Millennial Ganjar Sumut Ajak Siswa Tanamkan Sikap Antikorupsi

Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia

Medan, IDN Times- Para millennial yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center (GMC) Sumut melakukan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia yang diperingati setiap 9 Desember. Mereka menggelar sosialisasi sikap antikorupsi kepada ratusan siswa sekolah di Yayasan Perguruan (YP) Bina Bersaudara 1 Medan, Jumat (9/12/2022).

Koordinator Wilayah GMC Sumut Yusuf Elfa Sagala mengatakan penting untuk menanamkan sikap antikorupsi sejak dini. Terutama di kalangan pelajar.

"Ini memberikan edukasi dan wawasan kepada siswa, agar memahami atau mengetahui dampak yang terjadi pada praktik korupsi tersebut," ujar Yusuf.

1. Tidak korupsi sejak dari sekolah

Millennial Ganjar Sumut Ajak Siswa Tanamkan Sikap AntikorupsiMillennial Ganjar Sumut sosialisasikan sikap antikorupsi ke siswa di Medan (Dok.Istimewa)

Yusuf menyebut generasi mendatang harus memiliki sikap anti korupsi. Yusuf menekankan pentingnya peran lingkungan sekolah untuk menanamkan sikap anti korupsi. Keterlibatan siswa dalam anti korupsi dapat dibagi dalam dua wilayah, yakni individual dan komunitas.

"Untuk individual, di sini siswa dapat mencegah agar dirinya tidak berperilaku koruptif dan tidak korupsi. Sedangkan konteks komunitas siswa dapat mencegah agar rekan-rekannya sesama siswa maupun tergabung dalam OSIS tidak berperilaku koruptif dan korupsi," Jelas Yusuf.

Baca Juga: Mengenal Cornel Simanjuntak, Pahlawan Asal Sumut yang Terlupakan

2. Akan lakukan kolaborasi ke berbagai sekolah

Millennial Ganjar Sumut Ajak Siswa Tanamkan Sikap AntikorupsiMillennial Ganjar Sumut sosialisasikan sikap antikorupsi ke siswa di Medan (Dok.Istimewa)

Millennial Ganjar Sumut kembali melakukan kolaborasi di sejumlah sekolah di Sumut agar lebih banyak siswa yang paham bahaya korupsi terhadap bangsa.

"Jadi, sudah sejak dini memahami korupsi. Tentu, mereka akan menjadi pemimpin yang sesuai diharapkan untuk mewujudkan Indonesia emas tersebut," bebernya.

3. Sikap antikorupsi harus ditanamkan sejak dini

Millennial Ganjar Sumut Ajak Siswa Tanamkan Sikap AntikorupsiIlustrasi Koruptor (IDN Times/Mardya Shakti)

Sementara Kepala Sekolah SMK Bina Bersaudara I Medan Muhammad Nahlan Lubis mengatakan, wawasan antikorupsi harus ditanamkan sejak dini. Ini menjadi benteng yang baik bagi siswa ke depan.

"Selain itu, ini membangun jati diri agar tidak melakukan korupsi. Efek baiknya mereka telah mengetahui dampak dan bahaya jika melakukan praktik korupsi yang tentunya menghancurkan negara ini," ucapnya.

Baca Juga: Menteri Yasonna, Najwa Shihab, hingga Ganjar Siap Ramaikan Pekan HAM

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya