PSU di Hari Kerja, Warga Tak Banyak Datang ke TPS Batang Kuis

Fuad anggap hari kerja jadi sebab minimnya warga yang datang

Deli Serdang, IDN Times - Di Sumatra Utara, total ada 22 TPS yang melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Antara lain di Kecamatan Medan Johor, Medan Petisah, Lumut, Sirandorung, Parmonangan, STM Hilir, dan Batang Kuis.

Di masing-masing kecamatan, TPS yang melakukan PSU bermacam-macam, ada yang PSU untuk Pilpres, DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota, hingga DPD. Hari ini, Rabu (21/02/2024), total ada 4 Kecamatan yang TPS-nya melakukan PSU. Salah satunya adalah Kecamatan Batang Kuis.

 

1. Adakan pemungutan suara ulang karena surat suara tercampur

PSU di Hari Kerja, Warga Tak Banyak Datang ke TPS Batang Kuisseorang masyarakat di Desa Batang Kuis Pekan menunjukkan kelingkingnya usai melakukan PSU (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Di Kecamatan Batang Kuis, ada 2 Desa yang TPS-nya melakukan pemungutan suara ulang, yakni di Desa Batang Kuis Pekan dan Desa Baru. Untuk Desa Batang Kuis Pekan, total ada 8 TPS yang melakukan pemungutan suara ulang, sementara Desa Baru hanya 2. TPS di 2 desa ini sama-sama melakukan pemungutan kembali untuk posisi DPRD Kabupaten.

"Di TPS kami kebetulan terdapat kesalahan untuk surat suara. Di mana surat suara yang masuk itu tercampur antara dapil 3 dengan dapil 6. Makanya kami 14 Februari lalu tidak berani untuk melanjutkan dan kami juga menerima instruksi langsung dari KPU dan Bawaslu," ucap Yusril Fuad selaku ketua TPS 001 Desa Batang Kuis Pekan.

Saat mengetahui bahwa surat suara DPRD Kabupaten banyak yang tercampur, Fuad dan anggota KPPS yang lain stop melalukan pemungutan suara dan bersepakat untuk melakukan PSU yang dilangsungkan hari ini.

"Mau tak mau, ya, harus kita terima, namanya kita juga bertugas. Kita sudah koordinasi dengan rekan-rekan anggota yang lain untuk harus melakukan pemungutan ulang walaupun terkadang waktu harus dikorbankan," ucapnya.

2. Fuad anggap PSU dilakukan di hari kerja jadi sebab masyarakat minim yang hadir

PSU di Hari Kerja, Warga Tak Banyak Datang ke TPS Batang KuisTPS di Batang Kuis sepi saat melakukan PSU (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Untuk jumlah DPT sendiri di TPS 001 Desa Batang Kuis Pekan berjumlah 237 orang. Karena di bawah naungan Kecamatan Batang Kuis, maka mereka melakukan pemungutan suara ulang untuk dapil 6 DPRD Kabupaten.

"Berdasarkan data tanggal 14 Februari, dari 237 DPT di TPS ini, ada 184 yang datang ke TPS. Sepengamatan saya juga untuk hari ini sepanjang pukul 10.00 WIB peserta pemilu yang datang berkurang jauh daripada tanggal 14 lalu," ucap Fuad menyoroti minimnya animo peserta pemilu melakukan pemungutan suara ulang.

Pemungutan suara di TPS ini dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB. Kemudian mereka istirahat selama 1 jam dan melanjutkan penghitungan suara di pukul 14.00 WIB.

"Minimnya partisipasi masyarakat melakukan PSU mungkin efek dari hari ini yang merupakan hari kerja. Kalau 14 Februari lalu kan beda, karena di tanggal itu memang sengaja diliburkan seluruh masyarakat Indonesia untuk memilih wakil mereka," tambahnya.

 

3. Soal apakah KPPS mendapat gaji di PSU, Fuad tunggu arahan KPU dan Bawaslu

PSU di Hari Kerja, Warga Tak Banyak Datang ke TPS Batang Kuispetugas KPPS menyambut masyarakat Batang Kuis Pekan yang hadir untuk melakukan PSU (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Disinggung masalah gaji KPPS yang melakukan PSU hari ini, Fuad mengatakan jika dirinya belum mendapatkan instruksi. Karena memang saat ini penyelenggaraan pemungutan suara ulang disebutnya lebih urgensi, bahkan pihaknya mengambil surat suara saja di sore hari sebelum PSU diselenggarakan.

"Masalah gaji, kita tunggu arahan dari KPU dan Bawaslu. Karena kami juga, kan, di SK memang bertugas itu sampai tanggal 25. Jadi mungkin masih berurusan dengan pemilu sampai tanggal yang berlaku," paparnya.

Melihat minimnya minat masyarakat yang hadir tak membuat Fuad berhenti berharap para peserta pemilu kembali berbondong-bondong datang ke TPS. Karena baginya, meskipun ada kesalahan pada pemilu 14 Februari kemarin, masyarakat seyogianya harus kembali melakukan PSU karena hal ini untuk menentukan siapa yang akan mewakili mereka di kursi DPRD Kabupaten. 

"Semoga PSU hari ini terlaksana dengan baik, kita semua anggota KPPS juga semoga dalam keadaan sehat. 14 Februari kemarin sempat ada yang sakit setelah selesai, namun alhamdulilah tidak ada yang sampai masuk Rumah Sakit," pungkasnya.

Baca Juga: Daftar 13 TPS di Deli Serdang yang Gelar Pemungutan Suara Ulang Besok

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya