Comscore Tracker

Hujan Deras dan Angin Kencang, 3 Rumah di Binjai Rusak

Kerusakan di bagian atap

Binjai, IDN Times - Hujan deras disertai angin kencang dan petir yang melanda Kota Binjai pada Jumat (13/9) sore. Akibatnya tiga rumah warga di wilayah itu mengalami kerusakan.

Staf Pusat Pengendali Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Kota Binjai, Muhammad Surya Wijaya, Jumat (13/9) malam, menyebut, ketiga rumah yang mengalami kerusakan itu terdapat di Kelurahan Binjai Estate, Kecamatan Binjai Selatan.

1. Rumah yang rusak adalah bangunan permanen

Hujan Deras dan Angin Kencang, 3 Rumah di Binjai RusakIDN Times/Handoko

Dalam hal ini, katanya. Dua rumah rusak terletak di Jalan Gunung Bendahara, atas nama pemilik Sudar (40) dan Muklis Wandi (42). Sedangkan satu rumah lagi terletak di Jalan Gunung Karang, atas nama pemilik Yayang Asmara (29).

"Dari hasil pendataan kita, seluruh rumah yang rusak itu merupakan jenis bangunan permanen," jelasnya.

2. Tidak ada korban jiwa

Hujan Deras dan Angin Kencang, 3 Rumah di Binjai RusakIDN Times/Handoko

Secara khusus Surya memastikan, tidak ada korban jiwa ataupun luka akibat musibah tersebut. Pasalnya, ketiga rumah tersebut hanya mengalami rusak ringan, karena hanya sebagian kecil bagian atapnya yang rompal.

"Kita sendiri memperkirakan total kerugian material ketiga pemilik rumah akibat seluruh kerusakan ini jumlahnya tidak lebih dari Rp5 juta," ujarnya.

3. Lebih dari 20 petugas penyelamat gabungan diterjunkan

Hujan Deras dan Angin Kencang, 3 Rumah di Binjai RusakIDN Times/Handoko

Demi menjamin proses rehabilitasi pasca bencana, menurut Surya, BPBD Kota Binjai menerjunkan lebih dari 20 petugas penyelamat gabungan dari Satgas Pusdalops A dan Satgas Penanggulangan Bencana B ke tiga lokasi rumah rusak.

Namun atas permintaan ketiga pemilik rumah, petugas penyelamat gabungan tidak melakukan tindakan yang cukup serius, mengingat kondisi kerusakan cukup ringan dan sepenuhnya mampu ditanggulangi oleh pemiliknya.

"Karena proses rehabilitasi ketiga rumah rusak sepenuhnya dapat ditanggulangi sendiri oleh masing-masing pemilik, maka petugas penyelamat yang kita terjunkan ke lapangan hanya sebatas melakukan pendataan dan pembersihan puing," timpal Surya.

Baca Juga: Ikut Pilkada Binjai, Seorang Dosen Mendaftar ke PDIP

Topic:

  • Doni Hermawan

Just For You