Bane Manalu Motivasi Pelajar SMK GKPI 1 Siantar untuk Berani Bermimpi

Bane: Jangan malu tinggal di kampung

Medan, IDN Times- Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM RI, Bane Raja Manalu memberikan motivasi untuk para pelajar SMK Negeri 1 Pematang Siantar Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara, Sabtu 25 Maret 2023 lalu. Pendiri Yayasan Bagak itu menyampaikan agar berani memiliki cita-cita tinggi dan memiliki kemauan untuk mengukir prestasi.

"Jangan kita malu kalau dibilang tinggal di kampung, tapi yang harusnya kita malu kalau cara berpikirnya kampungan," ujar Alumni SMA Negeri 3 Pematang Siantar ini.

Seperti dirinya, Bane juga menceritakan berasal dari kampung Tiga Dolok, Kabupaten Simalungun. Sejak usia SMP, ayah Bane meninggal dunia, dan ia kerap membantu ibunya berjualan di Pasar Pagi Parluasan. Kini dia berhasil duduk di jajaran pemerintahan.

1. Ingatkan para pelajar untuk bersemangat sekolah

Bane Manalu Motivasi Pelajar SMK GKPI 1 Siantar untuk Berani BermimpiStafsus Kemenkumham, Bane memotivasi para siswa di Siantar (Dok.Istimewa)

Menurutnya, lahir dari keluarga miskin adalah takdir yang harus diterima. Namun bagaimana mengubahnya.

"Tapi, kalau kau suatu saat tumbuh besar dan mati dalam keadaan miskin, itu adalah dosamu. Karena kau gagal mengangkat derajat hidupmu. Kau gagal mengangkat hidupmu lebih baik. Jangan pernah persoalkan orangtua yang melahirkanmu. Itulah kenapa kau bersekolah. Orangtuamu berpengharapan anaknya sekolah untuk hidup lebih baik," ungkapnya.

Seperti pepatah "Aku berpikir karena aku ada", maka apa yang dipikirkan itulah yang ada didirimu.  "Kalian sekolah untuk mendapatkan pendidikan. Namun, ingat banyak orang bersekolah tapi tidak berpendidikan. Bersekolah dan berpendidikan dua hal yang berbeda," ujar Bane mengingatkan.

Alumni Universitas Indonesia itu mengingatkan bersekolah sangat penting dengan harapan mendapat pendidikan. Jauh lebih baik, jadilah manusia bersekolah dan berpendidikan, agar pintu-pintu sukses itu terbuka untukmu.

Baca Juga: Polda Sumut Ambil Alih Kasus Kematian Polisi Samosir Bripka Arfan

2. Harus siap menghadapi rintangan

Bane Manalu Motivasi Pelajar SMK GKPI 1 Siantar untuk Berani BermimpiStaf Khusus Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Bane Raja Manalu saat menjadi narasumber dalam diskusi (Dok. IDN Times)

Menurutnya memang tidak mudah, karena akan banyak rintangan yang datang. Menurutnya ada banyak orang punya rintangan, tapi tidak mau melihat kesempatannya. Ada banyak orang yang tidak sanggup susah sebentar, tapi sanggup susah selamanya.

"Kau bersekolah. Bersusah payah. Banyak keterbatasan. Mungkin itu kesusahan yang kau alami paling sekitar 10 tahun. Tapi dengan daya juangmu, suatu saat capekmu itu ada hasilnya. Kemudian kau tersenyum dan menikmatinya. Untuk kemudian kau berbahagia. Kalau kau bersekolah, pilihan-pilihan hidup akan lebih banyak. Itulah tujuannya kita bersekolah dan mendapatkan pendidikan," bebernya.

3. Harus keluar dari mindset miskin dan bersemangat wujudkan mimpi

Bane Manalu Motivasi Pelajar SMK GKPI 1 Siantar untuk Berani BermimpiStaf Khusus Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Bane Raja Manalu (Dok. IDN Times)

Di hadapan ratusan pelajar, ia mengungkapkan bagi yang ingin berkuliah wujudkan mimpimu. Upayakan kuliah di perguruan tinggi negeri agar lebih murah biayanya. Kalau kau tahu orangtuamu susah, coba pikirkan bagaimana cara untuk mengurangi beban orangtuamu.

"Hal-hal kecil yang ada di dirimu coba manfaatkan. Coba maksimalkan. Saya berharap kalian jangan terjebak dengan mindset miskin, tapi harus keluar dari mindset itu. Saya ajak kalian untuk tetap bersemangat mewujudkan mimpi. Keterbatasan tidak boleh menghalangi mimpimu. Semua hidup harus berproses," tambahnya.

"Dari kecil saya berpikir tidak akan mau saya hidup miskin. Kenapa saya berpikir begitu, karena sudah saya rasakan bagaimana hidup miskin. Kita harus berpikir akulah yang akan mengubah nasib keluargaku. Akulah nanti yang akan membahagiakan orangtuaku. Usaha tidak pernah mengkhianati hasil," pungkasnya. 

Baca Juga: Komunitas Karo Kreatif Dikukuhkan, Bane: Semoga Konsisten Berkarya

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya