Polisi Pematangsiantar Gotong Royong Bersihkan Pasar Tradisional

Sambut HUT ke-73 Bhayangkara

Pematangsiantar, IDN Times - Kepolisian Resort (Polres) Pematangsiantar menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-73 Bhayangkara. Mereka membuat kegiatan gotong royong di salah satu pasar tradisional Siantar, Pasar Horas. 

Selain itu Polres Pematangsiantar menggelar upacara peringatan HUT ke-73 Bhayangkara yang digelar di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar, Rabu (10/7) dihadiri Wali Kota Siantar, Hefriansyah. 

Dalam upacara tersebut, Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu SIK M SI bertindak sebagai inspektur upacara dan Kasatlantas Polres Pematangsiantar AKP Septian Dwi Rianto SIK menjadi komandan upacara.

Di barisan upacara Kapolres hadir unsur Forum Koordinasi Pemimpin Daerah (Forkopimda), dan personel Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Ormas, dan Pramuka.

Baca Juga: HUT Bhayangkara, Kapolda Sumut Dapat Surprise Ini dari Jurnalis

1. Ini sambutan dan amanah Presiden

Polisi Pematangsiantar Gotong Royong Bersihkan Pasar TradisionalIDN Times/Patiar Manurung

Heribertus membacakan pidato Presiden RI Jokowi untuk kepolisian RI. Dalam pidatonya presiden mengucapkan terima kasih atas pengabdian, pengorbanan, dan perjuangan tanpa Ielah yang ditunjukkan personil Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Termasuk dalam menegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

Kerja keras dan pengabdian Poiri, katanya, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

2. Polri didorong meningkatkan kualitas SDM

Polisi Pematangsiantar Gotong Royong Bersihkan Pasar TradisionalIDN Times/Patiar Manurung

Selanjutnya, Joko Widodo menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas. Polri diharapkan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Ke depankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

Kemudian, terus meningkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. “Tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Perkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, kementerian/lernbaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam  memelihara keamanan dalam negeri," terangnya.

 

3. Polres gelar gotong royong di pasar tradisional

Polisi Pematangsiantar Gotong Royong Bersihkan Pasar TradisionalIDN Times/Patiar Manurung

Dalam HUT Bhayangkara ini, sebelumnya Polres Pematangsiantar telah mengadakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah gotong royong membersihkan kawasan pasar tradisional yaitu Pasar Horas. Polisi dibantu jajaran Direksi Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya dan seluruh pegawai.

 Dalam aksi ini, AKBP Heribertus Oppusunggu mengatakan bahwa gotong royong tersebut sebagai ajakan kepada pengguna pasar agar selalu membudayakan dan menjaga kebersihan. 

Kapolres berharap kebersihan di Pasar Horas dapat dijaga sehingga nuansa kumuh dan semrawut dapat dihilangkan. Salah satu hal penting yang menjadi sorotan Kapolres adalah soal saluran air yang tersumbat kotoran. Apalagi bau busuk dari tumpukan sampah akan sangat mengganggu kenyamanan. Iya meyakini kebersihan pasar mampu meningkatkan jumlah pengunjung atau pembeli. Pasar bukan hanya sebatas tempat berdagang. Melainkan juga untuk ruang interaksi sosial.

Baca Juga: Peringati HUT Bhayangkara, Kapolda Sumut Ziarah ke Makam Pahlawan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya