MAN 1 Medan Terapkan Tes Urine untuk Siswa Baru 

MAN 1 Medan terapkan berbagai program unggulan

Medan, IDN Times- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan memberlakukan pemeriksaan atau tes urine sebagai syarat masuk bagi siswa dan siswi Tahun Ajaran 2022/2023. Hal itu untuk mendukung pemerintah memberantas narkoba. 

Kepala MAN 1 Medan Reza Faisal, mengungkapkan, pelaksanaan tes urine ini wajib diikuti oleh peserta didik baru setelah pendaftaran ulang.

"Pelaksanaan tes urine dilakukan di sekolah. Kita bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumut. Dengan kerja sama ini, siswa diberikan keringanan biaya tes urine. Ada subsidi," ujar Reza, didampingi ketua panitia PPDB Hj Syarifah Jaitun dan KTU Ikhwanul Hakim Dasopang, Kamis (30/6/2022).

Untuk biaya tes urine ini, siswa dikenakan Rp100 ribu kepada BNNP Sumut.
"Sebenarnya biayanya tidak segitu. Tapi karena kita bekerja sama, jadi para siswa ini dapat subsidi untuk meringankan mereka," tambah Reza.

1. MAN 1 Medan sedang dalam proses digitalisasi sekolah

MAN 1 Medan Terapkan Tes Urine untuk Siswa Baru Siswa dan siswi baru di MAN 1 Medan jalani tes urine (Dok.Istimewa)

Reza mengatakan, sebelumnya prosesi Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 pada Madrasah Aliyah Negeri ( MAN) 1 Medan yang baru digelar berjalan lancar dan sukses dengan beberapa program unggulan. "Alhamdulillah, Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) telah kita lalui dengan baik dan lancar" ungkapnya.

Madrasah yang berlokasi di Jalan Willem Iskandar ini, MAN 1 Medan akan mengembangkan digitalisasi madrasah. Untuk mempercepat serta menyempurnakan proses transformasi, serta peningkatan kualitas sekolah agar lebih maju hingga satu-dua tingkat daripada sebelumnya, satu di antara langkahnya adalah digitalisasi sekolah.

"Sejalan dengan itu Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan berencana akan meningkatkan fasilitas pendidikan dengan melengkapi ruang-ruang kelas dengan perangkat digital, termasuk kamera AI (Artificial Intelligence)," terangnya.

Baca Juga: Pesantren Darularafah Raya Tingkatkan Kualitas Program Tahfiz Qur'an

2. Program unggulan madrasah mendapat dukungan orangtua siswa

MAN 1 Medan Terapkan Tes Urine untuk Siswa Baru Siswa dan siswi baru di MAN 1 Medan jalani tes urine (Dok.Istimewa)

Sesuai dengan Peraturan Menteri Agama (PMA) Republik Indonesia No.16 Tahun 2020 tentang Komite Madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan pelayanan madrasah dan pengembangan madrasah, Komite MAN 1 Medan telah mengundang orangtua calon siswa-siswi untuk mengikuti rapat komite.

Dalam rapat komite tersebut banyak hal yang dibicarakan mulai dari perlengkapan siswa, pengembangan madrasah, juga termasuk program unggulan madrasah, digitalisasi madrasah yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa-siswi madrasah menuju madrasah mandiri berprestasi.

"Alhamdulillah, dalam rapat komite dengan para orangtua calon siswa-siswi beberapa hari lalu, mereka dapat memahami dan menyepakati program unggulan dan rencana madrasah yang kita sampaikan serta mendukung program tersebut. Kesepakatan yang telah dibuat dirangkum dalam berita acara rapat komite pada hari Sabtu 25 Juni 2022 di forum rapat komite,” ujarnya.

Reza menjelaskan, untuk menunjang peningkatan mutu pendidikan pelayanan madrasah, ada 19 buku yang wajib dimiliki siswa. Bagi siswa yang tidak mampu secara ekonomi, MAN 1 Medan akan memberi bantuan dengan melengkapi syarat-syarat yang diperlukan seperti surat miskin dari kelurahan atau desa.

3. Dalam program SKS, siswa yang miliki kecerdasan bisa tamat 2 tahun

MAN 1 Medan Terapkan Tes Urine untuk Siswa Baru Siswa dan siswi baru di MAN 1 Medan jalani tes urine (Dok.Istimewa)

Sementara itu WKM Kesiswaan, Syarifah mengatakan, MAN 1 Medan telah dua tahun menerapkan program SKS pada siswa-siswi dan telah menamatkan sebanyak 12 orang. Dalam Program SKS ini, kata Syarifah, seseorang siswa yang memiliki kecerdasan bisa tamat dalam waktu dua tahun.

“Seseorang anak jangan sampai berhenti belajar hanya karena ketidakmampuan ekonomi orangtua" kata Syarifah.

Lebih lanjut Ketua PPDB mengatakan, saat ini merupakan tahap akhir dari semua proses PPDB yaitu daftar ulang dan tes urine bagi calon siswa yang diyatakan lulus seleksi. “Hal ini sangat penting untuk deteksi dini para calon siswa-siswi dari penyalahgunaan narkotika. Dalam hal tes urine MAN 1 Medan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut," kata Syarifah.

Baca Juga: Dianggap Meresahkan, Gubernur Edy Dukung Holywings Ditutup di Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya