Dijadikan Lahan Parkir, Pasar Buah Berastagi Riwayatmu Kini

Pedagang direlokasi ke Taman Mejuah-juah

Medan, IDN Times- Pasar Buah Kota Berastagi yang selama ini menjadi tujuan wisatawan untuk berbelanja buah serta souvenir kini sudah rata dengan tanah. Puluhan kios yang ada di sana dieksekusi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Karo, Kamis (3/2/2023). Oleh Pemkab Kabupaten Karo, tempat itu akan dijadikan lahan parkir. 

Para pedagang hanya bisa pasrah mengemasi barang-barang mereka. Sudah puluhan tahun mereka berjualan di sana. 

1. Pedagang hanya bisa pasrah dengan relokasi ini

Dijadikan Lahan Parkir, Pasar Buah Berastagi Riwayatmu KiniIlustrasi pasar buah Bersatagi (pariwisata.karokab.go.id)

Seorang pedagang, Putri Br Surbakti mengatakan dirinya dan keluarga sudah puluhan tahun berdagang di lokasi ini. Selama ini dirinya dan para pedagang lain sudah berupaya berbagai cara untuk menolak eksekusi. Termasuk dengan unjuk rasa.

"Kami sangat menyesalkan Pemerintah Kabupaten Karo yang telah melakukan eksekusi ini, Enggak dipikirnya kami rakyat kecil," kata Putri.

Sebelumnya Disbudparpora sudah mengeluarkan surat edaran agar pedagang mengosongkan kios dengan alasan revitalisasi. Surat edaran pertama dilayangkan pada 22 November 2022. Sementara surat berikutnya pada 15 Desember 2022. Dalam surat tersebut pedagang diminta menosongkan bangunan selama 5x24 jam. Para pedagang juga sempat melakukan aksi menolak penggusuran dan relokasi.

Baca Juga: 5 Tempat Belanja di Medan yang Sediakan Frozen Food 

2. Pedagang direlokasi ke Taman Mejuah-juah

Dijadikan Lahan Parkir, Pasar Buah Berastagi Riwayatmu KiniIlustrasi pasar buah Bersatagi (pariwisata.karokab.go.id)

Rencananya  para pedagang ini nantinya akan direlokasi ke dalam Taman Mejuah-Juah yang lokasinya tak jauh dari pasar buah. Namun Putri meminta jika memang dipindahkan, tidak ada lagi pedagang yang berjualan di sana. Dia meminta Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Karo bersikap tegas.

"Kalau memang harus pindah, tapi harus semua yang kesana. Tidak ada lagi yang di sini, semua di dalam. Kalau masih ada pedagang setelah kami dipindah, kami akan terus aksi," ucapnya.

3. Wisatawan akan diarahkan membeli buah dan souvenir pedagang di Taman Mejuah-juah

Dijadikan Lahan Parkir, Pasar Buah Berastagi Riwayatmu KiniIlustrasi pasar buah Bersatagi (pariwisata.karokab.go.id)

Sementara Asisten 2 Pemkab Karo, Dapet Kita Sinulingga mengatakan, relokasi para pedagang ini untuk kepentingan pariwisata. 

"Para pedagang ini kita relokasikan ke area Taman Mejuah Juah yang telah kita sediakan tempat untuk 25 Pedagang kios, serta nantinya lahan ini akan kita kembalikan ke semula menjadi area parkir," kata Dapet.

Nantinya Pemkab Karo akan mengarahkan wisatawan untuk membeli buah di Taman Mejuah-juah. "Di sini kita tutup sementara agar para tamu dan wisatawan diarahkan parkir ke lokasi atas serta kita pastikan gratiskan masuk ke area Taman Mejuah-Juah,” pungkasnya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel Favorit di Berastagi, Liburan Makin Asyik

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya