Sebelum Tewas Bersama Keluarganya, Sempurna Aktif Beritakan Soal Judi

Sempurna sudah dimakamkan di Kabanjahe

Medan, IDN Times- Rico Sempurna Pasaribu (47), wartawan media online Tribratatv ybeserta keluarganya sudah dimakamkan di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Jumat (28/6/2024). Sebelumnya Sempurna, istri, anak dan cucunya tewas dalam kebakaran yang menghanguskan rumahnya.

Isak tangis mengiringi pemakaman Sempurna, Elfrida Boru Ginting (48), Sudi Investigasi Pasaribu (12), Loin Situngkur (3) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Salit Kecamatan Tigapanah. Keempatnya dimakamkan berdampingan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Salid, Kecamatan Tigapanah, Karo.

1. Duka mendalam bagi keluarga dan jurnalis di Karo

Sebelum Tewas Bersama Keluarganya, Sempurna Aktif Beritakan Soal JudiMarson Pasaribu adik kandung Sempurna (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Tak hanya sanak saudara, para jurnalis di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ikut merasakan duka atas kejadian ini. Keempat jenazah dibawa dari Rumah Sakit Umum Daerah Kabanjahe menuju tempat peristirahatan terakhirnya.

Sebelumnya kebakaran terjadi Kamis dini hari di Jalan Nabung Surbakti Ujung Kelurahan Padang Mas Kabanjahe. Rumah berdinding papan berukuran 2,5 x 4 meter itu juga sekaligus dijadikan warung kelontong.

2. Sebelum tewas gencar beritakan soal kasus judi

Sebelum Tewas Bersama Keluarganya, Sempurna Aktif Beritakan Soal JudiUnsplash.com/Michał Parzuchowski

Masih jadi tanda tanya apakah murni kebakaran atau ada dugaan rumahnya dibakar.  Soalnya sebelum tewas, Sempurna Pasaribu, gencar memberitakan soal kasus judi di Karo.

"Benar, beberapa hari ini dia aktif membuat berita perjudian di wilayah Karo," kata Kepala Biro Karo Tribratatv.com Sitta Gurning.

Sitta juga berharap kasus ini bisa diungkap sejelas-jelasnya. Apalagi sudah jadi pembicaraan di masyarakat soal ada dugaan sengaja dibakar. "Kami dari redaksi berharap kasus ini bisa diungkap," kata Sitta.

Bahkan status terakhir korban di facebook, sehari sebelum meninggal adalah soal akan melanjutkan mengungkap kasus perjudian.

3. Jenazah sebelumnya diautopsi di RS Bhayangkara Medan

Sebelum Tewas Bersama Keluarganya, Sempurna Aktif Beritakan Soal JudiIlustrasi jenazah (IDN Times/Mia Amalia)

Sebelum dimakamkan, pada Kamis (27/6/2024), keempat jenazah sempat diautopsi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Sumut. Menurut keterangan adik kandung Sempurna, Marson Pasaribu, keluarga wartawan itu sudah tidak bisa diselamatkan lagi karena tewas di tempat.

"Penyebab kebakaran kami belum tahu pastinya. Tapi saya dapat telepon jam 5 pagi. Kata tetangga rumahnya kebakaran sekitar pukul 3 pagi," kata Marson.

Dirinya menambahkan jika 4 orang yang tewas itu ialah Sempurna Pasaribu, istrinya, anaknya yang paling kecil, dan cucunya yang baru berusia 3 tahun.

"Sempurna, istri, cucu dan anaknya yang paling kecil yang ada di dalam rumah itu," terang Marson.

Menurut Mason selama menjalani karir sebagai wartawan, Sempurna jarang bercerita kepada keluarganya tentang masalah-masalah yang selama ini dialaminya. Keluarga masih belum tahu apakah kasus kebakaran ini ada kaitannya dengan profesi Sempurna sebagai wartawan atau memang murni kebakaran yang disebabkan oleh hal-hal tertentu. 

"Masih dicek. Apalagi dia wartawan, kan? Tidak tahu kita di lapangan apa yang terjadi. Abang saya juga tidak pernah cerita tentang masalahnya selama ini," pungkasnya.

Baca Juga: Rumah Wartawan di Karo Ludes Terbakar, Satu Keluarga Meninggal

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya