5 Konsep Super Disiapkan untuk Kembangkan Geopark Kaldera Toba

Kejar status UNESCO Global Geopark

Medan, IDN Times - Salah satu destinasi pariwisata nasional yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah nomor 50 tahun 2011 tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Nasional (Ripparnas) adalah Sumatera Utara. Apalagi Sumut juga memiliki potensi pariwisata yang punya daya tarik lebih, salah satunya Danau Toba yang  akan dikembangkan menjadi wisata superprioritas.

Hal itu dikatakan Kadis Pariwisata Sumut dr Ria Novida Telaumbanuadalam kegiatan Forum Grup Discussion (FGD) Geopark Kaldera Toba di Parapat. 

“Beberapa destinasi pariwisata yang ada di Sumut telah dikenal secara luas baik oleh Wisatawan Nusantara maupun Wisatawan Mancanegara, seperti Kawasan Danau Toba, Pusat Rehabilitasi Orangutan Bahorok, Kawasan Ekowisata Tangkahan di Kabupaten Langkat, Kawasan Wisata Bahari yang ada di pesisir Barat dan Kepulauan Nias serta berbagai destinasi wisata sejarah yang tersebar di Sumut,” tegas Ria.

1. Sumut secara geografis sangat dekat dengan ASEAN

5 Konsep Super Disiapkan untuk Kembangkan Geopark Kaldera TobaKadis Pariwisata Sumut dr Ria Telaumbanua berdiskusi dalam FGD Kaldera Toba (Dok.IDN Times/istimewa)

Pada sisi yang lain, kata Ria, Sumut merupakan salah satu provinsi yang secara geografis tersambung dekat dengan pusat-pusat kegiatan pariwisata pada lingkup negara-negara ASEAN. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang ikut diliberalisasi dalam iklim pasar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Untuk itu, kehadiran pengelolaan pariwisata secara terintegrasi dan berkelanjutan di Sumut merupakan satu keharusan.

Baca Juga: Glamping nan Romantis 'The Kaldera Toba Nomadic Escape'

2. Konsep Geopark Kaldera Toba memadukan tiga keberagaman alam

5 Konsep Super Disiapkan untuk Kembangkan Geopark Kaldera TobaPresiden Jokowi dan Ibu Iriana saat berada di kawasan Kaldera Toba (IDN Times/Prayugo Utomo)

Untuk itu Pemprov Sumut saat ini sedang mengupayakan Geopark Kaldera Toba yang memadukan tiga keberagaman alam.

“Berangkat dari uraian di atas, maka Pemprov Sumut sudah mengupayakan Geopark (taman bumi) Kaldera Toba menuju UNESCO Global Geopark dengan menggunakan konsep manajemen pengembangan kawasan secara berkelanjutan yang memadu-serasikan tiga keberagaman alam yaitu, keragaman geologi (geodiversity), keragaman biologi (biodiversity), dan keragaman kebudayaan (cultural diversity).

3. Konsep 5 super untuk jadikan Geopark Kaldera Toba

5 Konsep Super Disiapkan untuk Kembangkan Geopark Kaldera TobaDanau Toba menjadi salah satu destinasi super prioritas yang terus dikembangkan pemerintah untuk menggenjot angka kunjungan wisatawan (IDN Times/Prayugo Utomo)

Geopark merupakan sebuah konsep pembangunan berkelanjutan yang berbasis pada pelestarian lingkungan, pendidikan, dan peningkatan ekonomi lokal dan regional melalui pemberdayaan masyarakat lokal secara utuh. Ada beberapa faktor yang mendukung untuk menjadikan Danau Toba menjadi Geopark Kaldera Toba. Yakni lima super.

“Yaitu, supervolcano, debunya menyebabkan intensitas cahaya matahari tinggal 1persen dari normalnya, yang memicu terjadinya salah satu zaman es dan tumbuhan tidak bisa berfotosintesis dan mempengaruhi lintasan migrasi manusia modern melahirkan masyarakat yang memiliki kearifan lokal dan hidup harmonis dengan alamnya. Lalu ada super big vulkanik lake, super unique batakness culture, super beautiful landscape, dan super unique bio diversity,” pungkasnya.

Baca Juga: Danau Toba Resmi Jadi Salah Satu UNESCO Global Geopark Tahun Depan

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya