Qari asal Binjai dan Qariah Langkat Juarai MTQ Internasional di Aceh

Diikuti qari dan qariah dari 34 provinsi dan enam negara

Binjai, IDN Times - Suatu kebanggaan bagi Kota Binjai, Sumatra Utara. Ahmad Khairi Novandra berhasil menjuarai Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional. Tidak hanya Ahmad, satu utusan Sumatra Utara lainnya yakni Anggraini, Qariah asal Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, juga dinobatkan sebagai qariah terbaik pertama di ajang tersebut.

Kegiatan digelar Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI), bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Aceh di Kota Banda Aceh sendiri berlangsung tanggal 12 hingga 15 Desember 2021 lalu.

1. MTQ diikuti dari 34 provinsi se-Indonesia dan 6 negara sahabat

Qari asal Binjai dan Qariah Langkat Juarai MTQ Internasional di AcehIlustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Qari berusia 25 tahun ini mengalahkan Qari dan Qariah, utusan dari 34 provinsi se-Indonesia dan enam negara sahabat, di antaranya Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Afrika Selatan, dan Australia.

Persaingan memang cukup ketat dan dengan segala kemampuan. Dia berhasil menjadi yang terbaik di ajak Qari Internasinal ini.

Baca Juga: Urutan Surat dalam Al-Qur’an Juz 11, Lengkap dengan Kandungannya

2. Berhasil menjadi yang terbaik dengan mengumpulkan nilai 95,83

Qari asal Binjai dan Qariah Langkat Juarai MTQ Internasional di AcehAhmad Khairi Novandra, yang terpilih menjadi yang terbaik saat mengikuti ajang MTQ (IDN Times/ istimewa)

Hasil itu diraih berdasarkan keputusan Dewan Hakim MTQ Internasional DMDI, yang dibacakan oleh T Mardhatilah.

Ahmad Khairi Novandra, yang ikutserta sebagai utusan Provinsi Sumatera Utara, mampu mengumpulkan total nilai sebesar 95,83. Pada even itu, Ahmad tercatat dengan nomor peserta TQ-015.

3. Diharapkan jadi motivasi bagi qari dan qariah lainnya

Qari asal Binjai dan Qariah Langkat Juarai MTQ Internasional di AcehDok.IDN Times/Istimewa

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Binjai, Drs H Ahmad Yusri Ritonga, mengaku bangga dengan hasil yang didapat.

"Harapan kita, gelar juara yang diraih Ahmad Khairi Novandra memotivasi Qari dan Qariah asal Kota Binjai. Sehingga dapat menorehkan prestasi yang lebih baik," kata dia.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya