Cerita Petra, Bocah 8 Tahun yang Jago Hitung Cepat Seperti Kalkulator

Bercita-cita jadi pengusaha

Medan, IDN Times - Tak dapat dipungkiri bahwa pelajaran matematika sebagian orang sangat sulit untuk dikerjakan, apalagi bagi anak-anak. Tapi, hal itu tak berlaku kepada bocah ajaib yang satu ini. Petra Jheremy Pangaribuan namanya.

Petra, warga Lorong 36 Jalan Swadaya Gang Sidodadi No 9, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, yang masih berusia 8 tahun ini, cukup cepat untuk mengerti pelajaran matematika.

Siswa yang masih duduk di kelas 3 Sekolah Dasar (SD) Anugerah Harapan Bangsa ini, sudah mahir dan jago pelajaran matematika lewat Sempoa.

Kemampuannya menghitung bahkan seperti lebih cepat dari alat hitung kalkulator yang sering digunakan banyak orang, sebagai alat bantu menghitung matematika dalam jumlah banyak.

1. Segudang prestasi sudah disabet Petra

Cerita Petra, Bocah 8 Tahun yang Jago Hitung Cepat Seperti KalkulatorPetra, bocah 8 tahun yang jago matematika (Dok.IDN Times/istimewa)

Petra merupakan anak pertama dari pasangan Bripka Frans Suheri Pangaribuan (39) dan Masria Ruth Silitonga (39) ini sudah memiliki segudang prestasi.

Dalam keseharian, sang ayah adalah seorang personil polisi yang bertugas di Polrestabes Medan. Sedangkan sang ibu, merupakan PNS yang bekerja di Puskesmas Medan Deli.

Untuk ditingkat lokal sudah puluhan lomba dan juara ia dapat. Bahkan, di tingkat nasional yang diselenggarakan pada 23 Juni 2019 lalu di Semarang, Petra berhasil meraih juara dua.

Baca Juga: Kisah Petani di Simalungun, Berjuang Sembuhkan 2 Anak Sakit Saraf Otak

2. Petra ikuti les private, karena sang Ibu tidak mengerti sempoa

Cerita Petra, Bocah 8 Tahun yang Jago Hitung Cepat Seperti KalkulatorPetra, bocah 8 tahun yang jago matematika (Dok.IDN Times/istimewa)

Sang ibu, Masria mengaku alasan memasukkan Petra les Sempoa, karena sebagai orangtua ia tidak mengerti bagaimana mengajari pelajaran Sempoa.

Pilihan kemudian harus diambil, tatkala pelajaran Sempoa ternyata masuk di dalam salah satu mata pelajaran sekolah.

Hingga akhirnya, Ruth memasukkan Petra les Sempoa. Pilihan Ruth ternyata tidak salah, putranya menjelma jadi sosok anak yang sangat pintar dalam hitung cepat matematika bahkan menyamai kalkulator.

"Jadi saya les kan Petra Sempoa biar dia bisa mengerti apa itu Sempoa pada dua tahun lalu. Apalagi Sempoa bisa melatih kecerdasan anak antara otak kiri dan kanan," jelasnya.

3. Tak mau kalah, sang adik ikuti jejak Petra

Cerita Petra, Bocah 8 Tahun yang Jago Hitung Cepat Seperti KalkulatorPetra, bocah 8 tahun yang jago matematika (Dok.IDN Times/istimewa)

Sang adik, Patricia Sarah Pangaribuan (7) yang masih duduk di kelas II SD, akhirnya mengikuti jejak sang abang untuk mempelajari Sempoa. Dalam beberapa perlombaan yang diikuti ia juga mampu meraih gelar juara.

Ruth menjelaskan bahwa Petra merupakan anak yang ceria dan banyak memberikan motivasi kepada teman-teman. Petra juga mampu menarik minat teman-temannya untuk belajar dan masuk les Sempoa.

Sang bocah kalkulator, Petra Jheremy Pangaribuan mengaku senang mempelajari Sempoa.

"Saya les Sempoa biar pelajaran matematika dan Sempoa lebih cepat. Dan bisa hitung cepat hanya lewat membayangkannya saja," ucapnya dengan senyum Petra.

4. Bercita-cita jadi pengusaha

Cerita Petra, Bocah 8 Tahun yang Jago Hitung Cepat Seperti KalkulatorPetra, bocah 8 tahun yang jago matematika (Dok.IDN Times/istimewa)

Petra menuturkan bahwa sudah dalam dua tahun terakhir dia rutin belajar Sempoa. Les Sempoa seminggu dua kali, pada hari Rabu dan Jumat. Waktu belajar selama dua jam.

Soal cita-cita, Petra pun berharap bisa menjadi orang yang berguna dan membanggakan bagi keluarganya kelak. "Saya bercita-cita jadi pengusaha," tegas Petra.

5. Menghitung bayang tanpa menggunakan alat sempoa

Cerita Petra, Bocah 8 Tahun yang Jago Hitung Cepat Seperti KalkulatorYoutube.com/Rumah Solar Jogja

Sementara itu, Guru Sempoa yang sudah dua tahun terakhir mengajari Petra, bernama Tiur Winda Sari mengatakan bahwa Petra memiliki kelebihan yang dapat menghitung bayang tanpa menggunakan alat Sempoa.

"Petra butuh satu tahun untuk mahir menghitung menggunakan Sempoa. Tapi semua tergantung, jika si anak berminat maka dia bisa lancar dalam tempo enam bulan," ujarnya.

Winda menilai saat ini Petra sudah sangat jauh berbeda dari sebelum dia mengenal Sempoa.

Dalam penjelasannya dua tahun belajar Sempoa, Petra sudah mampu melewati level Junior dan Foundation. Saat ini Petra telah mencapai level Intermediate II dan setelahnya akan capai Intermediate III dan lanjut level Advance hingga Graduate.

Baca Juga: Coba Jawab! Soal Matematika Simpel yang Viral dan Bikin Netizen Ribut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya