Gaet Pemilih Milenial, KPU Siantar Gelar Konser Musik

Dimeriahkan band SKA Coconut Dancer dan Punxgoaran

Pematangsiantar, IDN Times- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Siantar akan menggelar konser musik di Lapangan Hj. Adam Malik, Sabtu (6/4). Konser yang bertujuan menggaet partisipasi masyarakat terutama millenial dalam pesta demokrasi itu akan dimulai Pukul 16.00 - 23.00 WIB.

Konser yang mengusung tema Pemilih Berdaulat Negara Kuat itu nantinya akan diisi band-band lokal serta band nasional beraliran SKA, Coconut Dancer serta band yang lagi hits, Punxgoaran.

Ketua KPU Siantar Daniel Sibarani mengatakan, kegiatan konser merupakan langkah efektif guna mengundang partisipasi masyarakat. Kegiatan itu sendiri, kata Daniel, berfokus menyasar kaum millenial.

1. Gerak jalan santai dan penandatangan pemilu damai

Gaet Pemilih Milenial, KPU Siantar Gelar Konser MusikIDN Times/Gideon Aritonang

Setelah konser,  esok harinya, KPU Siantar juga menggelar Pemilu Run, Minggu (7/4) pagi, . Kegiatan itu tak lepas dari usaha penyelenggara pemilu itu untuk mendorong masyarakat agar turut berpartisipasi dalam pemilu 17 April 2019.

Komisioner KPU Siantar Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat Nurbaiyah Siregar menjelaskan, Pemili Run merupakan kegiatan jalan santai yang dimulai dari kantor KPU Siantar, Jalan Porsea, Kecamatan Siantar Barat.

"Ada juga acara penandatangan kesepakatan pemilu damai dan door prize," jelasnya saat dihubungi, Jumat (5/4).

Baca Juga: KPU Medan Ajak Milenial dan Masyarakat Meriahkan KPU Run

2. Kontes vlog gaet partisipasi millenial

Gaet Pemilih Milenial, KPU Siantar Gelar Konser MusikIDN Times/istimewa

Sebelumnya KPU Siantar membuat lomba Vlog yang bertemakan 'Milenial Memilih pada 2019'. Perlombaan adu keunikan konsep video itu digelar 10 Maret-5 April 2019.

Nurbaiyah mengaku, kegiatan tersebut mendapat reapon yang baik dari kaum muda. Dimana dengan perkembangan tehknologi saat ini, gadget menjadi barang wajib bagi anak muda. Lomba vlog pun menjadi kesempatan agar millenial dapat memanfaatkan ponsel pintar yang miliki.

Berbagai ide kreatif pun telah dikirim pemuda Siantar di akun instagram masing-masing. Para peserta juga tidak lupa untuk menggunakan #Kpusiantar #relasiwarganetsiantar #sukseskanpemilu2019 #milenialmemilih #antihoax dan #antipolitikuang"Tagar tersebut sebagai syarat untuk mengikuti lomba,"jelasnya.

Pemenang lomba, kata Nurbaiyah, akan diumumkan pada 7 April 2019 pada saat kegiatan Pemilu Run. "Kita lihat saja siapa yang menang," cetus Nurbaiyah.

3. Millenial mendominasi pemilih di Siantar

Gaet Pemilih Milenial, KPU Siantar Gelar Konser MusikIDN Times/istimewa

Tidak dapat dipungkiri, peran serta kaum millenial Siantar dapat merubah suasana pesta demokrasi 17 April 2019 yang akan datang. Maka dari itu, KPU Siantar bekerja keras untuk mendapatkan simpati anak muda di Kota Siantar.

Berdasarkan grafik data KPU Siantar, dari total pemilih 179.099 jiwa, jumlah pemilih dibawah usia 20 tahun sebanyak 17.530 jiwa, usia 21-30 tahun sebanyak 39.822 jiwa. Selanjutnya usia 31-40 tahun berjumlah 37.870. "Jadi pemilih milenial itu mendominasi. Yang termaksud usia lanjut sebanyak 83.877,"ucap Nurbaiyah.

Baca Juga: KPU Pematangsiantar Beri Kemudahan untuk Pemilih Disabilitas

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya