Keluarga Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Bripka AS di Samosir

Keluarga juga pertanyakan asal usul racun sianida

Medan, IDN Times- Keluarga Bripka AS terus berjuang untuk mengusut kematian anggota Satlantas Polres Samosir itu. Lewat kuasa hukumnya JnR Law Firm, keluarga meminta Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo turun tangan mengungkap tabir kematian Bripka AS yang disimpulkan sebagai kasus bunuh diri karena racun sianida.

Hal itu disampaikan kuasa hukum keluarga, Fridolin Siahaan didampingi istri almarhum saat konfrensi pers di Medan, Selasa (21/3/2023). 

"Banyaknya kejanggalan yang terjadi, maka kami mendesak Bapak Kapolri Listyo Sigin Prabowo mengusut tuntas kematian Bripka AS. Selain itu kami meminta Pak Kapolri membentuk tim khusus untuk mengungkap hal ini," kata Fridolin.

Diketahui Bripka AS ditemukan tewas pada 6 Februari 2023 dan jenazahnya ditemukan anggota Sat Narkoba Polres Samosir. Bripka AS juga dikaitkan dengan dugaan penggelapan pajak. 

Sebelumnya tim kuasa hukum mendampingi keluarga almarhum membuat laporan ke Polda Sumut pada 17 Maret 2023 lalu soal kejanggalan kematian Bripka AS.

1. Sederet kejanggalan yang diungkap keluarga

Keluarga Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Bripka AS di SamosirKuasa hukum dan keluarga meminta kematian Bripka AS diusut tuntas (IDN Times/Doni Hermawan)

Fridolin mengatakan, sederet kejanggalan yang dimaksudnya soal kematian Bripka AS juga dikaitkan dengan dugaan penggelapan pajak kendaraan bermotor. Salah satu kejanggalan yang dimaksud adalah ditemukannya resapan darah diduga akibat benda tumpul. Padahal dari kesimpulan kematian korban adalah ditemukannya racun sianida atau HCN.

"Dari hasil keterangan dokter forensik saat konferensi pers 14 Maret lalu ditemukannya luka memar atau resapan darah pada kepala belakang almarhum Bripka AS yang disebabkan benda tumpul. Sampai saat ini surat hasil autopsi belum kami terima," kata Fridolin.

"Kebetulan Bapak Uda (Paman) istri almarhum melihat langsung di RS Bhayangkara Medan, saat jenazah ditarik terjadi peninggalan bekas dari kepala," tambahnya.

Baca Juga: Sebut Kematian Bripka AS Janggal, Keluarga Lapor ke Polda Sumut

2. Asal usul racun Sianida juga masih jadi pertanyaan keluarga

Keluarga Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Bripka AS di SamosirKuasa hukum dan keluarga meminta kematian Bripka AS diusut tuntas (IDN Times/Doni Hermawan)

Fridolin mengatakan asal usul racun sianida hingga kini jadi pertanyaan keluarga."Saat konfrensi pers di Samosir Kapolres mengatakan jika tidak mendalami soal racun itu dan hanya berbekal hasil googling soal pemesanan sianida lewat online. Kemudian Kasat Reskrim Polres Samosir pada 20 Maret menyebut almarhum Bripka AS memesan sianida lewat aplikasi online pada 23 Januari 2023. Sementara dari Surat pengaduan keluarga 27 Februari 2023 di bidang propam, HP almarhum Bripa AS telah disita Kapolres Samosir pada 23 Januari. Sampai saat ini HP itu masih belum dikembalikan, padahal dari situ kita bisa tahu jam berapa pemesanan sianida itu. Dari resi tidak kita dapatkan jam pemesanannya," beber Fridolin.

Racun Sianida itu sendiri diterima pada 30 Januari 2023 di Kantor Samsat Samosir pukul 21.49 WIB. 

3. Keluarga juga minta Kapolri usut kasus penggelapan pajak tidak hanya dilimpahkan ke almarhum

Keluarga Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Bripka AS di SamosirKuasa hukum dan keluarga meminta kematian Bripka AS diusut tuntas (IDN Times/Doni Hermawan)

Selain itu Fridolin mengatakan pada 4 dan 5 Februari 2023, istri Bripka AS sempat membuat laporan soal suaminya yang tak kembali ke rumah sejak berangkat kerja pada 3 Februari 2023. Sebelum akhirnya ditemukan tewas 6 Februari 2023.

"Tapi mereka tidak mau menerima laporan istri Almarhum Bripka AS dengan alasan belum 3x24 jam. Ketika jenazah Bripka AS ditemukan pada 6 Februari 2023, istri lamarhum Bripka AS tidak dibawa ke TKP, sementara saat itu dia sedang berada di Polres," kata Fridolin.

Selain itu pada 8 Februari 2023, Fridolin mengatakan Polres Samosir menolak melakukan penguburan almarhum Bripka AS secara kedinasan. "Hal ini dikarenakan almarhum dinyatakan melakukan bunuh diri berdasar surat pernyataan yang dibuat Kabag SDM polres Samosir, sedangkan saat itu hasil autopsi belum keluar," bebernya.

Untuk itu kuasa hukum dan keluarga juga meminta Kapolri mengusut tuntas penggelapan pajak yang dialamatkan ke Bripka AS dengan lebih terang. Sejauh ini baru Bripka AS yang ditetapkan sebagai tersangka. 

"Kami juga mendesak semua pelaku yang terlibat khususnya penggelapan pajak diungkap dan melibatkan pegawai Bapenda.Kami akan menyurati dalam waktu dekat ke Mabes Polri. Komisi III DPR RI, Menkopolhukam. Komnasham dan instansi terkait agar cepat perkara ini diusut tuntas," pungkasnya.

4. Kronologi kematian Bripka AS dan kasus penggelapan pajak

Keluarga Minta Kapolri Turun Tangan Usut Kematian Bripka AS di SamosirIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Seperti diketahui almarhum Bripka AS juga diungkap soal dugaan terlibat kasus penggelapan pajak kendaraan bermotor di UPT Samsat Pangururan. Ada ratusan orang yang disebutkan jadi korban.

Kasat Reskrim Polres Samosir AKP Natar Sibarani mengatakan, awalnya ada laporan dari warga pada Rabu 25 Januari 2023 pukul 09.00 WIB soal permasalahan pajak di Samsat Samosir.

"Pelapor terkejut adanya tunggakan yang dialaminya sebesar 6.222.674. Pelapor bertanya ke loket pembayaran, lalu dijelaskan pelapor belum membayar pajak 2022. Padahal seingat pelapor, dia tidak pernah tidak membayar pajak kendaraannya. Satreskrim melakukan penyelidikan dan ternyata ada tunggakan," kata Natar.

Tak hanya satu orang, ada ratusan orang mengalami hal serupa dan melaporkan. Total kerugian korban yang diungkap Polres Samosir mencapai Rp2,5 miliar. Sebanyak Rp1,3 miliar ditudingkan ke Bripka AS.

Kasatlantas Polres AKP Yuswanto mengungkap jumlah tunggakan korban yang ada di pelaku sebesar Rp1.329.797.593. "Yang sudah dibayarkan 650.365.406. Sisanya tinggal 679.433.197," kata Yuswanto.

 Kemudian lebih sepekan setelah itu, tepatnya 6 Februari 2023 jenazah Bripka AS ditemukan anggota Satres Narkoba Polres Samosir. "Kita menemukan dan melihat ada sesosok manusia bertelungkup. Mendatangi TKP dan mengetahui ini adalah Bripka AS," kata Kapolres Samosir, AKBP Yogie Hardiman saat konfrensi pers di Polres Samosir, 14 Maret 2023 lalu.

Jenazah lalu dibawa ke forensik RS Bhayangkara Medan. Hasilnya dari penyelidikan diketahui terdapat racun sianida dalam tubuh jenazah Bripka AS.

"Penyebab kematian masuknya sianida ke saluran makan hingga ke lambung. disertai adanya pendarahan bagian kepala akibat benda tumpul. Diduga korban sudah meninggal 3 hari," kata dokter forensik.

Polisi menyimpulkan Bripka AS tewas karena dugaan bunuh diri. AKBP Yogie mengatakan tidak sampai menelusuri dari mana racun Sianida itu diperoleh korban. Di sekitar korban ditemukan sebuah botol minuman soda. Selain itu ada tas berisi beberapa BPKB dan STNK milik orang lain.

Baca Juga: 7 Fakta Polisi Gelapkan Pajak di Samosir Lalu Tewas karena Sianida

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya