Gelar UTBK SNBT, USU Fasilitasi 1.162  Peserta Ujian di Kepulauan Nias

Pelaksanaan UTBK SNBT di Kepulauan Nias di bawah naungan USU

Medan, IDN Times - Universitas Sumatera Utara (USU) yang dipercaya Kemendikbud RI sebagai pelaksana Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024, hari ini menghelat seleksi bergengsi bagi calon mahasiswa di Indonesia. Ini merupakan seleksi gelombang pertama UTBK SNBT yang nantinya dijadwalkan sampai 07 Mei mendatang.

UTBK SNBT yang dilaksanakan USU dikatakan DR. Edy selaku Wakil Rektor I (WR I) telah sesuai dengan pedoman panitia pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Berbagai macam fasilitas dan keamanan telah mereka tingkatkan secara proporsional.

1. Sebanyak 1.162 peserta UTBK SNBT melaksanakan ujian di Kepulauan Nias

Gelar UTBK SNBT, USU Fasilitasi 1.162  Peserta Ujian di Kepulauan NiasDr. Edy sebut USU bekerjasama dengan SMAN 1 Gunung Sitoli dan SMKN 1 Teluk Dalam fasilitasi peserta ujian di Kepulauan Nias (dok.Humas USU)

Edy mengatakan jika UTBK SNBT dilaksanakan dalam 2 sesi perharinya. Dengan materi ujian berupa Tes Potensi Skolastik (TPS), literasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris, serta penalaran matematika. 

Jumlah pendaftar UTBK-SNBT 2024 di USU sebanyak 37.169 peserta, yang terdiri dari pendaftar di USU berjumlah 36.007 orang, di Sub Panlok Gunungsitoli 857 orang, dan Nias Selatan 305 orang. Jika ditotal, peserta UTBK SNBT yang melakukan ujian di kepulauan Nias sebanyak 1.156 orang.

Dari data yang dihimpun panitia UTBK USU, ada peserta yang merupakan penyandang disabilitas. Jumlah peserta disabilitas yang mengikuti UTBK SNBT USU sebanyak 3 peserta tunanetra, dengan jadwal ujian di sesi 3, pada tanggal 2 Mei 2024.

“Tahun ini jumlah program studi yang ditawarkan oleh USU dalam UTBK SNBT 2024 terdiri atas 49 prodi S1, 7 prodi D3, dan 5 prodi D4. Prodi D4 merupakan program studi baru yang dibuka USU dalam UTBK tahun ini,” kata Edy.

2. USU bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Gunung Sitoli dan SMK Negeri 1 Teluk Dalam menghelat UTBK SNBT di Pulau Nias

Gelar UTBK SNBT, USU Fasilitasi 1.162  Peserta Ujian di Kepulauan NiasUSU helat UTBK SNBT gelombang pertama (dok.Humas USU)

Edy membeberkan, jika tahun ini pelaksanaan ujian tidak hanya berlangsung di USU, namun dibuka juga lokasi ujian baru di Nias. Terdapat dua lokasi pelaksanaan UTBK SNBT di Nias, yakni di SMA Negeri 1 Gunungsitoli dan SMK Negeri 1 Teluk Dalam. 

"Pembukaan sub panlok Nias ini bertujuan untuk mempermudah para peserta UTBK yang berada di daerah tersebut untuk mengikuti ujian, sehingga tidak perlu menempuh perjalanan jauh ke kota Medan," ujar Edy.

Untuk UTBK SNBT 2024, USU menampung sebanyak 2.801 kursi, yang terdiri dari daya tampung untuk prodi S1 2.405 orang, D3 214 orang, dan D4 182 orang. 

"Pengumuman hasil SNBT akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2024 dan masa unduh sertifikat SNBT berlaku dari tanggal 17 Juni sampai nanti tanggal 31 Juli 2024,” terangnya. 

3. USU tingkatkan keamanan UTBK SNBT dari kecurangan

Gelar UTBK SNBT, USU Fasilitasi 1.162  Peserta Ujian di Kepulauan NiasWR 1 USU tinjau pelaksanaan SNBT yang dihelat di USU, Selasa 30/04/2024 (dok.humas USU)

Sementara itu, Ikhsan Siregar selaku Ketua Pelaksana UTBK SNBT USU, untuk potensi terjadinya kecurangan dalam UTBK tahun ini telah diantisipasi oleh USU dengan meningkatkan pengamanan ujian. 

"Semoga kejadian berupa adanya joki ujian tidak lagi ditemukan dalam pelaksanaan UTBK USU tahun ini," kata Ikhsan.

Kabarnya, peserta tahun ini hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali, di mana hasil UTBK 2024 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan di PTN. Siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, SNBP 2023, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022, tidak dapat mendaftar SNBT 2024. 

"Sementara siswa yang dinyatakan lulus seleksi jalur SNBP 2024, tidak dapat mendaftar seleksi jalur Mandiri di PTN manapun. Adapun peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur SNBT 2024 dan telah melakukan daftar ulang atau registrasi di PTN yang dituju, tidak dapat diterima pada seleksi jalur Mandiri 2024 di PTN manapun," pungkasnya.

Baca Juga: Diikuti 14.594 Peserta, Unimed Turunkan 346 Petugas UTBK SNBT

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya