Study Tour Berujung Maut di Pantai Lampuuk, Ibu Korban Syok  

Tiga orang pelajar asal Binjai dan Langkat tenggelam

Binjai, IDN Times - Ketiga jenazah pelajar asal Binjai dan Langkat, Sumatera Utara, yang terseret arus saat menjalani study tour di Pantai Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, tiba di rumah duka masing-masing, Kamis (19/5/2022) sekitar pukul 10.00 WIB. Isak tangis keluarga sambut kedatangan korban yang diantar menggunakan ambulans Palang Merah Indonesia (PMI).

"Tadi jenazah diantar menggunakan ambulans. Begitu sampai, langsung dimandikan dan fardhu kifayah serta dimakamkan tak jauh dari kediaman," kata salah satu pelayat yang ditemui IDN Times.

1. Jenazah langsung dimandikan dan dimakamkan tak jauh dari kediaman

Study Tour Berujung Maut di Pantai Lampuuk, Ibu Korban Syok  Korban meninggal saat tenggelam di Pantai Lampuuk, Lokngha, Aceh Besar (Dok.Istimewa)

Terlihat puluhan keluarga dan sanak saudara serta jiran tetangga mendatangi lokasi kediaman Ibnu Rusydi (18), salah satu korban, warga Desa Tanjung Jati, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Mereka ingin mengantar jenazah ke Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Salah satu keluarga kerabat mengakui, tidak mengetahui persis peristiwa yang menimpa para korban. Sebab, sampai jenazah sudah dikebumikan tak ada kejelasan detail dari pihak sekolah.

"Kami mohon maaf, kondisi sedang dalam berduka dan tidak mungkin keluarga dapat bicara. Tapi sejatinya kami belum tahu jelas bagaimana kejadian ini dapat terjadi," kata salah seorang anggota keluarga yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan.

Baca Juga: Terseret Ombak di Pantai Lampuuk Aceh, 3 Pelajar Sumut Meninggal 

2. Keluarga syok, ibu korban yang baru melahirkan tidak sanggup menahan sedih

Study Tour Berujung Maut di Pantai Lampuuk, Ibu Korban Syok  Sekolah korban yang mengikuti study tour ke pantai Lampuuk (IDN Times/ Bambang Suhandoko)

Diakui pria tersebut, selain tim medis, juga ada pihak dari sekolah yang mengantar dan mendampingi jenazah hingga ke rumah duka. "Kami harap abang bisa memaklumi kondisi keluarga. Karena kami semua tidak menyangka akan kehilangan seperti ini," jelas dia.

Namun dirinya sempat mengakui, jika Ibnu Rusydi merupakan anak pertama dari tiga bersaudara dari Topan Fariandi (42). "Ibunya sampai sekarang masih syok dan belum bisa diajak bicara. Ibu nya juga baru melahirkan anak ketiga yang berusia sekitar beberapa bulan saja," tambah pria tersebut.

3. Pihak keluarga harapkan tanggung jawab dari pihak sekolah

Study Tour Berujung Maut di Pantai Lampuuk, Ibu Korban Syok  Korban meninggal saat tenggelam di Pantai Lampuuk, Lokngha, Aceh Besar (Dok.Istimewa)

Sebagai kerabat dirinya berharap ada tanggung jawab dari pihak sekolah. Karena ada korban yang meninggal dunia saat menjalani kegiatan study tour.

"Contohnya begini loh bang. Misalnya anak abang dibawa tetangga dan meski sudah izin serta terjadi kecelakaan. Tentu abang sebagai yang membawa harus tanggung jawab kan," harap dia.

"Tolong maklumi kami ya bang. Keluarga kami sedang berduka saat inu dan tidak bisa banyak bicara," tegas dia dengan mata berkaca-kaca.

Sebelumnya diberitakan, empat pelajar Yayasan Raushan Fikri Islamic School Kabupaten Langkat, Sumatra Utara, terseret ombak saat saat berenang di Pantai Lampuuk, Aceh Besar. Tiga orang meninggal dan satu orang dirawat di rumah sakit.

Rombongan berjumlah sekitar 130 orang terdiri dari guru pendamping, siswa dan orangtua siswa. Ratusan orang ini menumpangi tiga bus, dan sampai di Pantai Lampuuk, sekitar pukul 15.00 WIB.

Adapun identitas pelajar yang mengalami nasib naas dan meninggal dunia yakni Dzaky Al Khairi (14) warga Kelurahan Payarobah, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai, Sumatra Utara, dan Ibnu (18) warga Desa Tanjung Jati, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara serta Ahmad Fahriza Sufi (15) warga Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Sementara seorang yang masih mendapat perawatan secara intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Meuraxa Kota, Banda Aceh yakni Fath Rasyid Annafi Ginting (16) warga Desa Tanjung Jati, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Baca Juga: Diduga Tersengat Pagar Listrik, Gajah Sumatra Ditemukan Mati di Aceh

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya