Bentrok Mahasiswa Pecah di Unimed, Fasilitas hingga Kendaraan Rusak

Diduga salah paham antar mahasiswa 2 fakultas

Deli Serdang, IDN Times - Terjadi kericuhan di Universitas Negeri Medan Selasa, (26/03/2024) siang, tepatnya di Gerbang 1 dan wilayah Fakultas Teknik. Bentrokan tersebut terjadi dan melibatkan ratusan mahasiswa.

Masih belum diketahui penyebab pasti dari bentrokan ini. Namun Muhammad Surip selaku Kepala Humas Universitas Negeri Medan mengonfirmasi jika bentrokan terjadi akibat kesalahpahaman saja.

1. Pertikaian terjadi antara mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dengan Fakultas Teknik

Bentrok Mahasiswa Pecah di Unimed, Fasilitas hingga Kendaraan Rusakmobil yang rusak imbas dari bentrokan antar mahasiswa (dok.istimewa)

"Benar. Tapi hanya berlangsung sebentar, karena cepat ditangani oleh pimpinan," kata Surip melalui whatsapp.

Terpantau pimpinan Universitas Negeri Medan dari rektor sampai jajaran birokrat ikut turun melerai langsung masalah ini. 

"Penyebabnya karena kesalahpahaman saja antar mahasiswa Fakultas Teknik dengan Fakultas Ilmu Keolahragaan. Sekarang sudah kondusif dan terkendali, karena pimpinan kedua fakultas cepat melerainya," pungkasnya.

Baca Juga: Pendaftar SNBP 2024 Unimed Capai Angka 25.768

2. Beberapa fasilitas dan kendaraan dosen rusak

Bentrok Mahasiswa Pecah di Unimed, Fasilitas hingga Kendaraan Rusaksepeda motor mahasiswa rusak (dok.istimewa)

Sementara itu Ravin selaku Ketua Umum Senat Mahasiswa Unimed turut menyayangkan kejadian ini. Apalagi disebutkannya jika imbas dari bentrokan yang terjadi ada beberapa fasilitas yang rusak.

"Kondisi tadi cukup rusuh ketika dua fakultas bertemu dan ada ratusan massa. Untuk info yang saya dapat terkait masalah yang terjadi itu masih karena salah paham satu sama lain. Tapi untuk info resmi dan lanjutnya masih dicari dan diselidiki birokrasi," kata Ravin.

3. Kendaraan dosen rusak

Bentrok Mahasiswa Pecah di Unimed, Fasilitas hingga Kendaraan RusakIlustrasi tawuran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ada beberapa kendaraan yang rusak akibat bentrokan ini, seperti kaca mobil yang pecah, sepeda motor yang dirusak, hingga beberapa helm yang hilang. Selain itu, ada korban yang luka-luka.

"Ini tentu saja merugikan fasilitas kampus, karena banyak tadi fasilitas kampus yang rusak dan ada juga fasilitas pribadi dan kendaraan-kendaraan mahasiswa lain. Ke depannya di tubuh Senat sendiri kami ingin membantu meningkatkan komunikasi antar fakultas agar masalah ini tak terulang lagi," pungkasnya

Baca Juga: Kemenkes RI Tinjau Keseriusan Unimed Bangun Fakultas Kedokteran

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya