Banjir Langkat, Mak Ganjar Bangun Dapur Umum Bantu Konsumsi Korban

Dapur umum untuk bantu di 2 titik

Medan, IDN Times- Banjir merendam sejumlah wilayah di Sumatra Utara karena hujan intensitas tinggi yang terus terjadi belakangan ini. Salah satu kabupaten yang terendam banjir adalah Langkat. 

Bantuan pun mengalir dari berbagai pihak. Termasuk Relawan Mak Ganjar Sumatra Utara. Mereka membangun dapur umum bagi masyarakat terdampak banjir di dua titik wilayah Tanjung Pura, Langkat. Sebanyak 250 paket makanan siap saji dan sembako.

1. Sebagian warga tak mengungsi sehingga bantuan disalurkan dengan perahu karet

Banjir Langkat, Mak Ganjar Bangun Dapur Umum Bantu Konsumsi KorbanRelawan Mak Ganjar menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Tanjungpura, Langkat, Sabtu (5/11/2022) (Dok.Istimewa)

Titik distribusi pertama di Gang Kampung Dalam, Kelurahan Pekan Tanjung Pura yang terendam banjir selama tiga hari dengan ketinggian mencapai 30 cm. Sementara, titik lainnya di Gang Bilal, Pekan Tanjung Pura, banjir setinggi 50-70 cm telah merendam puluhan rumah dan berlangsung selama dua bulan.

Berbagai cara dilakukan Mak Ganjar Sumut untuk menyalurkan bantuan, mulai dari berjalan kaki hingga menggunakan perahu karet, sebab masih ada sejumlah warga yang memilih tidak mengungsi.

"Kami memasak bersama dengan warga dan ibu-ibu di tempat ini. Setelah selesai masak masak kita bagikan ke warga yang kena dampak banjir. Total ada 250 kotak, selain makanan ada juga sembako yang dibagikan," ucap Koordinator Wilayah Mak Ganjar Sumatera Utara, Nour Wahyuni di Gang Bilal, Pekan Tanjung Pura, Langkat, Sabtu (5/11/22).

Baca Juga: Senam hingga Konser, Cara Relawan Millennial Gaungkan Ganjar di Sumut

2. Dapur umum akan digelar hingga Selasa (8/11/2022)

Banjir Langkat, Mak Ganjar Bangun Dapur Umum Bantu Konsumsi KorbanRelawan Mak Ganjar menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Tanjungpura, Langkat, Sabtu (5/11/2022) (Dok.Istimewa)

Bantuan itu telah digulirkan selama dua hari sejak Jumat (4/11) dan akan berlanjut hingga Selasa (8/11). Nour menyatakan, dapur umum ini adalah komitmen Mak Ganjar Sumut yang terinspirasi dari sosok Ganjar Pranowo untuk merespon cepat masyarakat terdampak. 

Sementara itu Ulfah (38), warga Kampung Dalam berharap timnya terus mendapat bantuan. 

"Alhamdulillah, terima kasih kepada Mak Ganjar yang telah berbagi makanan dan sembako kepada kami warga terdampak banjir ini," kata Ulfah.

Ulfah mengaku tahu dengan sosok Ganjar. Menurutnya Gubernur Jateng itu sosok yang kharismatik, dan merakyat.

"(Saya) tau (sosok Ganjar). Beliau itu orangnya baik dan mengayomi masyarakat," singkat Ulfah.

3. Ratusan kepala keluarga terdampak banjir di Langkat

Banjir Langkat, Mak Ganjar Bangun Dapur Umum Bantu Konsumsi KorbanRelawan Mak Ganjar menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Tanjungpura, Langkat, Sabtu (5/11/2022) (Dok.Istimewa)

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat, banjir merendam sejumlah desa dan kelurahan di Kecamatan Tanjung Pura akibat curah hujan yang tinggi beserta luapan air sungai.

Kepala Pelaksana Harian (Kalaska) BPBD Langkat Irwan Syahri mengakui, kecamatan yang terdampak banjir yakni Kecamatan Besitang, Tanjung Pura, Hinai dam Sei Lepan serta Besitang, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Banjir sendiri sudah melanda sejak seminggu yang lalu dengan ketinggian bervariasi antara 30-50 cm.

"Banjir awalnya melanda 2 kecamatan, tingginya intensitas air hujan mengakibatkan banjir terus meluas dalam seminggu ini. Alhamdulillah, untuk kecamatan Besitang air sudah mulai surut dan warga sudah dapat kembali ke rumah masing-masing," kata Irwan.

Di Kelurahan Pekan Tanjung Pura, sekitar 123 KK terdampak banjir dan sebagian warga terpaksa mengungsi. Banjir juga merendam madrasah, perguruan tinggi dan masjid di sana.

Baca Juga: Banjir Aceh Tamiang, Jalur Aceh ke Medan Nyaris Lumpuh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya