Medan Kebanjiran Lagi, Wali Kota Bobby Usulkan Kolam Retensi

Banjir disebabkan drainase dan sungai meluap

Medan, IDN Times- Hujan deras yang mengguyur kota Medan dan sekitarnya sejak Jumat (18/11/2022) malam hingga Sabtu (19/11/2022) pagi menyebabkan banjir di sejumlah daerah Medan dan sekitarnya.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution pun melakukan pemantauan di sejumlah daerah. Salah satunya di Jalan Perjuangan, Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal. Termasuk warga yang mengungsi, Sabtu (19/11/2022) dini hari.

"Banjir di kota Medan karena curah hujan tinggi, baik perkotaan juga di gunung, hulu. Ini beberapa sungai di Medan meningkat ketinggian airnya. Drainase kita penuh dan air tidak bisa masuk ke sungai. Itu menyebabkan banjir," kata Bobby.

 

1. Kolaborasi dengan BWS agar sungai bisa dinormalisasi

Medan Kebanjiran Lagi, Wali Kota Bobby Usulkan Kolam RetensiBanjir di wilayah Medan dan sekitarnya, Sabtu (19/11/2022) (IDN Times/Doni Hermawan)

Bobby mengatakan, drainase berfungsi sebagai saluran pembuang dan penghubung curahan air hujan yang ada di satu titik menuju titik menuju sungai. "Bukan berarti drainase itu dibangun langsung hilang banjir. Drainase mengalirkan air menuju sungai. Karena wilayah BWS, kita kolaborasi," kata Bobby.

"Normalisasi sungai agar jika di gunung hujan dan di perkotaan hujan secara bersamaan ketinggian air tidak meningkat seperti tadi malam," bebernya.

Baca Juga: Banjir di Kota Medan, Warga Kampung Aur Naik ke Loteng Rumah

2. Usulkan pembuatan kolam retensi

Medan Kebanjiran Lagi, Wali Kota Bobby Usulkan Kolam RetensiWali Kota Medan Bobby Nasution (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Bobby mengatakan untuk mengatasi permasalahan ini, pihaknya mengusulkan dibuatnya kolam retensi. "Pembuatan kolam-kolam retensi mau kita buat. Jadi kalau hujan bisa menampung sementara air di kolam retensi baru dialirkan ke sungai. Ada dua penyebabnya tadi, drainase dan sungai," tambahnya.

3. Bobby imbau warga tak buang sampah di saluran air

Medan Kebanjiran Lagi, Wali Kota Bobby Usulkan Kolam RetensiIlustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Menantu Presiden Joko 'Jokowi' Widodo itu juga mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Terutama di aliran sungai.

"Keapada teman-teman jangan buang sampah di aliran air, Baik itu drainase maupun sungai. Nanti terasa dampaknya bukan sekarang. Bukan saat buang sampah tapi pada saat hujan," kata Bobby.

Baca Juga: [BREAKING] Hujan Sejak Petang, Medan Direndam Banjir Sejumlah Titik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya