Menyambut tahun 2024 yang dikenal dengan tahun politik, banyak gerakan-gerakan kerelawanan yang mencuat. Apalagi sejak ketiga pasangan calon presiden telah resmi mendeklarasikan pasangannya untuk menduduki kursi nomor dua. Bahkan saat ini masing-masing telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berangkat dari hal tersebut, mulailah mencuat ke publik para relawan yang secara terang-terangan melabuhkan dukungannya pada masing-masing calon capres dan cawapres. Tak terkecuali atmosfer kerelawanan yang berada di Sumut. Termasuk ialah Pandawa Lima yang telah resmi dibentuk susunan pengurusannya dan menyatakan siap mendukung salah satu pasangan capres dan cawapres.

1. Dulu dukung Jokowi, kini melabuhkan dukungan ke Prabowo-Gibran

Pandawa Lima Sumut, Relawan Jokowi yang Siap Menangkan Prabowo-GibranPandawa Lima bawa misi sampaikan gagasan Prabowo-Gibran ke masyarakat Sumut (dok.Istimewa)

Koordinator Wilayah (Korwil) Pandawa Lima Sumatra Utara, Raja Fanny Fatahillah mengungkapkan bahwa organisasi kerelawanan yang dikepalainya tersebut dibentuk sebagai upaya pengawalan elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran di Sumatra Utara.

"Organisasi ini sebelumnya sudah ada sejak proses pemenangan Bapak Joko Widodo, lalu pada 2024 ini berkomitmen untuk memangkan Pilpres 2024 bersama Prabowo dan Gibran," ujarnya.

Lebih lanjut Raja mengatakan bahwa Pandawa Lima sebelumnya adalah kolaborasi dari beberapa tim relawan, antara lain Cakra 19 dan Bravo 5. Dua organisasi ini merupakan kelompok relawan yang sebelumnya terdiri dan diisi oleh para Jenderal TNI. Bravo 5 sendiri namanya telah mencuat sejak tahun 2014 yang berkontribusi aktif dalam pemenangan pasangan Jokowi-JK. Sementara Cakra 19 mulai menunjukkan wajahnya pada pilpres tahun 2019.

“Saat ini Kepengurusan Pandawa Lima Pusat diketuai Letjen (Purn) Eko Wiratmoko, dengan Sekjen Ryano Panjaitan, dan Ketua Dewan Pembina Luhut Binsar Panjaitan,” Raja melanjutkan.

Baca Juga: GRIB Sumut Optimis Pasangan Prabowo-Gibran Menangkan Pilpres 2024

2. Siap kenalkan gagasan Prabowo-Gibran sampai ke lapisan masyarakat terkecil

Pandawa Lima Sumut, Relawan Jokowi yang Siap Menangkan Prabowo-GibranKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (kanan) mengajari putra Jokowi, Gibran Rakabumi Raka (kiri) berkuda di Hambalang, Sabtu, 18 Juni 2022. (Dokumentasi Prabowo)

Raja yang juga merupakan Sekretaris Jendral Pengurus Pusat ISARAH (Ikatan Sarjana Muda Al-Washliyah) mengatakan jika bukan tanpa sebab ia bersama kelompoknya mendukung sosok Prabowo Subianto. Ada hal-hal esensial yang menurut mereka Prabowo memiliki keunggulan tersendiri dari capres lain, salah satunya adalah pertimbangan-pertimbangan yang dinilai sangat mendasar.

“Pilihan terhadap figur Prabowo di Pilpres telah dipikirkan dengan matang oleh pengurus pusat tim relawan ini. Sejumlah faktor di antaranya adalah pertimbangan ideologi, geostrategi, dan geopolitik” sebut Raja.

Setelah peresmian kepengurusan Pandawa Lima Sumut, Raja mengaku telah siap menjadi perpanjangan tangan Prabowo-Gibran untuk menyampaikan ke masyarakat Sumut apa yang menjadi nilai dan gagasan pasangan capres dan cawapres yang akhir-akhir ini menggegerkan jagat publik tersebut.

"Pandawa Lima Sumut akan bergerak ke akar rumput dan kelompok masyarakat terkecil sekali pun untuk mengenalkan visi dan program unggulan Prabowo-Gibran demi kemajuan Indonesia," imbuh Raja.

3. Misi Pandawa Lima dalam menggaet 60 persen suara untuk Prabowo-Gibran di Sumut

Pandawa Lima Sumut, Relawan Jokowi yang Siap Menangkan Prabowo-GibranTim Pandawa Lima Sumut saat berdiskusi menyusun taktik dan skema (dok.Istimewa)

Raja mengungkapkan jika organisasi kerelawanan yang dikepalainya yang baru diresmikan 20 Oktober 2023 ini akan menjadi mesin penggerak untuk pemenangan Prabowo-Gibran di Sumatra Utara.

“Selain mengandalkan kekuatan koalisi partai pengusung, kami juga akan melakukan gerakan-gerakan taktis, strategis, dan berkolaborasi langsung dengan berbagai pihak yang juga memiliki visi yang sejalan dengan arah gerak Pandawa Lima,” katanya.

Korwil Pandawa Lima tersebut sangat yakin bahwa dengan program-program yang telah dirancang, elektabilitas Prabowo-Gibran dapat menyentuh angka 60 persen di Sumatra Utara. Tentu dengan optimisme yang besar tersebut juga akan diindahkan dengan gerakan-gerakan yang militan.

"Kami siap bergerak dengan maksimal. Pandawa Lima akan berkolaborasi dengan banyak kelompok masyarakat dan pemuda di Sumut. Dengan itu, program-program kerelawanan yang kami gagas akan sampai dan dirasakan oleh kelompok masyarakat ke lapisan terkecil," pungkasnya.

Baca Juga: Bobby Nasution Pastikan Tak Ikut Dampingi Gibran Daftar ke KPU

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya