Konservasi Ekosistem Danau Toba, Inalum Berikan 15 Ribu Bibit Pohon

Akan ditanam Kodim 0210 Taput

Tapanuli Utara, IDN Times- Upaya konservasi ekosistem di Danau Toba terus dilakukan PT Indonesia Asahan Aluminium atau Inalum. Teranyar bantuan 15 ribu bibit pohon diberikan ke Kodim 0210 Tapanuli Utara.

Dukungan tersebut dilakukan agar penghijauan di sekitar Danau Toba terus berlanjut dan dikembangkan.

Corporate Secretary Inalum Mahyaruddin Ende menyebut bahwa program ini dilakukan sebagai respon terhadap konservasi ekosistem Danau Toba dengan melakukan penghijauan dan kepedulian terhadap lingkungan yang berada di sekitar perusahaan.

"Sebagai sebuah perusahaan yang berkomitmen untuk menghadirkan operasi perusahaan yang mengedepankan perlindungan lingkungan serta pencegahan pencemaran lingkungan, program penghijauan dan penanaman bibit pohon ini perlu untuk selalu dipantau dan dikembangkan. Dengan melakukan penanaman 15 ribu bibit pohon tentunya akan membawa dampak yang sangat baik bagi lingkungan,” ujar Mahyaruddin dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (1/2/2024).

1. Bibit dari program PCD Kebun Bibit Raya Samosir dan juga program PES Nursery

Konservasi Ekosistem Danau Toba, Inalum Berikan 15 Ribu Bibit PohonInalum memberikan 15 ribu bibit pohon ke Kodim Taput (Dok.Inalum)

Penyerahan bantuan 15 ribu bibit pohon ke Kodim Tapanuli Utara diterima langsung  Dandim 0210 Taput, yakni Letkol Saiful Rizal. Seluruh bibit tersebut diambil dari program PCD  Kebun Bibit Raya Samosir dan juga program PES Nursery di Kompi Senapan A Yon 125 Balige yang sudah berhasil dilaksanakan sebelumnya.

2. Kodim 0210 akan tanam bibit pohon dari Inalum

Konservasi Ekosistem Danau Toba, Inalum Berikan 15 Ribu Bibit PohonPanorama Danau Toba di Haranggaol (IDN Times/Eko Agus Herianto)

Letkol Saiful Rizal menyebutkan, bibit pohon yang telah diberikan PT Inalum akan ditanam dan dimanfaatkan dengan baik. Diharapkan pula, Danau Toba ke depannya akan lebih hijau dan asri.

“Kami dari Kodim 0210 Sumatra Utara mengucapkan terima kasih atas kontribusi dan bantuan dari PT Inalum, dalam rangka melaksanakan reboisasi di sekitar wilayah Danau Toba. Bibit pohon tersebut akan kami tanam dengan harapan ke depannya Danau Toba bisa lebih hijau, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar. Kami bersama Inalum akan selalu berupaya untuk menjaga dan merawat wilayah Danau Toba,” tutur Letkol Saiful Rizal.

3. Program pelestarian keanekaragaman hayati flora dan fauna dilakukan sejak 2019

Konservasi Ekosistem Danau Toba, Inalum Berikan 15 Ribu Bibit Pohonilustrasi pohon (pexels.com/Lum3n)

Sejak tahun 2019, PT Inalum melaksanakan program-program pelestarian keanekaragaman hayati flora dan fauna sekitar kawasan operasional PLTA Paritohan dan Danau Toba. Mahyaruddin mengatakan, ini sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam menjaga energi hijau perusahaan dan langkah strategis perusahaan dalam menjaga warisan Indonesia untuk generasi selanjutnya.

Baca Juga: Azizi, Local Hero Inalum di Balik Konservasi Mangrove Pantai Sejarah 

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya