Ikut Kampanye Anies di Sumut, Amien Rais: Ini Rezim yang Rada Zalim

Amien yakin Anies pemimpin yang bebas korupsi

Deli Serdang, IDN Times - Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais, menyempatkan menyambut ribuan relawan AMIN yang tumpah ruah di lapangan Reformasi, Deli Serdang, Kamis (1/2/2024). Hal itu dilakukannya saat menanti kedatangan Anies Baswedan yang bertolak dari Tapanuli Selatan menuju Deli Serdang, 

Partai Ummat yang dalam hal ini mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Muhaimin, yakin Anies Baswedan dapat memenangkan pemilu 2024. Apalagi saat dirinya melihat banyaknya pendukung Anies di Deli Serdang.

1. Amien tak sungkan sebut rezim Jokowi rada-rada zalim

Ikut Kampanye Anies di Sumut, Amien Rais: Ini Rezim yang Rada ZalimRelawan Anies potong rambut bentuk angka 01 pada konsolidasi akbar di Tembung 01/02/2024 (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Amien Rais dalam kesempatan berorasi tak sungkan menyinggung pemerintahan Jokowi. Bahkan di hadapan ribuan pendukung Anies-Muhaimin ia mengatakan jika rezim Jokowi rada-rada zalim.

"Saya terpaksa mengatakan bahwa rezim yang sekarang ini agak rada-rada zalim. Saya terpaksa mengatakannya 'rada-rada' karena saya takut nanti disangka mengujarkan pidato kebencian," kata Amien Rais.

Tokoh reformasi Indonesia itu percaya jika pendukung Anies yang hadir tidak pernah dibayar. 

"Tanpa 'amplopologi'. Amplop, amplop, amplop, itu masuk neraka. Yang menyogok dan disogok sama-sama masuk neraka," lanjutnya.

Baca Juga: Jalanan Macet, Anies Berjalan Kaki Datangi Relawannya di Deli Serdang

2. Amien: Ini rezim oligarki

Ikut Kampanye Anies di Sumut, Amien Rais: Ini Rezim yang Rada ZalimAmien Rais di depan masyarakat Deli Serdang sebut rezim Jokowidodo rada zalim (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Amien Rais sempat mengungkit bahwa dirinya telah melewati berbagai macam masa. Salah satunya adalah orde baru di mana dirinya juga lah yang berperan meruntuhkan rezim yang dipimpin oleh Soeharto itu.

"Saya telah melewati berbagai macam masa. Mulai dari orde lama, orde baru, reformasi, dan saat ini adalah orde oligarki. Yang menguasai bukan anak negeri tapi umumnya dari orang-orang luar," katanya tegas.

Amien percaya jika masalah-masalah yang menimpa Indonesia akan diubah oleh Anies dan Muhaimin secara bertahap. 

"Saya yakin begitu Anies jadi Presiden, maka seluruh anak bangsa tanpa memandang latar belakang agama, etnik, suku, ras, tradisi, dan lain-lain akan dirangkul tanpa kecuali," jelasnya.

3. Amien menjamin Anies sosok yang bersih dari korupsi

Ikut Kampanye Anies di Sumut, Amien Rais: Ini Rezim yang Rada ZalimBerjalan beberapa Kilometer tak membuat Anies urung menyapa ribuan pendukungnya (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Amien Rais menyinggung, sosok yang diusungnya menjadi calon presiden tidak pernah tersangkut masalah korupsi. Inilah yang menjadikannya yakin jika Anies terpilih, masalah korupsi beres.

"Waktu itu ada penguasa yang menekan KPK untuk mencari sampai ke ujung langit dan ujung dunia mesti ketemu kasus korupsinya Anies. Tapi alhamdulillah tidak ada sedikitpun terbukti. Anies adalah pemimpin yang kita tunggu-tunggu," ucap Amien Rais.

Terkait pernyataannya yang menyinggung banyaknya penguasa asing yang masuk NKRI, Amien menegaskan hal tersebut dapat diatasi oleh Anies.

"Saya yakin Anies tidak bakal anti asing, dia ini global. Tapi orang asing itu harus diatur oleh Indonesia. Kalau sekarang, kan, orang asing yang mengatur Indonesia. Anies bakal melakukan power sharing dan berbagi kekuasaan dan tanggung jawab dan insyaallah begitu menjadi Presiden dia akan merangkul semua untuk berbagi tanggung jawab," pungkasnya.

Baca Juga: Amien Rais dan Ketum Partai Ummat Turun ke Pulau Rempang

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya