Harapan Petani Tebu di Sumut untuk Prabowo-Gibran

Siap menangkan Prabowo-Gibran satu putaran

Medan, IDN Times - Dewan pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Sumut wilayah Kabupaten Deli Serdang dan Langkat, melakukan deklarasi untuk memenangkan Paslon calon presiden dan calon wakil presiden nomor 02, Prabowo – Gibran.

Deklarasi tersebut dilaksanakan di Jalan Gajah Mada Lingkungan VIII Kelurahan Tunggu Rono, Kecamatan Binjai Timur Kodya Binjai, Selasa (6/2/2024).

Deklarasi dipimpin Ketua DPD APTRI Sumut Wilayah Deli Serdang dan Langkat, Iwan Suwandi. Adapun isi deklarasi tersebut siap memenangkan Prabowo – Gibran satu putaran pada Pilpres 2024.

1. Prabowo Subianto pernah menjadi Ketua Umum HKTI, dan banyak telah berbuat untuk para petani

Harapan Petani Tebu di Sumut untuk Prabowo-GibranAPTRI Sumut deklarasi menangkan Prabowo-Gibran (Dok.APTRI Sumut)

Hadir saat itu, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI ) Soemitro Samadikoen dalam kesempatan itu mengatakan, Prabowo Subianto pernah menjadi Ketua Umum HKTI, dan banyak telah berbuat untuk para petani.

" Pak Prabowo pernah menjadi Ketum HKTI, banyak yang harus kita benahi di dalam sektor pertanian untuk melakukan pembenahan itu pak Prabowo lebih tahu bagaimana caranya, Beliau sudah lama berkecimpung di HKTI yang banyak mengerti masalah petani,” terang Soemitro Samadikoen.

”Di sini kami berharap pak Prabowo mampu memperhatikan dan memperjuangkan nasib para petani jika menjadi presiden," tambah Soemitro Samadikoen.

2. Meningkatkan sarana prasarana pertanian, mulai dari ketersediaan bibit yang unggul

Harapan Petani Tebu di Sumut untuk Prabowo-GibranIlustrasi pertanian (pixabay)

Dalam keterangan tertulisnya, APTRI menitipkan sejumlah hal yang harus diperbaiki, jika Prabowo-Gibran terpilih sebagai pemenang Pemilu 2024. Pertama, meningkatkan sarana prasarana pertanian, mulai dari ketersediaan bibit yang unggul dan mumpuni. Kedua, ketersediaan pupuk bersubsidi bagi keseluruhan kebutuhan tanaman tebu.

Lalu Ketiga, perbaikan infrastruktur pengairan mulai dari pengerukan embung sampai revitalisasi saluran pengairan sampai di sawah. Keempat, perbaikan pabrik gula milik BUMN atau pembuatan pabrik baru.

3. Petani tebu berharap adanya kredit dari perbankan

Harapan Petani Tebu di Sumut untuk Prabowo-GibranSejumlah buruh mengangkut tebu saat panen di pesawahan Desa Bendo, Magetan, Jawa Timur. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Dikatakannya, petani tebu berharap adanya kredit dari perbankan dengan bunga super ringan mulai kredit budidaya tanam, hingga kredit pengamanan gula pada saat panen.

"Mengembalikan kejayaan petani tebu Indonesia, sehingga mampu menjaga kemampuan pangan khususnya gula hasil pengolahan tebu rakyat Indonesia," ungkapnya.

Baca Juga: Tak Terima Jokowi Dituduh Tak Bekerja, Prabowo: Otaknya Kudu Diperiksa

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya