Inalum Bekali Pemuda Kompetensi dan Keterampilan di Bidang Keamanan

Pemuda butuh keterampilan biar gak menganggur

Batubara, IDN Times - PT Inalum (persero) membekali para pemuda sekitar perusahaan untuk kompetensi di bidang keamanan. Para pemuda sekitar Kabupaten Batubara itu dibekali pelatihan Satuan Pengamanan (Satpam) atau security.

Kegiatan yang digelar di MPH Tanjung Gading, Batubara, sejak Minggu 2 Agustus-21 Agustus 2020 ini diikuti sekitar 20 pemuda lokal di sekitar wilayah operasional pabrik peleburan Inalum Kuala Tanjung. Inalum menggandeng lembaga professional di bidang pelatihan satpam yakni PT Gada Pratama Mukti, Lubuk Pakam.

1. Jika ada peluang kerja, mereka sudah mengantongi sertifikat

Inalum Bekali Pemuda Kompetensi dan Keterampilan di Bidang KeamananProgram pelatihan satpam kepada pemuda sekitar perusahaan Inalum (Dok.IDN Times/istimewa)

Manajer Pemberdayaan Masyarakat Inalum, Ali Hasian Harahap mengatakan, program ini digelar agar pemuda-pemuda sekitar mendapat bekal untuk bekerja nanti. Jika nantinya ada kans masuk kerja, mereka akan masuk.

"Sehingga nanti apabila ada peluang kerja di Perusahaan-perusahaan atau di instansi-instansi sekitar maka peserta sudah memiliki bekal dan diharapkan mampu bersaing untuk mendapatkan peluang pekerjaan tersebut,” ungkap Ali.

 

Baca Juga: Inalum Beri Bantuan 20 Ekor Sapi untuk 16 Desa di Batubara

2. Dari pelatihan sebelumnya, semua pesertanya sudah bekerja

Inalum Bekali Pemuda Kompetensi dan Keterampilan di Bidang KeamananProgram pelatihan satpam kepada pemuda sekitar perusahaan Inalum (Dok.IDN Times/istimewa)

Inalum juga menerapkan protokol kesehatan ketat untuk pelatihan ini. Setiap peserta mengenakan face shield dan berjarak. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan agar dapat menjalani program hingga selesai dan dinyatakan lulus serta mematuhi protokol pencegahan penyebaran COVID-19 saat pelatihan.

Pihak pemuda yang diwakili Ketua Forum Pemuda Kuala Indah (FPPKIN) OK Mahyudin menyampaikan apresiasi terkait program ini terhadap Inalum. Menurutnya program seperti ini sangat bermanfaat untuk masyarakat, terutama pemuda-pemudi di sekitar perusahaan yang sudah lulus SMA namun tidak memiliki kemampuan untuk belajar ke jenjang lebih tinggi.

"Program ini terakhir kami dapati di tahun 2018 lalu, dan Alhamdulillah pesertanya saat ini rata-rata sudah bekerja semua. Semoga peserta tahun 2020 ini juga segera dapat menyusul. Kami mengucapkan terima kasih kepada Inalum atas terselenggaranya kembali program ini dan berharap program ini dapat terus dilaksanakan dan dikembangkan lagi ke depannya,” tutur Mahyudin.

3. Pelatihan-pelatihan kompetensi dan keterampilan dibutuhkan di tengah pengangguran yang masih meningkat

Inalum Bekali Pemuda Kompetensi dan Keterampilan di Bidang KeamananIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara Sekretaris DPD KNPI Batubara, Suliyanto mengatakan para pemuda pemudi Batubara sangat membutuhkan keterampilan agar nantinya bisa bekerja di berbagai instansi yang membutuhkan. Apalagi saat ini angka pengangguran di Batubara masih cukup tinggi.

“Kami bersyukur Inalum selalu menunjukkan kepedulian dan perhatian terhadap masyarakat Batu Bara tak terkecuali kepada Pemuda-pemudi di Kabupaten Batubara. Mudah-mudahan kuotanya bisa bertambah lagi," Suliyanto.

Kepala Desa Kuala Tanjung Usman selaku perwakilan desa, mengatakan desa-desa di Batubara membutuhkan kegiatan-kegiatan positif.

"Semua program ini langsung menyentuh masyarakat sehingga sangat bermanfaat dan kami akan terus berdoa agar kondusivitas wilayah operasional Inalum dapat terus terjaga,” ujar Usman.

Baca Juga: Cegah COVID-19, Ini Bantuan Inalum untuk RSUD Batubara

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya