Imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah di Banda Aceh dan Sekitarnya

Sebelumnya hilal dipantau di 6 lokasi

Medan, IDN Times- Umat Islam di Indonesia sudah menjalankan 1 Ramadan 1445 Hijriah mulai Selasa (12/3/2024). Meskipun ada perbedaan waktu bulan Ramadan antara pemerintah dan Nahdlatul Ulama dengan Muhammadiyah.

Berdasarkan pemantauan bulan atau hilal di 134 titik di Indonesia, ketinggian hilal di seluruh Indonesia belum memenuhi syarat untuk menjadi bulan baru, karena baru mencapai minus 0 derajat 20,2 menit sampai dengan 0 derajat 52,09 menit.

Sementara di wilayah Aceh, adapun enam lokasi pengamatan rukyatul hilal 1 Ramadan, yakni di Observatorium Teungku Chiek Kuta Karang Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar; Tugu Nol Kilometer Indonesia, Kota Sabang; dan Bukit Blang Tiron Perta Arun Gas, Kota Lhokseumawe.

Kemudian juga di Pantai Lhokgeulumpang Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya; POB Suak Geudubang, Kabupaten Aceh Barat; dan Pantai Nancala Teupah Barat, Kabupaten Simeulue.

“Itu enam lokasi, Insyaallah,” ujar Ketua Tim Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra.

Pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal atau pengamatan bulan menentukan awal bulan baru, yang mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal yang dikonfirmasi lagi lewat pengamatan hilal dengan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yaitu kriteria visibilitas hilal berubah menjadi ketinggian hilal 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Untuk wilayah Banda Aceh dan sekitarnya, berikut imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah.

Imsakiyah Ramadan 1445 Hijriah di Banda Aceh dan SekitarnyaImsakiyah Banda Aceh Ramadan 1445 Hijriah (sumber kemenag Aceh)

Baca Juga: 1.200 Jamaah Padati Masjid Agung Medan pada Tarawih Perdana

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya