Besok UTBK SNBT Gelombang 1 Dimulai, Catat Detail Lokasinya di Medan

Ada 36.007 peserta UTBK SNBT yang melakukan ujian di USU

Medan, IDN Times - Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024 akan diadakan besok, Selasa (30/04/2024). Para penyelenggara UTBK SNBT di Sumatra Utara seperti Unimed dan USU sama-sama telah melakukan berbagai upaya persiapan guna meningkatkan kondusifitas dan kenyamanan ujian.

Pusat UTBK Unimed dan USU akan melaksanakan UTBK dalam 2 gelombang, gelombang 1 pada tanggal 30 April, 2-7 Mei 2024, dan gelombang 2 pada 14-15 Mei 2024. Masing-masing penyelenggara juga diketahui telah melakukan rapat persiapan akhir di kampus masing-masing.

1. UTBK SNBT di Unimed akan dihelat di 32 ruangan dan 3 lokasi mitra

Besok UTBK SNBT Gelombang 1 Dimulai, Catat Detail Lokasinya di MedanFakultas Kedokteran Unimed (Perpus Lama) merupakan lokasi UTBK SNBT 2024 di Unimed (dok.humas Unimed)

Pusat UTBK SNBT yang diselenggarakan Unimed akan dihelat di 13 lokasi ujian, antara lain di kampus Unimed, UMSU, SMAN 7 Medan, dan SMKS Teladan Medan.

Untuk detailnya, di kampus Unimed sendiri melibatkan 32 ruangan yang masing-masing ada di Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Puskom, Perpus Lama, Pasca Sarjana, hingga Fakultas Ilmu Pendidikan.

Sementara 3 lokasi mitra UTBK SNBT yang diselenggarakan Unimed akan dihelat di beberapa titik. Seperti di SMA Negeri 7 Medan tepatnya di Jl. Timor no. 36, Gaharu, Medan Timur. Kemudian di SMA Swasta Teladan Medan yang bertepatan di Jl. Pertiwi no. 95, Bantan, Medan Tembung. Hingga dihelat di Pasca Sarjana UMSU yang berada di Jl. Denai no. 217, Tegal Sari Mandala, Medan Denai.

Pelaksanaan UTBK SNBT di Unimed berdasarkan data yang telah dihimpun akan diikuti oleh 14.594 peserta yang terjadwal dalam 2 gelombang pelaksanaan UTBK. Sementara peminat jalur SNBT 2024 ini yang memilih Unimed sebagai tujuan untuk kuliah ada sekitar 22.974 siswa dari seluruh Indonesia.

2. Akan ada 36.007 peserta UTBK SNBT yang melakukan ujian di USU

Besok UTBK SNBT Gelombang 1 Dimulai, Catat Detail Lokasinya di MedanDenah lokasi UTBL SNBT di USU (Instagram.com/official.usu)

Sementara itu, USU yang juga merupakan penyelenggara UTBK SNBT di Sumut telah merilis di mana saja lokasi ujian untuk para siswa. USU mengimbau para peserta ujian untuk cermat mengecek lokasi ujiannya. Apalagi kampus USU juga merupakan salah satu kampus dengan lahan yang luas.

Dalam menyelenggarakan UTBK SNBT, USU sendiri bekerjasama dengan dua mitra lain yang membantu menyiapkan fasilitas. Dua tempat itu antara lain Universitas Sari Mutiara Medan dan SMA Negeri 1 Medan. Sementara itu pusat UTBK USU juga berada di Gunung Sitoli dan Nias Selatan.

USU dikabarkan menyiapkan 79 ruangan baik di dalam USU maupun yang berada di luar. Di kampus USU sendiri masing-masing ruangan itu berada di Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilkom TI, Pusat Sistem Informasi USU, Fakultas Teknik, Fakultas Farmasi, Fakultas MIPA, Fakultas Vokasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, hingga Pusat Bahasa.

Tahun ini, para peserta UTBK SNBT yang melaksanakan ujian di USU ada sekitar 36.007 orang. Jumlah ini tentu sangat besar dan USU diharapkan dapat menjalankan proses seleksi dengan maksimal.

Sebelumnya Wakil Rektor 1 USU Dr. Edy mengatakan jika penyelenggars akan meningkatkan pengawasan ujian, USU dan penyelenggara UTBK SNBT yang lain semakin meningkatkan keketatan agar terhindar dari aksi kecurangan.

"Tidak ada kesempatan bagi siswa bisa berbuat curang. Joki yang di luar hati-hati, loh. Pengamanan kita di USU sudah kuat, jadi jangan main-main. Metal detector sudah pasti, didukung juga seluruh perangkat pengaman dari upaya kecurangan. Tahun lalu kita berhasil membongkar sindikasi kecurangan. Yang mana mereka mencoba membuat kecurangan meletakkan sejumlah alat di tubuh siswa," katanya.

3. Unimed sebut akan mempersiapkan sarana dan prasarana UTBK SNBT dengan maksimal

Besok UTBK SNBT Gelombang 1 Dimulai, Catat Detail Lokasinya di MedanPenyelenggaraan UTBK (sumber: Google)

Wakil Rektor (WR) II Unimed, Dr. Winsyahputra, membeberkan persiapan Unimed dalam melaksanakan UTBK SNBT. Pelaksanaan seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) itu disebutnya bukan merupakan hal yang baru lagi bagi Unimed ataupun USU.

"UTBK SNBT setiap tahunnya dilaksanakan sebagai salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN yang ada di Indonesia, khususnya Unimed. UTBK SNBT terdiri dari dua tes, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TPS mengukur kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan kuantitatif, dan kemampuan memahami bacaan dan menulis. Sedangkan TKA mengukur kemampuan akademik dalam bidang Sains dan Teknologi (Saintek) atau Sosial dan Humaniora (Soshum)," kata Winsyahputra.

Dalam pelaksanaannya Unimed telah mempersiapkan dengan matang, mulai dari sarana dan prasarananya yang menyangkut ruang ujian, ketersediaan komputer, listrik, hingga kebutuhan apa saja yang diperlukan di lapangan.

"Kami belajar dari evaluasi sebelumnya, agar pelaksanaan UTBK SNBT berjalan dengan lebih baik dan sukses. Kami minta semua penanggungjawab lokasi ujian dan panitia lainnya dapat mempersiapkan semua kebutuhan untuk pelaksanakan UTBK secara maksimal, terutama jaringan internet dan listrik, harus kita optimalkan kedua hal ini tidak ada gangguan nantinya. Karena kedua hal ini unsur penting dalam pelaksanaan UTBK," pungkasnya.

Baca Juga: Medan vs Plastik, Giat Konservasi Indonesia Hijaukan Pesisir Sumut

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya