Usbat Ganjar Bantu Korban Bencana Banjir Bandang Sembahe

Ada 17 rumah terdampak di Desa Bandar Baru

Deli Serdang, IDN Times - Banjir bandang yang melanda Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang, Sumatra Utara, Minggu (30/4/2023) turut menjadi perhatian relawan yang tergabung dalam Ustaz Sahabat Ganjar Sumut. Salah satu daerah terdampak adalah Dusun II, Desa Bandar Baru. 

Ada 17 rumah yang terendam banjir di daerah itu. Mereka menyerahkan bantuan door to door kepada warga korban banjir pada Selasa (2/5/2023).

"Daerah yang cukup besar dampak dari banjir bandang yang terjadi pada Minggu 30 April yang lalu adalah Desa Bandar Baru," kata Koordinator Daerah Usbat Ganjar Kabupaten Deli Serdang, Ahmad Thalhah.

1. Bantuan adalah paket sembako

Usbat Ganjar Bantu Korban Bencana Banjir Bandang SembaheUsbat Ganjar beri bantuan ke korban banjir Sembahe (Dok.Istimewa)

Bantuan yang diberikan adalah paket sembako yang berisi beras, mie instan, minyak goreng, gula, dan lain-lain. Bantuan itu menurut Thalhah, menjadi stimulus untuk bahan introspeksi diri, pengajaran dalam mendidik jiwa supaya memiliki keteguhan hati, serta senantiasa waspada terhadap alam sekitar.

"Kami mengharapkan kepada masyarakat mudah-mudahan dengan bencana ini menjadi ikhtibar (peringatan) kepada masyarakat untuk kembali lebih dekat kepada Allah mendekatkan diri lagi kepada Allah melaksanakan apa-apa yang diperintahkan Allah," kata Thalhah.

Baca Juga: Banjir Bandang Sembahe, WALHI Desak Pemerintah Investigasi

2. Warga kaget karena gak pernah terkena banjir

Usbat Ganjar Bantu Korban Bencana Banjir Bandang SembaheUsbat Ganjar beri bantuan ke korban banjir Sembahe (Dok.Istimewa)

Mirna (28) salah satu masyarakat Dusun II, Desa Bandar Baru mengaku kaget kawasan tempat tinggalnya mendapat kiriman debit air yang cukup deras pada Minggu (30/4) sekitar pukul 15.30 WIB.

"Saya pas jualan dipajang kan terus itu air datang dari atas, kami terkejut kan ini kok air banyak kali makanya kami sudah sempat takut juga," kata Mirna.

"Makanya itulah kami dah panik kek mana sampe sampe yang ndak pernahnya kami kena banjir kami kena banjir karena inikan dataran banjir. (Rumah saya) terkena dampak juga, (bahkan) itu sebelah rumah saya temboknya jebol," imbuh Mirna.

3. Banjir membuat jalur pipa air bersih milik BUMDes

Usbat Ganjar Bantu Korban Bencana Banjir Bandang SembaheUsbat Ganjar beri bantuan ke korban banjir Sembahe (Dok.Istimewa)

Dampak banjir juga mengakibatkan jalur pipa air bersih milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) rusak. Akibatnya, warga Dusun II perlu menampung air hujan ataupun menunggu bantuan air bersih.

Menurut Mirna, bantuan dari Usbat Ganjar Sumut juga sangat dinantikan dan bermanfaat meringankan beban bagi masyarakat setempat.

"Ya kami satu kampung ini berterima kasih pada Usbat Ganjar sudah memberikan bantuan sebesar kayak beras itu terima kasih sudah peduli kepada kami yang terdampak banjir ini," pungkas Mirna.

Baca Juga: Mobil yang Terbawa Banjir Bandang Sembahe Ditemukan, Nihil Korban

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya