Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian Susulan

Gangguan terjadi 30 menit sebelum ujian selesai

‎Medan, IDNTimes- Sebanyak 39 pelajar di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Medan terpaksa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) susulan. Pasalnya, jaringan komputer di sekolah itu mengalami gangguan, Selasa (23/4) lalu.

"Gangguan terjadi 30 menit sebelum ujian selesai, virusnya biasa," kata Kepala Sekolah UPT SMP Negeri 2 Medan Marita Yetti saat dikonfirmasi  di sekolah yang terletak di Jalan Brigjen Katamso, Medan, Rabu (24/4). 

1. Siswa yang sempat panik dapat ditenangkan setelah diberi penjelasan

Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian SusulanANTARA FOTO/Basri Marzuki

Yetti menjelaskan, gangguan terjadi pada saat pelajar melaksanakan ujian sesi kedua. Waktu itu para pelajar sedang menjalani ujian bidang studi Matematika. Para pelajar yang sempat panik dapat ditenangkan setelah diberikan pengertian bahwa gangguan itu adalah virus biasa.

"Sempat panik juga, karena di komputer para pelajar soal-soalnya sudah tidak bergerak. Kita langsung laporkan kejadian itu ke HD (Help Desk)‎ Kota dan bisa diatasi lah," ungkap Yetti. 

Baca Juga: Ulang Tahun ke-148, 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Kota Siantar

2. Perbaikan yang dilakukan Tim HD UN Kota Medan hanya memakan waktu 60 menit

Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian SusulanANTARA FOTO/Adeng Bustomi/

Setelah mendapat laporan, sambung Yetti, Tim HD UN Kota Medan turun dan langsung melakukan perbaikan. Menurut Yetti proses perbaikan yang dilakukan tim HD hanya memakan waktu sekitar 60 menit.

"Makanya pas ujian sesi ketiganya situasi sudah kembali normal," ucap wanita berjilbab ini.

3. Ujian susulan akan berlangsung pekan depan

Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian SusulanIDN Times/ Mela Hapsari

Masih menurut, peserta UNBK di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Medan, berjumlah 460 siswa. Waktu ujian susulan untuk puluhan pelajar itu akan digelar pekan depan, Senin (29/4).

"Berita acaranya sudah dibuat dan telah dilaporkan kepada Panitia UN Kota Medan, termasuk untuk ujian susulan," katanya. 

4. Menurut Tim Help Dask UNBK Disdik Provinsi Sumut‎, gangguan itu bukan virus melainkan jaringan LAN di sekolah

Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian SusulanIDN Times/ Mela Hapsari

Menurut anggota Tim Help Desk UNBK Disdik Provinsi Sumut, Duta Salendra ‎kendala yang dialami UPT SMPN 2 Medan bukan virus, melainkan jariangan LAN di sekolah tersebut. "Jaringan LAN, switch hub menjadi terganggu. Itu berfungsi dari data ke klien. Tapi, kondisi tidak stabil listrik berpengaruh," kata Duta saat dikonfirmasi.

5. Tim Help Desk UNBK Disdik Provinsi Sumut‎ pastikan kondisi sudah normal

Terjadi Gangguan Jaringan, 39 Pelajar SMPN 2 Harus Ujian SusulanIDN Times/Fadli Syaputra

Duta menjelaskan kondisi jaringan listrik tidak stabil yang menyebabkan server menjadi sensitif mengalami crash.‎ ‎Jaringan listrik yang ada di beberapa sekolah tidak besar dan kualitas kabel yang baik, sehingga ini mempengaruhi kualitas catudaya yang disuplai pada server maupun switch hub menjadi terganggu.

"Saat ini sudah normal. Ini saya sedang berada di SMPN 2 Medan‎ untuk pemeriksaan ulang dan pastinya sudah normal dan baik-baik saja," pungkasnya.

Baca Juga: Jenuh Beraktivitas? Renungkan 5 Hal Ini untuk Membakar Semangatmu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya