Dimasukkan dalam Daging Bakso, Petugas Lapas Temukan 21 Paket Sabu

Terbongkar ketika pengunjung dan bawaan diperiksa

Langkat, IDN Times - Upaya penyelundupan narkoba ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) masih terus terjadi. Seperti di Lapas Pemuda Kelas III Langkat.

Modus yang dilakukan pelaku dengan memasukan narkotika ini ke dalam Bakso Granat besar. Namun aksi ini berhasil digagalkan petugas Lapas. Ada 21 paket sabu-sabu yang diamankan.

1. Terbongkar ketika pengunjung dan bawaan diperiksa

Dimasukkan dalam Daging Bakso, Petugas Lapas Temukan 21 Paket SabuDok.IDN Times/istimewa

Kalapas Pemuda, Anton Setiawan mengatakan, ditemukannya bungkusan paket sabu-sabu di dalam bakso ukuran besar. Kejadian ini terbongkar, ketika pengunjung, M Arifin diperiksa saat hendak bertamu di ruang periksa Lembaga Pemasyarakatan Pemuda Kelas III Langkat.  

"Bungkusan paket di dalam bakso besar diduga narkotika jenis sabu kami temukan sewaktu dilaksanakannya penggeledahan badan dan barang pengunjung atas nama M Arifin," kata Anton.

2. Ini kronologi temuan sabu dari pengunjung

Dimasukkan dalam Daging Bakso, Petugas Lapas Temukan 21 Paket Sabufoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Handoko)

Kronologis penemuan sabu-sabu ini, kata dia, sewaktu dilaksanakan penggeledahan sesuai standar operasi. Petugas sipir mencurigai barang bawaan pengujung tersebut, sehingga diperiksa dan digeledah secara teliti. 

"Saat penggeledahan makanan berupa bakso petugas kami (Ryan Simamora dan Alwandani) menemukan 21 buah paket kecil yang diduga narkotika jenis sabu-sabu dan diselipkan dalam bakso yang berukuran besar," ungkap Anton. 

3. Interogasi yang bawa sabu, pemesan turut diamankan

Dimasukkan dalam Daging Bakso, Petugas Lapas Temukan 21 Paket SabuFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/I Made Argawa)

Selanjutnya, papar dia, petugas Lapas Pemuda Klas III Langkat langsung berkoordinasi kepada Kasubsi Kamtib terkait penemuan barang ilegal itu. Petugas pun melakukan pengembangan dan menginterogasi pengunjung terkait. 

M Arifin yang diinterogasi oleh petugas Lapas mengaku bahwa 21 paket narkotika yang dibawany adalah pesanan WBP di Lapas Pemuda Kelas III Langkat Hardyanto alias Kakang. "21 paket itu mau dibawa pesanan Kakang," kata Arifin. 

Mendengar pengakuan M Arifin, ungkapnya, petugas Lapas melaksanakan pengembangan terhadap WBP Hardyanto. Alhasil, WBP ini tak menampik dan mengatakan bahwa dia memang memesan sabu-sabu dari temannya di luar lapas. 

"Pengembangan kepada WBP didapat lah hasil bahwa narkotika yang diduga jenis sabu tersebut akan diedarkan ke dalam Lapas Pemuda Kelas III Langkat," kata Kalapas Pemuda Klas III Langkat. 

4. Pemeriksaan secara rutin kepada petugas dan pengunjung

Dimasukkan dalam Daging Bakso, Petugas Lapas Temukan 21 Paket SabuPexels.com/Alexander Krivitskiy

Dirinya mengatakan, pihaknya selalu melakukan pemeriksaan secara rutin kepada pengunjung dan petugas lapas sendiri. Hal ini untuk antisipasi peristiwa seperti ini. Sebab, berbagai cara akan dilakukan pengedar dan bandar narkotika.

"Pemeriksaan secara rutin memang selalu kita lakukan. Pemeriksaan tidak hanya kepada pengunjung. Akan tetapi, kepada petugas dan seluruh pegawai juga kita lakukan. Baik itu saya sendiri juga turut diperiksa," tegasnya.

5. Barang bukti dan tersangka diserahkan ke polisi

Dimasukkan dalam Daging Bakso, Petugas Lapas Temukan 21 Paket SabuIDN Times/Sukma Shakti

Saat ini, pengunjung beserta barang bukti sabu-Sabu telah ditindaklanjuti laporannya ke Polres Langkat. Kemudian turut menyerahkan WBP, Hardyanto ke Polres Langkat yang disertai berita acara untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.

"Iya, baik tersangka dan barang bukti sudah diserahkan ke kita. Saat ini kita tengah mendalami dan memintai keterangan tersangka. Barang bukti yang disita 21 paket dengan berat kotor 24 gram," kata Kasat Narkoba Polres Langkat AKP Adi Haryono.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya