Timnas Emas SEA Games, Jokowi Traktir Menteri Makan Durian di Medan

Jokowi nonton bareng Gibran di Medan

Medan, IDN Times- Keberhasilan timnas sepak bola Indonesia mengakhiri dahaga emas SEA Games selama 32 tahun disambut gembira Presiden RI Joko 'Jokowi' Widodo. Nonton dari Medan karena kunjungan kerja, Jokowi turut merayakan keberhasilan timnas meraih emas setelah terakhir 1991.

Dari unggahan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu dini hari WIB, Jokowi merayakannya dengan makan durian bareng menteri yang ikut kunker ke Medan. 

Jokowi merayakannya di Si Bolang Durian, Jalan Iskandar Muda Medan, salah satu tempat hits makan durian. 

1. Jokowi traktir para menteri

Timnas Emas SEA Games, Jokowi Traktir Menteri Makan Durian di MedanJokowi rayakan kemenangan timnas dengan makan durian di Medan (YouTube/Sekretariat Presiden)

Para menteri yang hadir antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Selain itu juga tampak Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.

"Tadi sore memang saya janjian, para menteri dengan wagub dan lain-lain, kalau menang, saya traktir di Si Bolang untuk makan durian bareng-bareng. Jadi, karena menang, ya, harus nraktir karena janjiannya seperti itu," ujar Jokowi dalam YouTube tersebut.

Baca Juga: Hadiri HUT ke-43 Dekranas, Ini Agenda Iriana Jokowi di Medan

2. Jokowi menonton dari Rumah Dinas Wali Kota Medan

Timnas Emas SEA Games, Jokowi Traktir Menteri Makan Durian di MedanJokowi dan Gibran nonton timnas SEA Games di Medan (YouTube/Sekretariat Presiden)

Jokowi nonton timnas bersama putra sulungnya yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga sedang ada acara di Medan. Mereka nonton di Rumah Dinas Wali Kota Medan. Sementara sang menantu Bobby Nasution dan istrinya Iriana Jokowi menghadiri acara Gelar Serumpun Melayu di Medan.

Jokowi juga sempat terkecoh saat timnas sudah merayakan kemenangan di menit akhir. Namun wasit ternyata belum meniup peluit dan malah Thailand mencetak gol. Syukurnya Indonesia bisa menambah 3 gol di perpanjangan waktu.

"Saya keliru juga, sudah saling salaman, saling menyelamati, ternyata masih main dan gol. Kaget juga," ujar Jokowi.

Dia juga berjanji akan memberikan hadiah untuk para pahlawan SEA Games. Tak terkecuali cabang-cabang lainnya.

"Hadiah nanti dipikirkan. Akan tetapi, kita beri nanti. Karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi.

Total Indonesia meraih 87 medali emas melebihi target 60 emas dari Kemenpora dan 69 emas dari Jokowi.

3. Jokowi sebelumnya ucapkan selamat di instagram

Timnas Emas SEA Games, Jokowi Traktir Menteri Makan Durian di MedanTimnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Sebelumnya Jokowi juga memberikan apresiasi yang diunggah melalui akun Instagram resminya, @Jokowi. 

"Perjuangan pemain sepak bola muda Indonesia di SEA Games 2023, Kamboja, malam ini begitu luar biasa. Pertandingan yang dramatis, yang diwarnai hujan kartu merah dan kuning, gol-gol indah bahkan di detik-detik tambahan waktu, tersaji dalam 120 menit," ujar Jokowi, Selasa (16/5/2023).

"Malam ini, tim Garuda Muda mempersembahkan medali emas sepakbola dari SEA Games 2023, dengan mengalahkan tim kuat, Thailand, 5-2 di final. Sebuah penantian panjang selama 32 tahun yang berbuah manis," kata dia.

Baca Juga: Jokowi: Penantian Panjang Timnas Indonesia Berbuah Manis

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya