Imlek 2575, Warga Ramai Berziarah di Vihara Borobudur 

Di Vihara Borobudur, ada papan ramalan shio yang lengkap

Medan, IDN Times - Tahun Baru Imlek 2575 jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. Tahun yang dikenal dengan shio naga kayu ini disambut dengan sukacita oleh umat Tionghoa di Medan. Tak terkecuali di Vihara Borobudur yang terletak di Jalan Imam Bonjol, Kota Medan.

Di tempat ini setiap tahun baru Imlek selalu ramai didatangi para jemaat yang berasal dari mana saja. Terkhusus dari pagi sampai sore yang mereka khususkan untuk beribadah dan berziarah.

1. Di Vihara Borobudur ada abu hasil kremasi para keluarga yang meninggal

Imlek 2575, Warga Ramai Berziarah di Vihara Borobudur Pengunjung memanfaatkan momen imlek untuk beribadah dan berdoa (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Hari ini di Vihara Borobudur tak ada perayaan gempita berupa barongsai yang menjadi ikonik tahun baru Imlek. Namun pengunjung datang ada yang beribadah, ziarah, dan berdoa.

"Kalau di sini kebetulan ada tempat abu almarhum para keluarga, kan. Jadi umat ke sini untuk sembayang dan kebetulan setiap Imlek kita juga mendoakan kesejahteraan," kata Erni selaku ketua muda-mudi Vihara Borobudur.

Banyak yang datang dari para jemaat itu disebut Erni memasang dupa untuk berdoa agar kehidupan kedepannya bahagia, sejahtera, dan mendapatkan hal-hal yang baik. 

"Yang baru selesai kebaktian, di sini mereka melakukan seperti doa. Hari ini ada pemujaan tapi cuma untuk Mahayana aja, kalau Theravada besok. Ini keduanya setiap minggu ada dan merupakan kebaktian rutin mingguan. Nah kalau yang kebaktian ini untuk umum, semuanya. Dari pagi sampai sore, yang datang bergantian terus," ujarnya.

Baca Juga: Intip Persiapan Imlek di Vihara Tertua di Kecamatan Pantai Labu

2. Muda-mudi Vihara Borobudur desain dan pajang papan reklame berisi informasi shio

Imlek 2575, Warga Ramai Berziarah di Vihara Borobudur Banyak papan reklame yang berisi informasi ramalan shio untuk tahun ini (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Erni yang menjadi ketua muda-mudi disebutnya bahwa pihaknya dalam Imlek tahun ini bertugas sebagai relawan. Jadi, apapun yang ada di dalam Vihara Borobudur, yang membuat adalah pengrus Vihara dan Muda-mudinya yang mengabdi. Termasuk dalam mendekor papan informasi.

"Kalau kami sendiri selaku muda-mudi, kita kan relawan, kita bantu-bantu di depan, seperti konsumsi, perlengkapan, dan ada juga dekorasi, pasang-pasang ini itu," kata Erni.

Uniknya, di Vihara Borobudur memajang informasi ramalan untuk masing-masing Shio di tahun ini. Seperti keberuntungannya, karir, jodoh, hingga kesehatan.

"Jika dibanding tahun-tahun sebelumnya, ini sudah mulai menuju normal pengunjungnya. Jadi bisa lebih ramai daripada tahun Covid kemarin. Imlek sampai tanggal 24 Februari. Tanggal 1 sampai tanggal 15 kalender Cina, kalender lunar. Penutupan pelitanya nanyi di tanggal 24 Februari," pungkasnya.

 

3. Pengunjung berbondong-bondong bawa keluarga ke Vihara Borobudur

Imlek 2575, Warga Ramai Berziarah di Vihara Borobudur Para pengunjung membakar dupa (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Tak hanya pengurus Vihara Borobudur yang berbahagia menyambut Imlek, para umat dan pengunjung juga tampak antusias. Mereka datang di Vihara tersebut membawa sanak keluarganya. Termasuk salah satunya adalah Eliana. Ia datang ke sini membawa anak-anak dan keluarganya.

"Makna Imlek bagi saya sendiri adalah rasa syukur. Kita bersyukur sudah melewati satu tahun dan telah diberi kesempatan untuk menjumpai tahun depan. Usia kita juga diperpanjang, kesempatan untuk melaksanakan tahun baru telah kita rasakan. Ini harinya sukacita," jelasnya.

Eliana juga menyinggung pemilihan umum yang sebentar lagi dihelat di Indonesia. Di waktu Imlek ini dirinya berharap siapa pun pemimpinnya dapat memberikan manfaat kepada semua rakyat, tak memandang apapun etnisnya.

"Harapan kita di tahun naga ini semoga keluarga sehat, bahagia, dan sejahtera. Karena juga, kan, kita sudah lepas dari bayang-bayang Covid-19, jadi ke depannya semoga lebih baik, termasuk ekonomi yang paling penting. Kemudian dengan pergantian pemerintahan, semoga bisa menjadi semakin baik," pungkasnya.

 

Baca Juga: Peluang Bisnis Milenial dan Gen Z 2024 Menurut Fengshui

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya