Ditinggal Pergi Berobat, Rumah Suwondo Terbakar di Binjai

30 menit api dipadamkan

Binjai, IDN Times - Masyarakat yang menetap di Jalan Gaharu, Lingkungan 4, Kelurahan Jati Makmur, Kecamatan Binjai Utara, panik, Sabtu (20/7). Asap hitam pekat dan tebal muncul dari salah satu rumah warga di sana. 

Berbondong-bondong masyarakat langsung memadati kediaman yang diketahui milik Suwondo (60). Dengan menggunakan alat seadanya, masyarakat berusaha memadamkan api sembari menunggu petugas pemadam kebakaran. 

"Kejadiannya baru tadi bg, kalau gak salah sekitar pukul 12 siang, kami lihat asap tebal sudah muncul dari rumah bapak itu," kata Roni, salah satu masyarakat sekitar.

Baca Juga: Kebakaran Ruko di Stabat, 1 Orang Tewas dan 2 Luka Bakar

1. 4 Unit mobil pemadam diturunkan

Ditinggal Pergi Berobat, Rumah Suwondo Terbakar di BinjaiIDN Times/Handoko

Tidak menunggu lama, sedikitnya 4 unit mobil pemadan diturunkan. Dengan sigap, petugas lansung berusaha menjinakan api. Dengan usaha yang cukup keras. Akhirnya petugas berhasil memadamkan api yang melalap bagian depan dan samping rumah.

"Tadi kita ada turunkan 4 unit mobil pemadam. Alhamdulillah, dalam waktu 30 menit api dapat kita jinlakan. Kalau kerusakan ditaksir sekitar 60 persen saja api melalap rumah tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Binjai, Ahmad Yani melalui petugas Pusdalops Surya.

2. Rumah ditinggal pergi pemilik yang berobat

Ditinggal Pergi Berobat, Rumah Suwondo Terbakar di BinjaiIDN Times/Handoko

Dirinya menambahkan, saat peristiwa kebakaran itu. Pemilik rumah diketahui sedang berobat ke rumah sakit. Sehingga, tidak ada korban jiwa dalam bencana kebakaran itu.

"Saat kebakaran tidak ada korban jiwa, karena rumah dalam keadaan kosong dan pemilik menurut masyarakat sedang berobat ke rumah sakit," jelasnya.

3. Petugas kepolisian melakukan penyelidikan penyebab kebakaran

Ditinggal Pergi Berobat, Rumah Suwondo Terbakar di BinjaiIDN Times/Handoko

Selain petugas pemadam kebakaran. Turun juga petugas kepolisian guna menetralisir kondisi di lapangan. Selain itu, menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti penjarahan atau pencurian. 

"Anggota kepolisian sedang mengecek lokasi dan menetralisir lokasi. Sejauh ini, kita juga tengah menyelidiki penyebab kebakaran. Dugaan sementara, penyebab akibat korsleting listrik. Pun begitu, kita masih menyelidiki kasus ini," kata Kasubag Humas Polres Binjai Iptu Siswanto Ginting.

Baca Juga: Ruko Penyimpanan Barang Bekas di Stabat Terbakar untuk Kedua Kalinya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya