Meninggal, Kodrat Shah dan Baskami Ginting Masih Dulang Banyak Suara

Kodrat caleg DPR RI sementara Baskami caleg DPRD Sumut

Medan, IDN Times- Beberapa calon legislatif dari Sumatra Utara meninggal dunia jelang Pemilu legislatif 2024 lalu. Tercatat nama caleg DPR RI dari Partai Hanura Kodrat Shah dan caleg DPRD Sumut Baskami Ginting mengembuskan napas terakhirnya saat namanya sudah tercatat masuk Daftar Caleg Tetap (DCT) KPU.

Uniknya, keduanya masih mendulang cukup banyak suara. Soalnya nama keduanya sudah tercetak masuk di surat suara. 

Berikut perolehan suara Kodrat Shah dan Baskami Ginting dari website resmi Pemilu 2024 hingga Senin (19/2/2024). 

1. Kodrat Shah kumpulkan 800-an suara

Meninggal, Kodrat Shah dan Baskami Ginting Masih Dulang Banyak SuaraSekjen DPP Partai Hanura Kodrat Shah meninggal dunia, Kamis (30/11/2023) di RS Abdi Waluyo, Jakarta, karena sakit. (Dok. Partai Hanura)

Dari 10 caleg Hanura yang bertarung di Dapil Sumut 1, Kodrat Shah meraih suara terbanyak keempat. Ada 806 suara untuk Sekjen Partai Hanura itu.

Sementara suara terbanyak sementara diraih Yulika Hasanah dengan 1.943 suara, Saut Tulus Situmorang dengan 1.920 suara dan Ade Silvi Puspa Sari dengan 1.107 suara.

2. Baskami urutan ketiga peraih suara terbanyak PDIP di Dapil 2

Meninggal, Kodrat Shah dan Baskami Ginting Masih Dulang Banyak SuaraKetua DPRD Sumut Baskami Ginting Meninggal Dunia (Instagram @humasdprdsumut).

Sementara itu Baskami yang bertarung di dapil Sumut 2 untuk DPRD Sumut sudah mengumpulkan 1.147 suara hingga hari ini. Suaranya menjadi yang terbanyak ketiga di Dapil itu dari PDI Perjuangan setelah Dameria Pangaribuan dengan 1.920 dan Meryl Rouli Saragih dengan 1.896 suara. 

3. Kodrat dan Baskami diduga meninggal karena serangan jantung

Meninggal, Kodrat Shah dan Baskami Ginting Masih Dulang Banyak SuaraKader Pemuda Pancasila antar jenazah Kodrat Shah sampai liang lahat (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Kodrat meninggal dunia di Jakarta 30 November 2023 diduga karena serangan jantung. Selain Sekjen Partai Hanura, diketahui Kodrat sebelumnya menjabat Ketua MPW Pemuda Pancasila Sumatra Utara. Dia juga menjabat Ketua Asprov PSSI Sumut.

Sementara Baskami meninggal 7 Februari 2024 tepat sepekan sebelum Pemilu 2024. Ditemukan pingsan di Kantor DPRD Sumut dan dibawa ke Rumah Sakit Siloam, kemudian dinyatakan meninggal.

Baskami diketahui menjabat Ketua DPRD Sumut. Dia terpilih pada Pemilu 2019 lalu di bawah bendera PDI Perjuangan.

Saat ini data yang masuk masih 35 persen suara. Artinya perolehan suara kedua almarhum masih mungkin terus bertambah.

Sebelumnya Komisioner KPU Sumut Robby Effendy mengatakan sesuai dengan peraturan tertulis di PKPU Nomor 10 Tahun 2023 tentang pencalonan yang tertera dalam Pasal 87 ayat 1 terkait pembatalan anggota DPR, DPRD Provinsi atau DPRD Kabupaten/Kota maka KPU Sumut akan memerintahkan KPU kabupaten/kota/KPPS untuk mengumumkan di TPS bahwa caleg yang bersangkutan tidak lagi menjadi caleg karena meninggal dunia.  

"Kalau ada yang mencoblos namanya maka perolehan suaranya itu ke parpol yang bersangkutan," ujar Robby pada 8 Februari 2024 lalu.

Baca Juga: Jadi Partai Penguasa, Golkar Unggul di 12 Wilayah Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya