Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 Jam

Akan libatkan pedagang Warkop Elisabeth dan Pagaruyung

Medan, IDN Times - Program Kampung Millennial yang akan diciptakan di Pasar Muara Takus Medan serius direalisasikan. Program gagasan Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya ini mulai dikerjakan.

Kacab II PD Pasar Jalil Muhammad menyampaikan, kegiatan 'Jumat Bersih' di Pasar Muara Takus, difokuskan gotong royong membongkar kios-kios kosong yang tidak digunakan pedagang termasuk pengecatan.

"Ya, dari 59 kios yang tidak ditempati pedagangnya, ada 35 unit kios yang kosong. Sisanya masih ada yang menempati hanya saja tidak aktif karena kondisi stand-nya belum memadai. Nah, kios yang 35 unit inilah yang kita bongkar. Rencananya akan dijadikan lokasi Kampung (pasar) Millennial," ujarnya. Jumat (10/1).

1. 281 unit kios di Pasar Muara Takus milik Pemko Medan

Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 JamPasar Muara Takus Medan yang akan dijadikan Kampung Millennial (IDN Times/Yurika Febrianti)

Jalil didampingi Kepala Pasar Muara Takus T Danil Bustamam mengatakan jumlah kios di Pasar Muara Takus saat ini sekitar 281 kios. Menurut Jalil, gotong-royong ini melibatkan para kepala pasar dan karyawan di bawah naungan Cabang II PD Pasar Kota Medan.

"Konsentrasi Jumat Bersih kita pada hari ini di Pasar Muara Takus. Apalagi pasar ini seperti rencana pak Dirut akan dijadikan pasar (kampung) millennial. Setelah ini kondisinya akan dibenahi," kata Jalil.

2. Dialog rencana Kampung Millennial 15 Januari 2020 mendatang

Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 JamPasar Muara Takus Medan yang akan dijadikan Kampung Millennial (IDN Times/Yurika Febrianti)

Terkait rencana Kampung Millennial, jelas Jalil, dijadwalkan dalam Minggu depan akan dilaksanakan dialog publik di Pasar Muara Takus. Nantinya dalam dialog tersebut akan menghadirkan instansi terkait Pemko Medan seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Dinas Perdagangan.

"Dialog direncanakan pada tanggal 15 Januari 2020 depan. Keterlibatan instansi terkait dalam dialog nanti sangat penting untuk menyatukan persepsi dan pemikiran soal rencana ini (Kampung Millennial)," katanya.

3. Menjadikan pendapatan asli daerah masyarakat kota Medan

Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 JamDirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya saat meninjau pasar (IDN Times/Yurika Febrianti)

Sebelumnya Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengatakan konsep Kampung Millennial di Pasar Muara Takus akan menampung generasi millennial  yang memiliki ide-ide kreatif untuk dipasarkan.

"Di sini juga nantinya akan menyajikan kuliner khas daerah dan produk-produk kerajinan UMKM binaan Dinas Perdagangan. Kita juga akan menampilkan band-band lokal untuk menyemarakkan suasana. Kampung Millennial ini rencananya buka 24 jam. Kita coba buat jadi Malioboronya Medan. Ini bisa menjadi salah satu ikon Kota Medan untuk mendatangkan wisatawan lokal, regional dan mancanegara sehingga menjadi sumber pendapatan asli daerah," kata Rusdi Sinuraya.

4. Melibatkan pedagang Warkop eks Elisabeth, pedagang Pagaruyung

Pasar Muara Takus Dibenahi, Kampung Millennial Medan Akan Buka 24 JamPasar Muara Takus Medan yang akan dijadikan Kampung Millennial (IDN Times/Yurika Febrianti)

Menurut Rusdi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan paguyuban pedagang Warung kopi (Warkop) eks Elisabeth (Taman Ahmad Yani) dan komunitas pedagang Pagaruyung yang diberi ruang untuk berjualan di Kampung Millennial. Termasuk juga akan berkoordinasi dengan Dinas Koperasi yang banyak memiliki pelaku UMKM binaan, Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Dinas Perdagangan.

"Soal rencana ini, kita (PD Pasar Kota Medan) juga akan berkoordinasi ke Pemko Medan selaku pemilik aset lahan dan bangunan di Pasar Muara Takus," pungkasnya.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya