Puan dan Erick Thohir Berharap Pariwisata Terdongkrak Berkat F1H2O

BUMN juga terlibat sebagai penyelenggara

Toba, IDN Times- Kejuaraan dunia perahu motor F1H2O atau F1 Powerboat Championship yang digelar di Danau Toba, Balige, Sumatra Utara, Sabtu (25/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023) membuat Indonesia kembali disorot dunia internasional. Even ini menambah daftar panjang Indonesia menjadi tuan rumah even olahraga internasional. 

Sejumlah tokoh dan pejabat hadir di Balige. Termasuk Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Menteri BUMN, Erick Thohir.  

Puan Maharani mengatakan kehadirannya di F1H2O adalah ingin memastikan even-even yang bisa mendorong pertumbuhan pariwisata agar berjalan sesuai dengan standar yang baik.

1. Erick Thohir: Kehormatan bagi BUMN berkontribusi dorong pariwisata lokal

Puan dan Erick Thohir Berharap Pariwisata Terdongkrak Berkat F1H2OKetua DPR Puan Maharani bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau F1H2O (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada BUMN dalam mendukung ajang F1H2O itu.

"Ini sebuah kehormatan bagi BUMN bisa berkontribusi mendorong pariwisata lokal," ujar Erick.

Baca Juga: Angin dan Gelombang Tinggi di Danau Toba, Balapan F1H2O Terancam 

2. Peran BUMN ikut berkolaborasi menggelar even F1H2O ini

Puan dan Erick Thohir Berharap Pariwisata Terdongkrak Berkat F1H2OKetua DPR Puan Maharani bersama Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau F1H2O (IDN Times/Prayugo Utomo)

Kompetisi F1H2O tersebut terselenggara atas kolaborasi berbagai pihak, termasuk BUMN. Beberapa BUMN yang dilibatkan antara lain Holding BUMN Pariwisata InJourney, dan Perusahaan Listrik Negara (PLN), serta Pertamina.

InJourney memastikan infrastruktur pendukung dapat siap digunakan sebelum lomba digelar. PLN memantapkan keandalan listrik di Sumatra Utara. Pertamina melalui Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut mengirimkan Avgas ke Balige, Kabupaten Toba dan memastikan pasokan BBM aman di Sumut.

3. Danau Toba adalah seri pembuka F1 Powerboat 2023

Puan dan Erick Thohir Berharap Pariwisata Terdongkrak Berkat F1H2OPembalap asal Victory, Erik Stark saat beraksi di Danau Toba (IDN Times/Prayugo Utomo)

F1H2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang diselenggarakan oleh Union Internationale Motonautique dan disponsori H2O. Kejuaraan ini merupakan kelas tertinggi dalam perlombaan Powerboat yang juga menyandang nama F1 seperti layaknya lomba balap mobil.

Kali ini adalah perlombaan level internasional Powerboat yang pertama digelar di Indonesia. 

Danau Toba merupakan seri pembuka kejuaraan F1 Powerboat 2023. Tahun lalu pembalap asal Amerika Serikat, Shaun Torrente menjadi juara dunia. Ada 20 pembalap yang akan memerebutkan gelar juara pada seri pembuka ini.

 

Baca Juga: Angin dan Gelombang Tinggi di Danau Toba, Balapan F1H2O Terancam 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya