Resmi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga Diminta Gelar KLB

KLB jadi kebutuhan mendesak

Medan, IDN Times- Pascameninggalnya Kodrat Shah, Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatra Utara tak punya pemimpin. PSSI pun resmi menunjuk anggota Exco Arya Sinulingga menjadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) PSSI Nomor 20/SKEP/II-2024 yang sudah diterima klub-klub, Kamis (29/2/2024). Dalam surat tertanggal 20 Februari 2024 yang ditandatangani Ketua Umum PSSI Erick Thohir tersebut, PSSI memutuskan Arya Sinulingga sebagai Plt Ketua Asprov PSSI Sumut berhubung karena Ketua Asprov PSSI Sumut berhalangan tetap (meninggal dunia) pada 30 November 2023.

1. Plt Asprov PSSI Sumut diminta segera gelar KLB

Resmi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga Diminta Gelar KLBArya Sinulingga ditunjuk jadi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Dalam SK tersebut, Plt Ketua Asprov PSSI Sumut diminta untuk menjalankan roda organisasi dan mempersiapkan serta menyelenggarakan Kongres Luar Biasa (KLB) dalam jangka waktu enam bulan setelah SK tersebut dikeluarkan.

Kemudian, dengan dikeluarkannya SK tersebut, maka SK Tentang Pengurus Asprov PSSI Sumut Nomor 38/SKEP/IV-2022 tidak berlaku lagi. Artinya kepengurusan Asprov PSSI Sumut saat ini demisioner.

Keluarnya SK Nomor PSSI Nomor 20/SKEP/II-2024 tersebut mendapat apresiasi dari insan sepak bola Sumut. Mantan pengurus PSSI Sumut Edy Anthony Wendri mengucapkan terima kasih kepada PSSI Pusat yang telah menunjuk Arya Sinulingga sebagai Plt Ketua Asprov PSSI Sumut.

"Dengan keluarnya SK tersebut, maka kepengurusan Asprov PSSI Sumut saat ini demisioner. Untuk itu, kita berharap agar Plt Asprov PSSI Sumut segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB)," ujar Edy Anthony Wendri di Medan, Kamis (29/2).

2. KLB sangat mendesak jelang PON 2024

Resmi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga Diminta Gelar KLBAnthony Wendri dan Petra Purba menyambut positif ditunjuknya Plt Ketua Asprov PSSI Sumut (IDN Times/Doni Hermawan)

Wendri menegaskan, KLB ini sangat mendesak. Pasalnya, tim sepak bola Sumut akan tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 dengan status tuan rumah. "Kita tidak ingin sepak bola Sumut gagal lagi di PON," tegasnya.

Sepak bola Sumut terakhir kali meraih medali perak pada PON 2012 di Riau. Sedangkan medali emas terakhir kali diraih pada PON tahun 1989 silam. "PSSI Sumut membutuhkan ketua umum definitif agar persiapan lebih matang," tambahnya.

Untuk itu, Mantan Sekretaris Umum PSMS itu meminta agar Arya Sinulingga segera membentuk panitia pelaksana KLB. Kemudian segera mengundang klub dan Askot/Askab untuk menyatukan persepsi.

"Kita berharap agar segera terpilih Ketua Asprov PSSI Sumut defenitif. Kita tidak mempersoalkan siapa sosoknya, yang penting bisa membangun sepak bola Sumut," harapnya.

3. Diharap ada pembenahan untuk sepak bola Sumut

Resmi Plt Ketua Asprov PSSI Sumut, Arya Sinulingga Diminta Gelar KLBStaf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Sedangkan Ketua PSSK Karo Petra Jaya Purba mengapresiasi atas penunjukkan Plt Ketua Asprov PSSI Sumut tersebut. Dia berharap Plt Ketua Asprov PSSI Sumut segera menggelar KLB dengan agenda pemilihan Ketua Umum.

"Dengan adanya SK itu, kita berharap Plt Ketua Asprov PSSI Sumut segera menggelar KLB. Kita juga akan segera melakukan komunikasi dengan Arya Sinulingga," ujarnya.

Petra mengakui Asprov PSSI Sumut membutuhkan ketua umum defenitif yang mampu mengembalikan kejayaan sepak bola Sumut. "Sudah lama sepak bola Sumut tidak berprestasi. Kita berharap ketua yang baru mampu mengembalikan kejayaan sepak bola Sumut," pungkasnya.

Sebelumnya Kodrat Shah terpilih untuk periode kedua pada Kongres Asprov PSSI Sumut yang digelar 2022 lalu. Setelah itu Kodrat membentuk kepengurusan tapi belum sempat menggelar pelantikan. Pada akhir 2023 lalu, Kodrat meninggal dunia. 

Baca Juga: Kalah 0-4 dari PSBS, Asa Persiraja ke Liga 1 Tersisa di Tempat Ketiga 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya