Comscore Tracker

Theo Ginting, Wakil Bupati yang Bikin Karo United Promosi Liga 2

Saat ini menjabat Presiden Karo United dan Ketua Asprov Karo

Medan, IDN Times- Nama Theopilus Ginting mencuat di Kabupaten Karo dan Sumatra Utara dalam beberapa tahun terakhir. Ia mencuat sejak berhasil membawa Karo United lolos sebagai juara Liga 3 Sumatra Utara dengan menjabat manajer.

Kini Theo, sapaan akrabnya memimpin Kabupaten Karo sebagai wakil Bupati dari Cory Sriwaty Sebayang. 

Seperti apa sosok Theopilus? IDN Times menyajikan sekilas profil tentang Wakil Bupati yang gila bola ini.

Baca Juga: Kardinata Tarigan, Putra Lokal yang Bawa Karo United Promosi Liga 2

1. Theo adalah seorang kontraktor sebelum terjun ke politik

Theo Ginting, Wakil Bupati yang Bikin Karo United Promosi Liga 2Cory Sebayang-Theo Ginting memenangi Pilkada Kabupaten Karo 2020 (Facebook Theopilus Ginting)

Theo merupakan warga asli Karo. Dia lahir di Kabanjahe, 26 Juni 1978. Masa SD hingga SMA dihabiskannya di Kabanjahe. Theo kemudian menghabiskan masa kuliahnya Universitas Padjajaran Bandung.

Dari situ, Theo menekuni dunia kontraktor sebelum terjun ke dunia politik. Putra dari Permei Ginting dan Martha Kaban ini kemudian muncul ke publik saat menjabat sebagai manajer klub Karo United.

Hasilnya Theo mampu mengantar Laskar Simbisa, julukan Karo United, sebagai juara Liga 3 Sumut tahun 2019. Meskipun saat itu Karo United berstatus tim debutan. Hingga kini Theo menjabat Presiden klub Karo United dan masih aktif mengikuti perkembangan Karo United.

2. Memenangkan Pilkada 2020 bersaing dengan empat calon lainnya

Theo Ginting, Wakil Bupati yang Bikin Karo United Promosi Liga 2Cory Sebayang-Theo Ginting memenangi Pilkada Kabupaten Karo 2020 (Facebook Theopilus Ginting)

Pada Pilkada 2020, Theopilus dipinang Cory Sebayang. Cory adalah wakil Bupati Karo yang sebelumnya mendampingi Terkelin Brahmana. Cory-The diusung Partai Gerindra dan Perindo.

Pilkada Karo sendiri juga cukup ketat karena diikuti 5 paslon. Cory-Theo mengalahkan empat rival lainnya. Jusua Ginting/Saberina Tarigan, Cuaca Bangun/Agen Purba, Iwan Depari/Budianto Surbakti, dan Yus Felesky Surbakti/Paulus Sitepu. Cory-Theo hanya unggul tipis dari dua paslon lainnya. Mereka unggul 7.589 suara dari rivalnya Jusua Ginting/Saberina Tarigan yang meraih 52.019 suara.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karo mengumumkan Cory-Theo meraih total 59.608 suara.

3. Terobosan saat memimpin Karo

Theo Ginting, Wakil Bupati yang Bikin Karo United Promosi Liga 2Presiden Baru Karo United, Theopilus Ginting (kanan) (IDN Times/Arifin Al Alamudi)

Sebagai Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting memiliki kontribusi yang tinggi terhadap pelayanan masyarakat yang salah satunya dengan adanya program smart city. Theopilus Ginting bekerja sama dengan beberapa pihak dalam perancangan program smart city.

Pemajuan layanan kesehatan merupakan salah satu program yang Theopilus Ginting rancang sebelum menjabat sebagai Wakil Bupati Karo. 

Beberapa saat yang lalu, Theopilus Ginting berhasil memecahkan permasalahan dengan memberikan solusi atas harga Kopi Karo yang tidak menentu. Kopi Karo merupakan salah satu produk unggulan dari Kabupaten Karo yang cukup terkenal.

Theogilus Ginting sangat memperhatikan keadaan UMKM di wilayah Karo, upaya yang dilakukan Teophilus Ginting dalam memberdayakan UMKM di wilayah Karo yaitu dengan pembinaan berkelanjutan, pemberian fasilitas baik mesin penggiling kopi dan membuka pasar peluang digital untuk pemasaran kopi lebih lanjut.

4. Bawa Karo United Promosi ke Liga 2, sejajar dengan PSMS Medan

Theo Ginting, Wakil Bupati yang Bikin Karo United Promosi Liga 2Karo United meraih peringkat ketiga Liga 3 Zona Sumut (foto official Karo United)

Karena keseriusannya menangani tim sepakbola Karo United, ia ditunjuk menjadi Presiden Karo United pada Juli 2021 hingga saat ini. Dia juga menjabat Ketua Asosiasi Sepak Bola Kabupaten (Askab) Karo.

Di bawah kepemimpinannya, Karo United membuat kejutan di Liga 3. Menjadi juara ketiga Liga 3 Zona Sumut dan melaju ke babak nasional. 

Di babak nasional, timnya berhasil meraih tiket promosi ke Liga 2. Tak disangka, tim yang baru berusia 3 tahun ini sudah satu kasta dengan PSMS Medan dan PSDS Deli Serdang yang usianya jauh lebih tua.

Baca Juga: Jejak Karo United, Belum Genap Berusia 3 Tahun Sudah Promosi Ke Liga 2

Topic:

  • Doni Hermawan
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya