Tes Even Digelar, Gor Binjai Sudah Memadai Jadi Venue Gulat PON 2024 

Tes even memerebutkan Piala Wali Kota Binjai

Binjai, IDN Times - Gedung Olahraga (GOR) di Jalan Jambi, Kecamatan Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatra Utara, menjadi salah satu Venue Cabang Olahraga (Cabor) Gulat di event Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI tahun 2024.

Dalam rangka menyambut pehelatan yang digelar 4 tahun sekali ini. Berbagai persiapan dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai. Mulai dari melakukan perbaikan GOR hingga beberapa persiapan lainya.

Bahkan untuk melakukan persiapan ini, pemerintah daerah menggelar test event cabang olahraga gulat memperebutkan Piala Wali Kota Binjai, Rabu (11/9/2024).

1. Test event penting untuk memastikan semua aspek teknis dan infrastruktur sesuai standar

Tes Even Digelar, Gor Binjai Sudah Memadai Jadi Venue Gulat PON 2024 Test event gulat piala walikota binjai sambut PON ke XXI (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Wali Kota Binjai Amir Hamzah menyatakan, test event ini penting dilaksanakan untuk memastikan semua aspek teknis dan infrastruktur pada venue gulat PON XXI/2024 Aceh-Sumatra Utara telah sesuai standar.

"Namun saya mohon maaf karena suhu ruangan masih terasa cukup panas akibat mesin pendingin ruangan sampai saat ini masih belum terpasang," kata Amir Hamzah.

Secara khusus Amir Hamzah meminta, seluruh atlet dan tim ofisial yang berpartisipasi pada Test Event Gulat Piala Walikota Binjai agar memanfaatkan pengalaman dan kesempatan berharga ini untuk mematangkan program pembinaan atlet dan pengembangan olahraga gulat di masing-masing daerah.

"Kepada seluruh unsur panitia pelaksana PON XXI, mari kita berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, serta senantiasa bersikap dan berperilaku positif kepada seluruh kontingen. Sebab keberhasilan PON XXI sangat bergantung pada dedikasi dan profesionalisme kita bersama," seru dia.

2. Gulat salah satu cabang unggulan di Indonesia

Tes Even Digelar, Gor Binjai Sudah Memadai Jadi Venue Gulat PON 2024 Test event gulat piala walikota binjai sambut PON ke XXI (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sementara itu, Ketua Komisi Pelatih PP PGSI, Suryadi Gunawan mengakui, gulat merupakan salah satu cabang olahraga unggulan Indonesia. Pada Sea Games 2023 lalu, gulat mampu mempersembahkan 14 medali bagi Indonesia, terdiri dari enam emas, enam perak, dan dua perunggu.

Atas dasar itu dia mengapresiasi dukungan Wali Kota Binjai pada penyelenggaraan test event gulat, karena telah secara langsung menjadi sarana regenerasi atlet, khususnya di Sumatra Utara dan Kota Binjai.

"Harapan kami, semoga even seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan pada tahun-tahun berikutnya dan mampu ditingkatkan menjadi kejuaraan internasional untuk level Asia Tenggara, mengingat di tahun depan kita akan bersiap menyambut Sea Games 2025," kata Suryadi.

3. Sebanyak 149 pegulat dari enam provinsi se-Indonesia ikut ambil bagian

Tes Even Digelar, Gor Binjai Sudah Memadai Jadi Venue Gulat PON 2024 Test event gulat piala walikota binjai sambut PON ke XXI (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Cabor Gulat PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, Basri Sitohang, menjelaskan, Test Event Gulat Piala Walikota Binjai diselenggarakan di GOR Rambung, Kota Binjai, mulai 11 hingga 13 September.

Pada kejuaraan ini, sambungnya, sebanyak 149 pegulat dari enam provinsi se-Indonesia ikut serta. Mereka saling bersaing pada tiga kategori pertandingan dari total 24 kelas putra-putri. Rinciannya, KU-13 dengan delapan kelas, KU-17 dengan delapan kelas, dan senior dengan delapan kelas.

"Test event ini yang sengaja digelar untuk mengukur persiapan panitia pelaksana pertandingan dan uji venue cabor gulat PON XXI. Sehingga diharapkan even ini menjadi tolok ukur perkembangan pembinaan olahraga gulat, bukan hanya di tingkat nasional, tetapi juga pada level provinsi dan kabupaten/kota," ungkap Basri.

Kegiatan turut dirangkai dengan penandatanganan prasasti GOR Rambung oleh Wali Kota Binjai Amir Hamzah dan pentas seni pelajar.

Baca Juga: Biliar PON 2024: Duet Jaka-Marlando Sumbang Emas Pertama Sumut

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya