Perempuan Jadi Penggerak Ekonomi dari Tingkat Pedesaan

Meutya Hafid apresiasi peran perempuan untuk perekonomian

Medan, IDN Times- Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menegaskan pentingnya peran perempuan dalam perekonomian. Perempuan menjadi kunci mencapai kemajuan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Mari bersama-sama mengapresiasi peran luar biasa perempuan dalam mewujudkan ekonomi yang kuat dan berdaya saing," kata Meutya di Medan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (13/3/2024).

Meutya mengatakan, perempuan juga memiliki peran penting sebagai penggerak ekonomi di tingkat mikro, terutama di pedesaan.

"Mereka seringkali menjadi penggerak utama dalam membangun ekonomi keluarga melalui usaha mikro dan menengah. Dengan kecerdasan dan ketekunan mereka, banyak perempuan berhasil mengembangkan usaha kecil menjadi usaha yang mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar," katanya.

1. Perempuan hebat dengan ekonomi yang kuat jadi tujuan bersama

Perempuan Jadi Penggerak Ekonomi dari Tingkat PedesaanMeutya Hafid bersama para perempuan di Medan (dok.istimewa)

Sementara itu perempuan hebat dengan ekonomi kuat sudah seharusnya menjadi tujuan bersama bagi bangsa Indonesia.

"Melalui upaya bersama dalam memberikan kesempatan yang setara dan mendukung pemberdayaan perempuan, kita dapat memastikan bahwa perempuan dapat berperan secara maksimal dalam memajukan perekonomian Indonesia," katanya. 

2. Perempuan menghadapi tantangan di berbagai sektor

Perempuan Jadi Penggerak Ekonomi dari Tingkat PedesaanKetua Komisi I DPR RI Meutya Hafid (dok.istimewa)

Menurut Meutya,, perempuan telah membuktikan diri sebagai kekuatan utama di balik ketahanan ekonomi yang kokoh. Melalui ketekunan, kreativitas, dan dedikasi mereka, perempuan memimpin di berbagai sektor dan tingkatan dalam perekonomian.

“Namun, meskipun memiliki potensi besar, perempuan dalam perekonomian Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan," tambahnya.

3. Pemberdayaan perempuan bisa lewat pendidikan, pelatihan maupun akses keuangan

Perempuan Jadi Penggerak Ekonomi dari Tingkat PedesaanKetua Komisi I DPR Meutya Hafid (Dok.istimewa)

Sementara itu tokoh masyarakat Desa Bandar Agung, Fiki Fariansyah selaku Pendamping UMKM, juga sependapat soal perempuan di pedesaaan adalah penggerak ekonomi yang hebat.

"Pemberdayaan perempuan, baik melalui pendidikan, pelatihan, maupun akses keuangan, merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa potensi perempuan dalam ekonomi dapat dikembangkan dengan baik," pungkasnya.

 

Baca Juga: Syarat dan Hukum Iktikaf di Bulan Ramadan Bagi Perempuan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya