Setahun Hadir, STPK Matauli Pandan Komitmen Hasilkan Mahasiswa Andal

Dies Natalis ke-1 STPK hadirkan berbagai lomba

Tapanuli Tengah, IDN Times - Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan (STPK) Matauli di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara genap berusia setahun. Pada perayaan setahun STPK, pihak kampus menyelenggarakan rangkaian Dies Natalis. Puncaknya, seremoni yang berlangsung di Ruang Audio Visual, Sabtu (28/9).

Banyak pejabat hadir. Di antaranya Wakil Wali Kota Sibolga Edi Polo Sitanggang, Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Betrawarman dan Kadis Kelautan dan Perikanan Tapteng M Ridsam Batubara, Kapolres Tapteng AKBP Sukamat.

Ketua Sekolah Tinggi Perikanan dan Kelautan Matauli Joko Samiaji dan Pengurus Yayasan Matauli Febrianda Pasaribu tampak mendampingi para tamu yang hadir.

1. STPK Matauli akan terus berbenah untuk meluluskan mahasiswa berkualitas

Setahun Hadir, STPK Matauli Pandan Komitmen Hasilkan Mahasiswa AndalIDN Times/Hendra Simanjuntak

Joko Samiaji dalam sambutannya mengaku bersemangat meski kampus yang ia gawangi masih berusia belia. Menurutnya, kehadiran STPK memberi banyak harapan, terutama di sektor kelautan dan perikanan.

"Kami akan terus berbenah agar menjadi kampus yang mampu menghadirkan kegiatan kampus yang berkualitas dan meluluskan mahasiswa yang berkualitas pula," kata Joko.

2. Yayasan berharap dukungan dari banyak mitra

Setahun Hadir, STPK Matauli Pandan Komitmen Hasilkan Mahasiswa AndalIDN Times/Hendra Simanjuntak

Pengurus Yayasan Matauli, Febrianda mengungkapkan, Dies Natalis pertama ini merupakan bentuk syukur atas terbentuknya STPK Matauli di Tapteng.

"Kedepannya, kami juga berharap ada banyak mitra untuk memberi dukungan dalam meningkatkan pembangunan di STPK Matauli ini," kata Febri.

Baca Juga: Kabut Asap Pekat di Tapteng, Bandara Berlakukan Status Buka Tutup

3. Lulusan STPK Matauli diharapkan mampu mengelola kelautan dan perikanan di Tapteng

Setahun Hadir, STPK Matauli Pandan Komitmen Hasilkan Mahasiswa AndalIDN Times/Hendra Simanjuntak

Menurut Febri, kehadiran STPK Matauli memberi ekspektasi pada generasi di Tapteng dan Sibolga, agar mampu berkontribusi pada pengembangan sumber daya manusia khususnya di kawasan Pantai Barat Sumut.

"Dan kami berharap, lulusan STPK Matauli bisa memanfaatkan ilmunya untuk mengelola kekayaan alam di sektor kelautan dan perikanan," tukasnya.

4. STPK Matauli punya 3 program jurusan

Setahun Hadir, STPK Matauli Pandan Komitmen Hasilkan Mahasiswa AndalIDN Times/Hendra Simanjuntak

Febri menambahkan, pihaknya berkomitmen menjadikan STPK Matauli menjadi perguruan terbaik di Indonesia yang berdaya saing.

"Menciptakan orang-orang yang memiliki kompentensi baik. Dan saat ini STPK sudah memiliki Exel Laboratorium. Ke depannya kami juga butuh dukungan untuk meningkatkan fasilitas di STPK Matauli," ungkapnya.

Dia menerangkan, STPK Matauli saat ini memiliki 3 program jurusan strata 1, yakni Teknologi Pendidikan Penangkapan Ikan (TPI), Akuakultur (AKU), Budidaya Perairan dan Sosial Ekonomi Perikanan (SEP).

"Dan saat ini STPK Matauli telah bekerjasama dengan Universitas Riau (UNRI). Melalui kerjasama itu, STPK Matauli mendapat perbantuan dosen sebanyak 18 orang," tutupnya.

Dies Natalis STPK kali ini dirangkai dengan berbagai lomba, yakni Lomba Memasak dengan menu ikan, Renang dan Badminton.

Sejumlah mahasiswa dari beberapa kampus di Kota Sibolga, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan, ikut menjadi peserta lomba ini.

Para pemenang mendapatkan trofi dan uang pembinaan yang diserahkan di puncak Dies Natalis yang berlangsung di ruang Audio Visual.

Baca Juga: Medan Barista Community, Wadah Kumpul Para Seniman Peracik Kopi

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya