Dari Usia 14 Tahun, Antusiasnya Talenta Dangdut Sumut Ikut Audisi LIDA

Sebanyak 585 peserta ikut serta

Medan, IDN Times - Audisi pencarian bakat pedangdut Liga Dangdut (LIDA) 2020 digelar di 34 kota besar Indonesia, termasuk kota Medan. Sebanyak 585 orang peserta yang ikut mencoba kemampuan tarik suaranya di bidang dangdut, di Makosat Brimob Jl. K.H Wahid Hasyim no.31 Medan, Minggu (1/12). 

Kompetisi tersebut tidak hanya di dalam negeri, tapi juga memperluas kompetisi hingga ke penjuru Asia. Menariknya dalam kompetisi ini setiap peserta wajib menyanyikan lagu yang sudah ditetapkan pihak penyelenggara.

Selain itu, ada juga perbedaan dalam kompetisi ini dengan kompetisi sebelumnya, yaitu peserta yang berusia 14 tahun sudah bisa mengikuti kompetisi.

1. Usia 14 tahun sudah bisa ikut serta

Dari Usia 14 Tahun, Antusiasnya Talenta Dangdut Sumut Ikut Audisi LIDAAudisi pencarian bakat pedangdut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Berbeda dari kompetisi LIDA ditahun sebelumnya, kali ini usia 14 tahun sudah bisa menjadi peserta untuk mengikuti liga dangdut 2020.

"Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini calon peserta yang berusia 14-25 tahun pria dan wanita bisa ikut dengan bakat menyanyi dangdut dapat langsung ke lokasi audisi dengan membawa kelengkapan lampiran formulir," ungkap Eva Estriana selaku Produser dalam program acara tersebut.

Alasan pihak penyelenggara untuk mengikuti para peserta yang berusia 14 tahun ini dikarenakan memiliki semangat yang lebih, juga belum adanya terkontaminasi pemikiran yang lain.

Baca Juga: Sekilas Mirip, 10 Adu Gaya Pedangdut Siti Badriah Vs Zaskia Gotik

2. Ada 3 wilayah yang audisinya serentakserentak 1 Desember

Dari Usia 14 Tahun, Antusiasnya Talenta Dangdut Sumut Ikut Audisi LIDAAudisi pencarian bakat pedangdut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Adapun wilayah yang serentak yakni, Jawa Barat, Sumatera Utara, dan Kalimantan Barat dilakukan pada 1 Desember 2019.

"Tahun ketiga penyelenggaraan LIDA, semakin selektif untuk mempertemukan duta-duta dangdut terbaik dari provinsi Indonesia paling barat hingga timur dengan membawa beragam kekayaan adat dan budaya sehingga program LIDA 2020 dapat menjadi program yang tidak hanya menjadi inspirasi bagi pemilik talenta terbaik, namun juga dapat melahirkan idola dangdut baru di tanah air," ucap Alfan A Salam yang juga selaku produser dalam konprensi pers.

3. Lagu wajib untuk dinyanyikan para peserta

Dari Usia 14 Tahun, Antusiasnya Talenta Dangdut Sumut Ikut Audisi LIDAAudisi pencarian bakat pedangdut (IDN Times/Indah Permata Sari)

Lagu wajib sebutan bagi para penyelenggara yang harus dibawa oleh peserta. Lagu tersebut memiliki 2 pilihan baik kategori laki-laki dan perempuan.

Lagu tersebut untuk laki-laki berjudul Zubaedah dan Air Mata Perkawinan, sedangkan untuk perempuan berjudul "Pesta Panen" dan "Payung Hitam".

Nantinya, para peserta yang lolos audisi akan kembali berjuang mewakili provinsinya dan bertemu dengan duta provinsi lainnya untuk memperebutkan gelar bergengsi di panggung LIDA 2020.

Sehingga berkat ajang pencarian bakat yang diselenggarakan ini menjadi kesempatan terbaik bagi para generasi muda untuk unjuk kebolehan. Seluruh proses audisi LIDA 2020 tidak dipungut biaya apapun.

Baca Juga: 10 Potret Gaya Liburan Penyanyi Dangdut Wika Salim, Bikin Melongo

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya