Suasana Salat Tarawih Perdana Warga Muhammadiyah di Medan

Ada perbedaan awal Ramadan 1445 Hijriah di Indonesia

Medan, IDN Times- Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan 1 Ramadan 1445 Hijriah jatuh pada Senin (11/3/2024). Untuk itu malam tadi warga Muhammadiyah di seluruh Indonesia sudah melaksanakan ibadah salat tarawih

Termasuk di Kota Medan.Salah satu masjid yang menggelar salat tarawih berjemaah adalah Masjid Taqwa Marelan.

1. Ustaz tekankan jemaah untuk saling menghargai perbedaan

Suasana Salat Tarawih Perdana Warga Muhammadiyah di MedanSuasana salat tarawih perdana Muhammadiyah di Medan, Minggu (10/3/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Di masjid yang berlokasi di samping SPBU Pertamina Jalan Marelan 3 itu dibuka dengan pengumuman dari pihak pengurus masjid soal rencana kegiatan di bulan Ramadan. 

Selanjutnya Ustaz Daka Juho Simanjuntak mengisi ceramah. Dalam ceramahnya, Daka menjelaskan soal metode hisab yang dipakai Muhammadiyah menentukan awal Ramadan hingga 1 Syawal. 

"Hingga 40 tahun ke depan kita sudah bisa mengetahui jadwal Ramadan dan Idul Fitri. Begitu juga waktu salat. Tapi yang terpenting adalah istiqamah. Dan hargai perbedaan," kata Daka di hadapan jemaah.2.

2. Gerakan fastabiqul khairat di setiap masjid

Suasana Salat Tarawih Perdana Warga Muhammadiyah di MedanSuasana salat tarawih perdana Muhammadiyah di Medan, Minggu (10/3/2024) (IDN Times/Doni Hermawan)

Selanjutnya seperti kegiatan rutin yang digelar setiap Ramadan adalah gerakan Fastabiqul Khairat yakni mengumpulkan infak Ramadan dari para jemaah di masjid. Malam itu terkumpul sekitar Rp2 jutaan.

Hal ini juga menjadi pemandangan yang selalu terlihat di masjid-masjid Muhammadiyah lainnya.

3. Pemerintah menetapkan 1 Ramadan jatuh pada 12 Maret

Suasana Salat Tarawih Perdana Warga Muhammadiyah di MedanMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengumumkan 1 Ramadan 1445 H dalam konferensi pers di Kemenag, Minggu (10/3/2024). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat, penetapan awal Ramadan 1445 H di Auditorium H.M Rasjidi Kemenag, Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2024).

Sidang isbat digelar tertutup setelah seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi yang dilakukan Tim Hisab dan Rukyat Kemenag pukul 17.00 WIB digelar.

Hasil sidang isbat diumumkan secara terbuka oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas melalui konferensi pers yang digelar pukul 19.00 WIB. Hasilnya ada perbedaan awal Ramadan antara pemerintah dan warga Nahdlatul Ulama (NU) dengan Muhammadiyah.

“Secara mufakat menetapkan 1 Ramadan 1445 H jatuh pada Selasa 12 Maret 2024,” ujar Menag Yaqut.

Baca Juga: 7 Tradisi Ramadan Unik dari Berbagai Negara yang akan Selalu Dirindu

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya