Luar Biasa! Besi Batu Nisan di Binjai Pun Dicuri Maling

Peristiwa batu nisan dirusak viral di medsos

Binjai, IDN Times - Belasan batu nisan hancur lebur di lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Timbang Langkat, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatra Utara.

Peristiwa ini langsung viral di media sosial (Medsos) dan menjadi pembicaraan dan was-was ditengah-tengah masyarakat. Dari amatan dilokasi, sedikitnya ada belasan kuburan yang batu nisan yang dirusak.

1. Warga cemas dan merasa khawatir dengan peristiwa

Luar Biasa! Besi Batu Nisan di Binjai Pun Dicuri Malingilustrasi kuburan (pexels.com/Micael Widell)

Salah satu warga Ilham mengakui, langsung melihat kondisi kuburan yang diduga dihancurkan orang yang tidak bertanggungjawab. Sebab, dilokasi TPU juga ada makam sanak saudaranya.

"Saya datang kesini melihat kuburan orangtua saya. Karena sebelumnya ada berita viral soal kuburan yang dibongkar. Jadi saya datang kesini melihat apakah punya orangtua saya kena apa tidak," kata Ilham, Selasa (9/1/2024) petang.

2. Ada puluhan nisan kuburan yang dirusak hancur lebur

Luar Biasa! Besi Batu Nisan di Binjai Pun Dicuri Malingilustrasi kuburan (unsplash.com/Adam Mills)

Dirinyapun mengakui, hasil pengamatan secara langsung ada sekitar 10 kuburan yang dibongkar oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Sementara ada juga beberapa kuburan yang tidak dihancur leburkan.

"Hampir rata-rata, kuburan yang dirusak semua yang diambil besi di dalam batu nisannya. Batu nisannya dihancurkan, dan besinya diambil," jelas dia.

3. Berharap pelaku segera diamankan untuk menjawab keresahan warga

Luar Biasa! Besi Batu Nisan di Binjai Pun Dicuri Malingilustrasi perempuan di kuburan (pexels.com/@meruyert-gonullu)

Beruntungnya, perkuburan orang tuannya tidak dirusak oleh pelaku yang tidak bertanggungjawab. Disinggung soal pelaku yang melakukan pembongkaran, Ilham mengaku tidak mengetahuinya.

"Punya orang tua Alhamdulillah tidak ikut dibongkar. Meski tidak dirusak, tapi saya merasa cemas atas kejadian ini. Bisa-bisa saja sasaran berikutnya kuburan orang tua saya jika terduga pelaku tidak segera diamankan," papar Ilham.

Dirinyapun menduga, jika terduga pelaku kemungkinan besar orang-orang yang menggunakan narkoba. Karena tanpa dipengaruhi obat terlarang tidak mungkin pelaku berani.

"Intinya pengaruh narkoba. Kalau punya orangtuanya digitukan bagaimana, entah sanak saudaranya, kan dia punya hati," tegas Ilham.

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya