Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat Jadwalnya

KSE bekerjasama dengan USU, Unimed, dan UIN Sumut

Medan, IDN Times - Kabar gembira bagi kamu mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) khususnya yang berada di Sumatra Utara. Sebab, pendaftaran Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) telah dibuka. Untuk tahap 3, KSE telah membuka registrasi online mulai tanggal 11 Maret sampai dengan 21 Maret 2024. Itu artinya, masih ada kesempatan untuk kamu mengikuti program beasiswa ini.

Tahap 3 pendaftaran beasiswa KSE uniknya hanya dibuka khusus untuk beberapa kampus saja. Tiga di antaranya dikhususkan untuk PTN yang berada di Sumut, yakni USU, Unimed, dan UIN SU. Sementara tahap 3 ini juga bisa diikuti oleh kampus lain di luar Sumut seperti Universitas Riau, Universitas Palangkaraya, Universitas Udayana, Universitas Padjajaran, Universitas Cenderawasih, dan UIN Jakarta.

Apa saja yang menarik dari program beasiswa KSE ini? Yuk, simak ulasannya!

1. KSE adalah program beasiswa yang digagas oleh 8 orang alumni Fakultas Ekonomi UI

Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat JadwalnyaKSE kini telah memiliki banyak program di paguyubannya, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat (instagram.com/paguyubankseunimed)

Beasiswa KSE merupakan suatu program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan Karya Salemba Empat. Yayasan ini berkomitmen untuk memajukan sektor pendidikan khususnya dengan menghadirkan suatu program beasiswa. 

KSE tidak diikuti oleh seluruh PTN yang berada di Indonesia. Namun, program ini hanya bekerja sama dengan beberapa universitas saja. Salah satunya ialah Unimed, UIN SU, dan USU.

Dari tahun ke tahun peminat Beasiswa KSE semakin berkembang pesat. Kini KSE telah memberikan dukungan kepada lebih dari 30.000 mahasiswa dari 35 Perguruan Tinggi Negeri.

"KSE merupakan suatu yayasan yang foundernya ada 8 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi UI. KSE secara resmi dibentuk tahun 1998. Kenapa dinamakan Karya Salemba Empat? Karena kebetulan Fakultas Ekonomi UI ini berada di Jalan Salemba. Nomor gedungnya nomor 4," kata Irvan, Ketua Paguyuban KSE Unimed.

KSE dahulunya hadir untuk memberikan dukungan ekonomi bagi pelajar. Di mana di tahun 1998 Indonesia sedang mengalami krisis moneter. KSE merupakan penerus Program Beasiswa 84 yang termasuk program informal dan telah mengkoordinasikan sumbangan individu untuk mahasiswa UI sejak tahun 1995.

 

2. KSE beri tunjangan Rp750 ribu perbulan kepada awardee

Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat Jadwalnyaprogram kerjasama KSE UIN SU dengan PT Inalum (instagram.com/kse.uinsu)

Irvan menyebutkan jika beasiswa KSE memberi tunjangan Rp750 ribu selama setahun kepada para penerimanya. Tunjangan tersebut dapat membantu mahasiswa, khususnya yang berada di Sumut, untuk kebutuhan pembelajaran, biaya hidup, internet, dan lain-lain.

"KSE menggunakan sistem yayasan, jadi beasiswa ini kuotanya tergantung dari yayasan dan berapa perusahaan yang berdonasi. Biasanya setiap tahunnya ada peningkatan," ujar Irvan.

Dirinya mengatakan jika beasiswa KSE merupakan beasiswa yang didesain untuk mahasiswa yang kurang mampu. Namun disebutnya bukan berarti mahasiswa lain tidak bisa ikut.

"Yang penting adalah para penerima satu visi dengan KSE, seperti pandangan-pandangannya dan satu jalan dengan apa yang KSE buat ke depan," ucapnya.

 

Baca Juga: 5 Beasiswa S1, S2, dan S3 Luar Negeri di Bulan Maret 2024, Kejar!

3. KSE memiliki paguyuban yang aktif bergerak menjalankan program

Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat Jadwalnyaprogram kewirausahaan KSE Unimed (instagram.com/paguyubankseunimed)

Irvan menyebutkan jika KSE tidak hanya merupakan program beasiswa saja. Namun KSE aktif berkegiatan sebagai sebuah paguyuban. Hal ini bermanfaat untuk melatih softskill para awardee di setiap kampus. USU, UIN SU, dan Unimed masing-masing juga telah memiliki paguyuban KSE.

"Di KSE kita disediakan beberapa kegiatan utama. Yang pertama sudah pasti beasiswa reguler yang didapatkan oleh awardee. Kemudian KSE ada interpreneur academy, ini merupakan wadah bagi anak KSE agar memiliki jiwa-jiwa entrepreneur. Lalu ada seperti PKM internalnya KSE, di sini kami membuat teknologi tepat guna dan tepat daya yang bisa diaplikasikan langsung ke masyarakat," jelas Irvan.

Tak hanya itu saja, KSE turut pula menyediakan pelatihan-pelatihan seperti leadership, bahkan ada mentoring coaching clinic. Itu semua ditujukan untuk para awardee-nya.

"Bahkan yang tak kalah bagus adalah, KSE memiliki program pemberdayaan desa. Di mana satu desa itu kita kembangkan apa yang menjadi tumpuan utama dan potensi yang dimiliki," lanjutnya.

4. Syarat pendaftaran beasiswa KSE salah satunya adalah calon penerima beasiswa harus membuat esai

Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat JadwalnyaProgram beasiswa KSE memiliki paguyuban, salah satunya adalah di 3 PTN Sumut yakni Unimed, USU, dan UIN SU (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Di samping tunjangan Rp750 ribu yang diberikan setiap bulannya selama setahun kepada para awardee, KSE juga memberi kesempatan perpanjangan beasiswa kepada para penerimanya di tahun sebelumnya. Yang kemudian akan diseleksi lagi.

Syarat untuk dapat mengikuti beasiswa ini antara lain adalah para pendaftar aktif di jenjang S1, menempuh studi minimal semester 2, tidak sedang menerima beasiswa lain, dan belum menikah.

Kemudian para pendaftar juga diminta menyiapkan berbagai berkas/dokumen seperti identitas diri, slip gaji orang tua, tagihan listrik dan PDAM, transkrip nilai, surat rekomendasi atau surat keterangan tidak menerima beasiswa lain, membuat esai, hingga membuat video profil atau latar belakang pendaftar ingin mengikuti beasiswa ini.

"Banyak hal yang bisa kita wujudkan di dalam internal case, karena KSE ini bukan hanya tentang uang, tapi skill kita yang memang bisa dikembangkan apapun itu, bakal disupport," ujar Irvan.

5. Pada tahap seleksi, KSE akan memerhatikan tulisan esai dan inovasimu saat wawancara

Beasiswa KSE 2024 Dibuka untuk Kampus Negeri di Sumut, Catat Jadwalnyaacara sosialisasi beasiswa KSE (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Untuk tahap seleksi, di KSE para pendaftar harus melewati beberapa tahap. Di antaranya ialah kelengkapan administrasi beserta rekomendasi oleh Rektorat hingga tahap interview/wawancara.

Irvan memberikan tips agar kamu bisa menjadi awardee Beasiswa KSE berikutnya. Salah satu yang Irvan soroti adalah pada tahap menulis esai dan tahap wawancara.

"Interviewer harus bisa kita yakinkan. Sebelum kita ditanyai, kita harus cari tahu dulu apa yang ingin kita apply. Rajin-rajin lihat website KSE dan bisa pantau juga para awardee yang sudah lolos. Jika sudah ada niat di dalam hati, pasti bakal ada jalan," kata Irvan.

Sementara itu, Dhival yang merupakan awardee Beasiswa KSE sekaligus Kadiv Research and development, menambahkan tips dan trik lolos Beasiswa KSE.

"Kalau misalnya bahas esai dan personal interview, sampaikanlah motivasimu dan kalau bisa sejalan dengan visi misi KSE. Kan ada enterpreneur, teknologi, edukasi, jadi ambil saja dari hal itu," pungkasnya

Baca Juga: 5 Tips Atasi Overthinking Saat Melamar Beasiswa, Ampuh!

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya